Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tech News

Pengertian ShadowBan TikTok Beserta Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Kata ShadowBan kini menjadi salah satu kata yang sangat familiar bagi para netizen. Terutama mereka yang sering aktif menggunakan media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Selain marak terjadi di Instagram dan Twitter, kita sudah pernah hal tersebut di artikel dengan judul apa itu ShadowBan di Instagram dan penjelasan ShadowBan di Twitter.

Selain kedua media sosial tersebut, ShadowBan juga bisa terjadi di akun platform video seperti TikTok.

Teman-teman yang aktif menggunakan platform video asal China ini sangat wajib banget untuk mengetahui apa itu ShadowBan TikTok. Karena jika akun TikTok kalian terkena ShadowBan, bisa mempengaruhi popularitas dan engagement.

Belum tau apa itu ShadowBan TikTok ? Tim SurgaTekno akan menjelaskan tentang ShadowBan TikTok ini secara lengkap untuk kalian semua.

Selain menjelaskan pengertian ShadowBan TikTok, saya juga akan membahas seperti apa ciri-ciri akun TikTok yang terkena ShadowBan serta bagaimana cara mengatasinya.

1. Apa Itu ShadowBan TikTok ?

Pertama-tama saya akan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu. ShadowBan TikTok adalah sebuah kondisi dimana akun TikTok kalian terkena sanksi pembatasan interaksi.

Sanksi ShadowBan TikTok ini bisa mengakibatkan pengurangan interaksi seperti tayangan video, like, dan komentar.

Dampak negatif ShadowBan TikTok bisa lebih parah lagi dengan menghilangnya akun dan video kalian di pencarian TikTok.

Dampaknya besar banget kan? Oleh karena itu kalian yang aktif menggunakan TikTok harus rajin-rajin memgecek apakah akun TikTok kalian baik-baik saja atau terkena Sanksi ini.


2. Penyebab ShadowBan TikTok

Sudah tau apa itu ShadowBan TikTok? Mari kita lanjutkan dengan membahas apa saja penyebab mengapa akun TikTok bisa terkena sanksi ShadowBan.

1. Memposting Video Negatif

TikTok jelas-jelas melarang setiap penggunanya untuk memposting video dengan unsur negatif.

Video negatif yang dilarang bisa berupa video pornografi, kekerasan, senjata, narkotika dan juga SARA yang bisa membantu ekosistem TikTok jadi kotor.

2. Melanggar Panduan Komunitas TikTok

TikTok memiliki panduan komunitas khusus yang harus dipatuhi oleh para penggunanya. Panduan komunitas khusus ini dirancang untuk mencegah terjadinya keributan.

Untuk mengetahui detailnya, kalian bisa membaca panduan komunitas TikTok di situs resmi nya. Jangan sekadar dibaca saja, tapi dipraktikkan supaya tidak terkena ShadowBan TikTok.

3. Melanggar Hak Cipta

Menjadi wadah kreativitas adalah salah satu alasan mengapa TikTok didirikan. Oleh karena itu kalian yang melanggar hak cipta akan dikenai dengan sanksi ShadowBan ini.

4. Menggunakan Hashtag Sembarangan

Menggunakan hashtags adalah salah satu cara jitu supaya video TikTok bisa mendapatkan banyak viewer dalam waktu yang cepat.

Tapi, bubuhkan lah hashtags yang sesuai dengan konten TikTok kalian. Jangan sampai menggunakan Hashtag yang tidak cocok apalagi nyepam supaya tidak terkena ShadowBan TikTok.

5. Banyak Dilaporkan oleh Akun TikTok lain

ShadowBan TikTok juga bisa disebabkan karena akun TikTok kalian dilaporkan oleh akun TikTok lainnya dengan berbagai alasan.

Maka dari itu disarankan untuk tidak memposting konten yang kurang sopan, kasar dan lain sebagainya agar hal ini tidak terjadi.

Ingin download video TikTok dengan mudah ? Begini tutorial dan panduan cara mudah download video TikTok lewat Bot Telegram.

3. Cara Cek ShadowBan TikTok

Selanjutnya SurgaTekno akan memberitahukan bagaimana caranya untuk mengecek akun TikTok terkena ShadowBan atau tidak. Caranya gampang banget, karena bisa dilakukan dengan aplikasi TikTok.

  1. Bukalah aplikasi TikTok yang biasa kalian gunakan.
  2. Setelah beranda TikTok terbuka, kalian harus memilih “Discover” yang ada di sebelah kanan icon “Home”.
  3. Silahkan masukkan nama pengguna akun TikTok kalian, setelah itu klik “Search”.
  4. Jika akun dan postingan kalian muncul, berarti akun TikTok aman. Tapi jika tidak muncul, bisa dipastikan akun kalian terkena sanksi ShadowBan.
  5. Selesai.

4. Cara Mengatasi ShadowBan TikTok

Sudah mengecek? Jika akun TikTok kalian terkena ShadowBan. Janganlah bersedih, ikutilah beberapa cara dibawah ini supaya akun TikTok bisa kembali normal seperti biasanya.

  1. Hapus Video-video yang dirasa melanggar peraturan yang ditentukan oleh tim TikTok.
  2. Upload video sewajarnya saja jangan Terlalu banyak.
  3. Membatasi aktivitas main TikTok.
  4. Rehat sejenak untuk menggunakan akun TikTok.
  5. Bersabarlah untuk menunggu sanksi ShadowBan TikTok selesai karena sanksi ini hanya sementara.
  6. Langsung hubungi tim TikTok.

Akhir Kata

Setelah membaca artikel ini saya yakin rasa penasaran kalian tentang “Apa itu ShadowBan TikTok?” Sudah terjawab.

Terimakasih sudah membaca, semoga artikel tentang TikTok ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.