Tips & Trik

5 Cara Memperbaiki Speaker HP Android Rusak Akibat Terkena Air

Perangkat elektronik memang rentan sekali terhadap air. Begitu juga dengan smartphone yang termasuk rentan atau gampang sekali rusak jika terkena air.

Memang saat ini sudah ada smartphone yang dibekali dengan fitur waterproof atau anti air. Tapi masih sedikit, langka sekali keberadaannya di negara kita tercinta ini.

Smartphone yang terkena air biasanya akan langsung mengalami kerusakan. Tapi ada masanya juga kerusakan yang terjadi termasuk kerusakan ringan dan masih bisa diperbaiki.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi akibat smartphone terkena air adalah speaker. Mendengar namanya, pasti kalian sudah mengerti tentang fungsi dari part smartphone yang satu ini.

Meskipun smartphone masing bisa berfungsi, rusaknya speaker akibat nyemplung ke air ini juga sangat menggangu lho.

Kalian pasti tidak akan bisa mendengarkan musik dengan maksimal. Bisa-bisa suara jadi kresek-kresek atau bahkan tidak terdengar sama sekali.

Tapi ternyata ada cara memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air supaya bisa berfungsi kembali sebagaimana mestinya. Caranya mudah banget kok, dijamin kalian bisa melakukannya.

Tips seputar cara memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air ini juga bisa di-aplikasikan pada smartphone OS lainnya. Bahkan dilakukan pada HP jadul sekalipun juga bisa.

Berikut ini surga tekno akan membahas tentang cara memperbaiki speaker HP Android rusak kena air yang benar. Silahkan disimak dengan seksama ya:

1. Jemur Smartphone

Tips pertama memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air pertama yang harus kalian lakukan adalah menjemur smartphone. Jemur di tempat yang agak panas ya, jangan dijemur di bawah terik matahari langsung.

Sebelum menjemur smartphone, kalian harus membuka casing belakang smartphone. Bila smartphone kalian menggunakan baterai removable silahkan buka sekalian.

ilustrasi jemur hp yang terkena air
ilustrasi jemur hp yang terkena air

Menjemur smartphone adalah salah satu cara atasi speaker HP rusak akibat air yang paling ampuh. Nantinya air yang berada pada speaker akan menguap dan speaker akan kembali kering.

2. Rendam Smartphone dalam Beras

Sejak dahulu kala, cara ini dianggap sebagai yang paling ampuh untuk mengatasi smartphone terkena air. Selain ampuh, cara ini juga aman sekali untuk dilakukan.

Yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan wadah yang berisi beras secukupnya. Silahkan masukkan smartphone kalian yang speakernya rusak akibat kena air ke dalam beras tersebut.

masukkan hp android ke dalam beras
masukkan hp android ke dalam beras

Silahkan rendam Smartphone kalian 3-4 jam, atau sampai dirasa kering. Jika smartphone kalian sudah kering, silahkan hidupkan dan coba speakernya dengan cara memutar musik.

Baca Juga: Cara Login dan Logout WiFi ID Paling Gampang

3. Gunakan Kipas Angin

Saya rasa kalian sudah mengenal dan mengetahui fungsi dari kipas. Bukan hanya untuk memberi efek sepoi-sepoi pada badan. Kipas juga bisa digunakan untuk memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air.

Caranya silahkan hidupkan kipas angin lalu arahkan pada speaker HP Android kalian yang terkena air. Silahkan diamkan 1-2 jam atau hingga benar-benar kering.

gunakan kipas angin untuk mengeringkan smartphone
gunakan kipas angin untuk mengeringkan smartphone

Terus gunakan kipas angin sampai speaker smartphone kalian kering maksimal. Bila perlu silahkan buka casing belakang supaya anginnya bisa masuk dengan sempurna. Setelah kering, kalian sudah bisa mencobanya.

4. Bersihkan Speaker dengan Peniti

Selain bisa digunakan untuk menyambungkan kertas atau kain. Peniti juga punya banyak fungsi lainnya, salah satunya digunakan untuk membersihkan air pada speaker.

Cara memperbaiki speaker HP Android yang rusak kena air menggunakan peniti mudah sekali untuk dilakukan. Caranya tinggal selipkan peniti ke lubang-lubang yang ada pada speaker HP Android.

Selain bisa membersihkan air yang berada di speaker, cara ini juga bisa membersihkan speaker dari debu-debu yang menempel di magnet speaker.

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi Huawei yang Benar

5. Serahkan pada Service HP

Jika sudah melakukan keempat cara diatas namun speaker HP kalian tetap tidak bisa digunakan. Silahkan serahkan ke ahlinya yaitu pada servis HP terdekat di kotamu.

Tapi perlu dicatat, lakukan servis ke penyedia jasa servis HP yang terpercaya, disarankan ke servis center resmi. Jangan asal servis saja karena bisa-bisa smartphone kalian bisa makin parah.

Itulah beberapa tips mengenai cara mengatasi speaker HP Android rusak akibat terkena air ternyata mudah sekali. Supaya hal kurang mengenakkan ini tidak terjadi, gunakan smartphone kalian secara berhati-hati terutama di tempat berair seperti kolam renang. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/ Website : https://surgatekno.com/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker