Tips & Trik

Cara Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging Samsung

Para gadgeter pengguna smartphone Samsung memang banyak sekali. Mengingat smartphone Samsung memang mantap sekali, sangat wajar sekali rasanya.

Smartphone Samsung pun ada banyak sekali, ada yang menggunakan sistem operasi Android Android Q, Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat dan versi Android Lama lainnya.

Smartphone Samsung dibekali dengan banyak fitur-fitur. Dibalik banyaknya fitur yang ada, ternyata masih ada juga fitur rahasia pada smartphone Samsung yang sangat berguna khususnya bagi gadgeter yang suka mengoprek-oprek.

Fitur tersebut adalah USB Debugging dan OEM lock. Fitur rahasia ini akan sangat membantu bagi para gadgeter untuk melakukan root, flashing, install CWM, custom Rom dan sebagainya.

OEM lock berguna untuk membuka atau menutup akses bootloader pada perangkat. Fitur ini bisa mencekal pengguna untuk melakukan root, custom ROM dan sebagainya.

Sedangkan USB debugging berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan PC. Tentunya ini sangat penting untuk kalian yang akan melakukan Root, Custom Rom, Install dan lain sebagainya.

Kenapa harus mengaktifkan fitur OEM Lock?

Jika gadgeter gemar mengkustomisasi Smartphone Samsung tapi fitur OEM Lock tidak aktif, maka kustomisasi yang kalian lakukan akan gagal dan smartphone kalian akan bootlop.

Untuk mengaktifkan OEM lock dan USB debugging pada smartphone Samsung ada langkah-langkah yang harus gadgeter lakukan dengan benar. Cara aktifkan OEM lock dan USB debugging di HP Samsung bisa kalian simak seperti berikut ini:

1. Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang/Developer Option

Sebelum mengaktifkan fitur OEM Lock dan USB debugging, gadgeter sekalian harus mengaktifkan opsi pengembang atau developer option, caranya mudah sekali seperti berikut ini:

  • Silahkan buka menu “Pengaturan“.
  • Lalu pilih dan tap “Tentang Ponsel“.
    cara aktifkan mode developer samsung
    cara aktifkan mode developer samsung
  • Silahkan tap Nomor Versi sebanyak 5 hingga 7 kali hingga muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang sudah aktif.
    cara mengaktifkan mode developer samsung
    cara mengaktifkan mode developer samsung
  • Selesai

Baca Juga: 6 Pilihan Terbaik HP Triple Kamera Lengkap dengan Harga Terbarunya

2. Cara Aktifkan OEM Lock dan USB debugging

Setelah menu opsi pengembang muncul, barulah kalian bisa mengaktifkan fitur OEM Lock dan USB debugging, langkah-langkahnya bisa kalian ikuti seperti berikut ini:

  • Bukalah menu pengaturan terlebih dahulu.
  • Setelah itu gulir kebawah hingga muncul menu opsi pengembang atau developer option muncul dan silahkan tap.
  • Langkah terakhir silahkan aktifkan menu OEM Lock dan USB Debugging.
    cara mengaktifkan oem lock dan usb debugging
    cara mengaktifkan oem lock dan usb debugging
  • Selesai

Baca Juga: 5 Smartphone Under Display Fingerprint Terbaru 2019

Setelah menerapkan cara aktifkan OEM Lock dan USB debugging pada HP Samsung ini, kalian bisa melakukan kustomisasi smartphone Samsung kalian dengan sebebas-bebasnya. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tags

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker