Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tech News

10 Situs Video Selain Youtube

Tahun 2020 ini akan menjadi tahun yang dikenang di Indonesia. Hal ini lantaran adanya serangan pandemi yakni virus corona atau dikenal dengan Covid-19. Anjuran pemerintah untuk membatasi aktivitas diluar rumah dan menggaungkan #dirumahaja.

Akhirnya, masyarakat yang berdiam diri di rumah memilih jalan praktis berupa online untuk melakukan aktivitasnya.

Banyaknya waktu dirumah tentu saja akan timbul kebosanan, untuk menangani rasa bosan anda bisa mencari hiburan secara online, salah satunya dengan menonton video.

Situs paling populer yang mayoritas dipakai di Indonesia yakni YouTube. Tapi tahukah readers? selain youtube, situs-situs dibawah ini juga lagi hits loh.

Situs-situs dibawah ini juga bisa memberikan pendapatan untuk kamu yang ingin mendalami dunia perfilman. Yuk simak!

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Veoh

Situs video selain Youtube yang pertama adalah Veoh. Veoh seperti sebuah televisi berbasis internet. Berdirinya situs ini berkantor pusat di San Diego, California.

Veoh menampilkan video dengan sangat rapi. Perusahaan Veoh juga telah mendistribusikan konten dari media-media yang cukup ternama seperti ABC, CBS, Us Weekly, ESPN dan juga Jaringan MTV Viacom.

Veoh.com
Veoh.com

Sekalipun kualitas videonya banyak yang tidak sebaik Youtube, namun Veoh banyak menyajikan cuplikan dari televisi luar negeri, hal ini menjadi keunggulan bagi Veoh. Mayoritas video yang diproduksi berasal dari tangan-tangan profesional.

Veoh juga menyajikan musik dan juga film berdurasi penuh. Pecinta anime akan sangat suka berkunjung ke Veoh karena situs ini adalah surganya anime.

Anda juga bisa mengunggah video secara bebas di Veoh karena situs yang sangat ramah ini tidak memberikan batasan berapa ukuran video yang bisa diupload. Namun, tetap gunakan secara bijak ya!

2. Daily Motion

Situs Daily Motion diklaim memiliki penampilan yang paling mirip dengan Youtube. Selain bisa mengupload video, anda juga bisa membaginya dengan teman-teman yang lain. Situs video berasal dari Prancis ini sangat mudah dan sederhana seperti Youtube.

Dailymotion.com
Dailymotion.com

Situs ini memungkinkan anda untuk menemukan video yang di-banned oleh Youtube. Users dari Dailymotion adalah para profesional maupun amatir. Video yang ditampilkan berdasarkan urutan dari topik terbaru dan juga yang terpopuler.

Karena memiliki filter lebih rendah dari Youtube, saya sarankan untuk tetap mengakses video yang sesuai umur anda.

3. The Open Video Project

The Open Video Project merupakan situs video selain Youtube yang didirikan oleh Universitas North Carolina Chapel Hill’s School of Information Design Laboratory. Situs ini memang digunakan untuk menyimpan arsip ilmiah berupa video.

Open-video.org
Open-video.org

Ketika membuka situs, tampilan awal tidak terlalu banyak gambar yang muncul dan lebih dominan pada tulisan. Ini sangat disarankan bagi para pelajar yang ingin melihat dokumentasi pendidikan karena di situs ini bertemakan edukasi, baik pendidikan terbaru maupun yang sudah lawas. Wah keren ya!

Butuh refrensi film X-Men ? Coba simak urutan film X-Men dari awal hingga akhir.

4. Internet Archive

Nah ini juga merupakan salah satu situs yang menarik untuk saya. Selain berisi video, Internet Archive juga menyediakan dokumentasi berupa buku, musik, software dan juga foto. Terbilang sangat rapi untuk tampilan pertama.

Archive.org
Archive.org

Di bagian depan, seperti kebanyakan situs, Internet Archive juga menyajikan tayangan terviral yang akan diupdate secara berkala. Situs ini bukan saja situs video selain Youtube, namun juga seperti sebuah perpustakaan online yang tidak berbayar.

Situs ini adalah pengoleksi history. Video lawas yang sulit ditemui di Youtube, sangat mungkin tersedia di Internet Archive.

5. 9GAG.tv

Pecinta video lucu tentunya sudah tidak asing dengan situs ini, pasalnya readers, situs ini memang banyak menyajikan konten-konten lucu yang menghibur. Situs ini cukup populer karena selain video, 9gag.tv juga menampilkan foto, meme, dan GIF.

9GAG.com
9GAG.com/video

Lucu dan unik sepertinya memang sudah menjadi ciri khas 9gag.tv. Di situs ini juga tersedia video-video ulasan yang menarik, video yang tak biasa, dan juga gaming.

6. MySpace

Myspace.com
Myspace.com

Sebelum menjadi situs video selain Youtube, MySpace merupakan jejaring sosial. Adanya facebook mengalahkan popularitas MySpace.

Situs ini berfokus kepada penyajian video dan music. Kamu bisa mengetikkan video atau music apa yang ingin kamu telusuri di menu Search.

7. Metacafe

Situs ini mempermudah kamu untuk melihat fitur pencarian dari yang “latest”, “popular”, atau “trending”. Di dunia streaming, kita bisa menyebut situs ini sebagai senior karena merupakan situs yang sudah sangat lama seperti Youtube.

Metacafe.com
Metacafe.com

Video yang ditampilkan terbilang unik karena memiliki durasi yang singkat atau hanya beberapa detik, inilah kenapa metacafe dianggap situs spesialisasi video pendek. Sekalipun videonya berdurasi pendek, namun metacafe juga tetap menyediakan video beresolusi tinggi.

Di situs ini kamu bisa belajar berbagai hal dengan video yang lebih ringan daripada Youtube. Keunggulan dari metacafe adalah daftar video yang ditampilkan memiliki jangkauan yang sangat luas dibanding dengan situs lain.

Seperti situs video pada umumnya, anda juga bisa mendapatkan uang jika viewers video anda mencapai 20.000.

Penggemar Harry Potter ? Simak sinopsis Harry Potter dari awal hingga tamat.

8. Twitch

Twitch.tv
Twitch.tv

Sebenarnya situs ini lebih berfokus pada gaming, namun tetap saja Twitch bisa dijadikan situs video selain Youtube. Halaman depan yang ditampilkan juga tentang game.

Anda bisa menemukan detail permainan sebuah game dalam situs ini. Selain itu, kita juga bisa saling berkirim pesan dengan pengguna lainnya.

Twitch juga memberikan kebebasan pagi pengguna untuk mengunggah video mereka. Bagi para gamers, situs ini sangat direkomendasikan ya!

9. Vidio

Vidio.com
Vidio.com

Situs lokal yang juga bisa kamu jumpai di playstore ini dibuat oleh Emtek Group. Ini adalah situs populer yang kebanyakan dipakai dikalangan remaja karena tampilannya yang menurut saya cukup simple tapi menarik.

Tidak jauh berbeda dari Youtube, vidio.com juga menampilkan serial, film, sinetron, music, dan juga streaming video.

10. Vimeo

Vimeo.com
Vimeo.com

Awalnya situs ini adalah saingan terberat dari Youtube. Dengan video yang disajikan berkualitas tinggi dan juga variasi video yang di upload menyerupai Youtube. Namun, Vimeo adalah situs video selain Youtube yang tidak memiliki filter secara baik.

Di dalamnya anda bisa mengakses video tanpa peduli berapa usia anda. Video yang tidak anda jumpai di Youtube karena filter umur, akan bisa dijumpai di Vimeo.

Nah, mungkin karena inilah Vimeo diblokir dan tidak bisa di akses di Indonesia.


Dari 10 situs video selain Youtube diatas, manakah yang paling ingin kalian coba?

Tetap ingat ya, bijaklah dalam mengakses situs online dan sesuaikan dengan umur. Selamat mencoba.

Tags
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.