Segenap tim SurgaTekno mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Tech News

5 Perbedaan MacBook Pro dan Air yang Jarang Diketahui

Apple memang punya banyak sekali produk saat ini. Bukan cuman iPhone dan iPad saja, ada juga MacBook yang kini banyak sekali diminati di banyak negara, seperti di Indonesia.

Sama halnya dengan iPhone dan iPad, MacBook juga cukup banyak pilihan nya. Dari sekian banyak, MacBook pro dan MacBook air yang kini sedang menyita banyak perhatian para fans Apple di seluruh dunia.

Bagi teman-teman yang bingung memilih satu diantara MacBook pro dan MacBook air. Sebelum membelinya, kalian perlu tau terlebih dahulu apa saja perbedaan MacBook pro dan MacBook air.

Mengetahui perbedaan MacBook pro dan MacBook air memang sangat penting sekali. Oleh karena itu kami akan membahasnya dengan lengkap seperti berikut ini.

1. Perbedaan Desain MacBook Pro dan MacBook Air

Perbedaan MacBook pro dan MacBook air pertama yang kita bahas adalah desainnya. Sulit sekali untuk membedakan desain dari dua armada Apple yang diterjunkan ke seluruh dunia ini. Selain desainnya mirip, body kedua MacBook ini juga sama-sama menggunakan aluminium yang sangat mewah.

Desain Macbook Pro - Perbedaan Segi Desain
Desain Macbook Pro – Perbedaan Segi Desain
Desain Macbook Air - Perbedaan Segi Desain
Desain Macbook Air – Perbedaan Segi Desain

Jika teman-teman mulai memegang kedua MacBook ini, barulah sedikit terlihat perbedaan diantaranya. MacBook air agak lebih tebal dibandingkan dengan MacBook pro, supaya makin detail kalian bisa menyimak rincian ukuran body MacBook pro, MacBook air 13 inchi dan 15 inchi.

NomorTipe MacBookUkuran
1.MacBook Air30,41 x 21,24 x 1,56 cm
2.MacBook Pro 13 inci30,41 x 21,24 x 1,49 cm
3.MacBook Pro 15 inci34,93 x 24,07 x 1,55 cm

Bisa disimak, selisih ketebalan antara MacBook air dan MacBook pro 15 inchi hanya berbanding 0,01 cm saja. Selain ketebalan, sudut MacBook air agak meruncing dibandingkan dengan MacBook pro.

Memiliki body yang lebih tebal tentu akan membuat berat MacBook pro dan air berbeda, seperti ini rincian berat ketika gadget ini berdasarkan sumber dari situs resmi Apple.

NomorTipe MacBookBerat Laptop
1.MacBook Air1,25 kilogram
2.MacBook Pro 13 inchi1,37 kilogram
3.MacBook Pro 15 inchi1,83 kilogram

Bisa disimpulkan jika teman-teman ingin MacBook yang berbobot ringan, MacBook air bisa dijadikan pilihan. Tapi bobot MacBook air nggak tidak jauh lebih berat jika dijadikan dibandingkan dengan bobot MacBook pro 13 inchi.

2. Perbedaan Display Grafis MacBook Pro dan MacBook Air

Sesi kedua ini akan membawa tentang perbedaan kualitas grafis antara kedua produk Apple ini. Baik MacBook pro dan MacBook air sudah dibekali dengan fitur Retina Display dan True Tone yang disematkan pada layarnya.

Perbedaan Kualitas Layar Macbook Pro dan Air
Perbedaan Kualitas Layar Macbook Pro dan Air

Fitur ini membuat penggunaan layar makin nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Yang membedakan display grafis gadget ini adalah range warna dan tingkat kecerahannya.

MacBook pro dibekali dengan kecerahan 500 unit sedangkan Air hanya 400 unit. Jelas sekali, untuk urusan warna, MacBook pro unggul telak dibandingkan dengan MacBook air. Sementara itu grafis MacBook Air dilengkapi dengan Intel UHD Graphics 617, sedangkan MacBook Pro memakai Intel Iris Graphics 645.

Pengen main Minecraft di Macintosh ? Ikuti tutorialcara install Minecraft di Apple.

3. Perbedaan Dapur Pacu MacBook Pro dan MacBook Air

Membahas tentang gadget, akan kurang pas jika tidak membahas dapur pacunya. Performa adakah salah satu bagian yang wajib untuk sangat diperhatikan, karena bagian ini akan menentukan puas tidaknya saat

MacBook Pro dan MacBook air memiliki dapur pacu yang berbeda. Tentu ini akan berpengaruh pada performa gadget yang tengah kita bandingkan ini, seperti ini rinciannya

  • MacBook Air: Intel Core i5 dual-core 1,6 GHz dan Turbo Boost hingga 3,6 GHz.
  • MacBook Pro: Intel Core i5 quad-core 1,4 GHz dan Turbo Boost hingga 3,9 GHz.

Terlihat jelas siapa yang lebih unggul dari segi performanya. MacBook pro akan sangat cocok untuk kalian yang sering menjalankan aplikasi berat seperti aplikasi desain grafis, edit video dan gaming.

4. Perbedaan Ketahanan Baterai MacBook Pro dan MacBook Air

Terakhir kita akan membandingkan baterai yang ada pada MacBook Pro dan MacBook Air. Kira-kira mana yang lebih tangguh? Berikut ini adalah informasi mengenai daya tahan baterainya yang kami dapatkan dari situs resmi Apple.

  • MacBook Air bisa bertahan 12 jam ketika digunakan untuk mengakses internet dan 13 jam untuk memutar video.
  • MacBook Pro bisa bertahan selama 10 jam untuk internet dan memutar video.

Spekulasi: Nampaknya pada keawetan baterai, MacBook Air lebih unggul.

Bingung cara screenshot di Macintosh ? Baca selengkapnya cara screenshot laptop.

5. Perbedaan Harga MacBook Pro dan MacBook Air

Memiliki banyak sekali perbedaan tentu bisa membuat gadget ini memiliki harga jual yang berbeda-beda, berikut ini adalah harga terbaru MacBook Pro dan MacBook Air 2020:

Harga MacBook Air Terbaru 2020

  • MacBook Air Retina Display 2019 (1.6GHZ/8GB/128GB) = Rp 17.199.000
  • MacBook Air Retina Display 2019 (1.6GHZ/8GB/256GB) = Rp 20.399.000

Harga MacBook Pro 13 inchi Terbaru 2020

  • MacBook Pro 13 inci, CPU i5 1.4Ghz Quad Core, 8GB RAM, 128GB SSD = Rp 20.299.000
  • MacBook Pro 13 inci, CPU i5 1.4Ghz Quad Core,8GB RAM, 256GB SSD = Rp 23.499.000
  • MacBook Pro 13 inci, CPU i5 2.4Ghz Quad Core, 8GB RAM, 256GB SSD = Rp 27.999.000
  • MacBook Pro 13 inci, CPU i5 2.4Ghz Quad Core 8GB RAM, 512GB SSD = Rp 31.199.000

Harga MacBook Pro 15 inchi Terbaru 2020

  • MacBook Pro 15 inci, CPU i7 2.6Ghz Six Core, 16GB RAM, 256GB SSD, RP555X = Rp 36.099.000
  • MacBook Pro 15 inci, CPU i9 2.3Ghz 8-Core, 16GB RAM, 256GB SSD, RP560X = Rp 42.099.000

Kesimpulan

Memiliki diantara MacBook Pro dan MacBook Air harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kalian sering menggunakan aplikasi berat, nampaknya MacBook pro akan bisa jadi pilihan tepat untuk membantu semua pekerjaanmu.

Tapi jika teman-teman membutuhkan MacBook yang handal untuk tugas-tugas ringan, silahkan untuk memilih MacBook Air sebagai andalan.

Selain memperhatikan spesifikasi dan kebutuhan, kalian juga harus Menyesuaikan dengan dana yang kalian miliki. Jika punya dana mencukupi, bisa saja kalian membeli MacBook pro, tapi jika dananya kurang mencukupi, MacBook air juga bisa dijadikan pilihan terbaik.


Penutup

Selesai sudah bahasan tentang perbedaan MacBook pro dan MacBook Air yang kita bahas kali ini. Sudah menentukan mana pilihan mu? Silahkan jawab di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

0 0 vote
Article Rating

Tags
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker