Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

6 Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa

TikTok adalah platform video yang kini sedang banyak disukai. Disini kalian bisa menonton dan berbagi video sepuasnya dengan para pengguna TikTok lainnya.

Banyak digunakannya TikTok bukan hanya untuk keperluan hiburan saja. Tapi, TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana bisnis seperti media promosi dan lain sebagainya.

Demi memudahkan para penggunanya, TikTok merilis dua aplikasi khusus. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi TikTok Lite dan juga aplikasi TikTok Biasa.

Aplikasi TikTok Standar lebih dulu dirilis tepatnya pada Mei 2017 lalu. Sementara itu, TikTok Lite diperkenalkan pada Agustus 2018 di negara asalnya yaitu China.

Kiprah TikTok Lite di Indonesia memang baru-baru ini saja. Meski belum lama, TikTok Lite kini berhasil memuncaki daftar aplikasi terlaris di Google Play.

Baik TikTok Lite maupun TikTok standar bisa diinstall di HP Android dan iOS. Kedua aplikasi ini memang memiliki fungsi yang sama, tapi ternyata ada juga perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa.

Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa

Perbedaan antara TikTok Lite dan TikTok Standar ternyata ada banyak banget. Nggak cuma beda nama saja, masih ada juga beberapa perbedaan lainnya seperti yang dibahas berikut ini.

1. Icon

Perbedaan pertama antara TikTok Lite dan TikTok Biasa terlihat pada icon aplikasi. Jika dilihat sepintas, pasti akan terlihat mirip banget, tapi jika diperhatikan lebih seksama ada perbedaannya.

Icon aplikasi TikTok standar hadir dengan simbol TikTok dengan latar belakang berwarna hitam.

Sementara itu, icon aplikasi TikTok Lite juga hadir dengan icon dan background yang sama. Hanya saja ada tambahan icon petir di sebelah kiri atas.

Icon TikTok Lite (Kiri) dan Icon TikTok Biasa (Kanan)

Silahkan lihat gambar diatas, icon kedua aplikasi ini berbeda kan? Perlu teman-teman ketahui, tambahan icon petir yang ada di aplikasi TikTok Lite bukan hanya sekedar hiasan saja.

Tapi icon petir ini menandakan bahwa aplikasi TikTok lite lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan aplikasi TikTok Standar.

Mau mendapatkan banyak poin dari TikTok Lite? Simak selengkapnya di tutorial ini.

2. Ukuran

Selain icon, ukuran kedua aplikasi ini juga beda. Untuk smartphone Android, aplikasi TikTok Standar berukuran 72 MB.

Perbedaan Ukuran TikTok Lite dan Tiktok standar

Bagaimana dengan ukuran TikTok Lite? Berhubung didesain khusus untuk smartphone berspesifikasi rendah, TikTok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 20 MB saja.

TikTok Lite
TikTok Lite
Developer: TikTok PTE.ltd.
Price: To be announced

3. User Interface

Kedua aplikasi TikTok ini memiliki user interface atau tampilan yang mirip banget. Baik TikTok Lite maupun TikTok Standar tampil dengan 5 tab dibagian bawah.

Kelima tab tersebut adalah Home, Search, Upload, Inbox, dan Profil. Meskipun sama, ternyata ada perbedaan diantara keduanya.

Satu-satunya hal yang berbeda terdapat dibagian icon tombol inbox. Icon Inbox di aplikasi TikTok Lite berbentuk petir, sedangkan ikon Inbox di TikTok Reguler mengusung bentuk amplop.


4. Memiliki Laman For Your Page

Tab For Your Page adalah sebuah halaman khusus yang berisikan konten video pendek yang ditampilkan sesuai dengan aktivitas, hobi dan juga kesukaan pengguna.

Jika kalian ingin menonton video pendek selanjutnya, kalian tinggal mengusapkan layar keatas. Tapi jika kalian ingin menonton video sebelumnya, kalian hanya perlu mengusap layar kebawah.

Video di Halaman For Your Page tidak hanya bisa kalian tonton saja. Tapi teman-teman juga bisa memberikan like, komentar atau membagikannya ke media sosial dan aplikasi chatting.

Kalian tidak hanya bisa nonton saja, tapi teman-teman juga bisa menambahkan video yang kalian miliki ke tab FYP ini.

Sudah mengumpulkan berapa poin TikTok Lite ? Berikut hasil 1000 Poin TikTok Lite jika dirupiahkan.

5. Fitur yang Dipangkas

Perbedaan ukuran Aplikasi yang siginifikan tentu akan mempengaruhi fitur-fitur yang dibawa oleh TikTok Lite dan TikTok standar.

TikTok biasa memiliki fitur yang lebih komplit dibandingkan dengan TikTok Lite. Dalam aplikasi TikTok Lite tidak terdapat fitur Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, dan Wallet.

Selain itu, TikTok Lite tidak memiliki fitur privasi yang lengkap seperti yang ada di aplikasi TikTok Standar.

Khusus TikTok Lite, hanya ada menu privasi yaitu tiga opsi yaitu blokir orang lain, mode akun privat, dan membatasi orang untuk mencari profil.


6. Durasi Perekaman

Perbedaan terakhir antara aplikasi TikTok Lite dan TikTok Standar terdapat pada durasi perekamannya.

Kalian yang menggunakan TikTok standar bisa merekam video hingga 60 detik. Sementara itu, TikTok Lite hanya memungkinkan para penggunanya untuk merekam video selama 15 detik.


Akhir Kata

Seperti yang kalian simak, ternyata ada 6 perbedaan antara TikTok Lite dan TikTok standar. Sudah terjawab kan rasa keingintahuan kalian? Silahkan share artikel ini supaya bisa bermanfaat untuk teman-teman lainnya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.