Segenap tim SurgaTekno mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Tips & Trik

Cara Akses Root di Linux

Bagi pemula yang masih belajar dalam menggunakan Linux sangat penting mengetahui perintah dasar dari Linux sekaligus cara mengoperasikan Linux. Pasalnya, Linux sangat berbeda jika dibandingkan dengan Windows yang kerjanya melalui GUI (Graphical User Interface) atau APG (Antar muka Pengguna Grafis).

Namun, hal ini tentunya tidak menjadi hambatan dalam memahami Linux. Dalam Linux, ada yang namanya Root. Lalu, apakah Root itu dan bagaimana cara menggunakan Root di Linux? Simak ulasan berikut!

Root, User Root dan Akun Root (Sudo, Su, Sudo Su)

Sebelum masuk ke cara akses root di Linux, terlebih dahulu kita harus paham apa yang dimaksud dengan root dan user root. Root merupakan perintah untuk mengakses seluruh file atau perintah di system Linux.

Sementara user root adalah user yang paling tinggi dalam system linux karena user root dapat menginstall, mengedit, memodifikasi serta mengakses pengaturan dalam system Linux. Singkatnya, root berfungsi untuk mengatur hak akses di Linux.

Perintah root ini sangat menguntungkan user root jika dibandingkan user biasa. Jika pada user biasa terdapat berbagai macam batasan akses seperti manajemen aplikasi dan tidak bisa melakukan manajemen user dalam sistem, dan lain sebagainya.

Akses Root di Linux
Akses Root di Linux

Tetapi, batasan – batasan tersebut tidak berlaku bagi user root.  Untuk bisa memegang hak akses tersebut, user root harus diaktifkan terlebih dahulu.

Untuk masuk ke Root sebagai user root pengguna biasanya menggunakan perintah “sudo“. Sudo atau singkatan dari super user do biasa digunakan untuk mendapatkan kontrol penuh dalam sistem untuk melakukan kegiatan seperti menginstall, menghapus, mengubah software.

Sudo sebenarnya adalah nama dari akun root yang juga berfungsi untuk memberikan hak akses dan juga untuk menjaga keamanan sistem dalam Linux. Perintah ini banyak digunakan dalam sistem Linux sebagai Administrator. Namun, sudo ini hanya bisa digunakan oleh user yang sudah terdaftar namanya pada file/etc/sudoers.

Jalan masuk ke root tidak hanya dilakukan oleh akun sudo saja melainkan ada dua akun root lain yang bernama sudo su dan su. Su adalah singkatan dari Super User yang merupakan sebuah akun root yang mempunyai akses di sistem dalam Linux. Su digunakan untuk pekerjaan yang diperlukan saja atau pekerjaan khusus dan tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan umum karena resikonya akan fatal bagi sistem.

Akun root terakhir adalah sudo su yang hanya bisa dilakukan jika user telah memiliki akses root. Namun, akun root ini hanya digunakan pada Ubuntu. Perintah sudo su berbeda dengan sudo dimana perintah ini akan terus berlaku sampai user menutup terminalnya, sehingga user tidak harus menginput password berkali – kali.

Cara Mengakses Root di Linux dengan Mudah

Setelah mengetahui yang dimaksud dengan root, user root dan perintah – perintahnya, pengguna Linux juga perlu mengetahui cara mengakses root di Linux dengan mudah sebagai berikut :

  1. Pertama – tama buka terminal Linux sesuai distro masing – masing. Atau bisa juga membuka terminal dengan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.
    Langkah 1. Cara Akses Root di Linux
    Langkah 1. Cara Akses Root di Linux
  2. Setelah terminal terbuka, ketikkan perintah sudo psswd root dan tekan tombol enter.
    Langkah 2. Cara Masuk ke User Root
    Langkah 2. Cara Masuk ke User Root
  3. Pada tahap ini, pengguna diminta untuk memasukkan password root Linux (password ini bukan password yang digunakan untuk login sebagai user namun password baru untuk login sebagai root).
  4. Setelah mengisikan password, ketikkan perintah di terminal dengan kata : sudo sh -c ‘echogreeter-show-manual-login=true” >> /etc/lightdm/lightdm.conf
    Langkah 3. Menggunakan Root di Linux
    Langkah 3. Menggunakan Root di Linux
  5. Setelah selesai kemudian reboot Linux Anda dengan menuliskan perintah pada terminal : sudo reboot
    Langkah 4. Cara Masuk ke dalam Root Linux
    Langkah 4. Cara Masuk ke dalam Root Linux
  6. Setelah computer melakukan reboot, pada monitor akan muncul halaman login untuk masuk ke Linux. Masukkan kata root dalam kolom user dan isikan password yang sudah dibuat di tahap sebelumnya. Dalam tahap ini, user akan masuk sebagai user root.
  7. Namun, harus diperhatikan lebih hati – hati saat pengguna masuk ke dalam user root. Usahakan untuk melakukan backup konfigurasi terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada user root.
  8. Jika Anda ingin keluar sebagai user root, cukup ketikkan perintah exit kemudian tekan enter. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + D untuk keluar dari mode ini.Langkah 5. Keluar dari Root di Linux
  9. Selesai. Mudah bukan ?

Nah, itulah beberapa tahapan dalam mengakses Root di Linux yang sangat mudah diterapkan terutama bagi pemula. Selamat mencoba!

0 0 vote
Article Rating

Tags
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker