Tips & Trik

Cara Aktivasi Windows 10 secara Permanen dan Offline

Setiap kita menginstall software atau aplikasi berbayar pasti membutuhkan aktivasi. Kita tidak kita aktivasi maka aplikasi tersebut memiliki batas waktu penggunaan. Seperti kita menginstall Corel Draw yang penggunaannya dibatasi selama 15 hari.

Begitu juga dengan sistem operasi berbayar seperti Windows. Setelah kita menginstall Windows 10 maka kita diharuskan memasukkan product key untuk aktivasi. Sehingga Windows 10 dapat digunakan secara permanen.

Tentu hal ini berlaku untuk semua versi Windows baik Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan tidak terkecuali Windows 10.

Namun, banyak orang Indonesia yang masih belum memiliki product atau license key dari Windows 10 dengan berbagai alasan seperti harga license yang mahal, tidak tahu cara membelinya dan berbagai hal lainnya.

Untuk harga license windows 10 sendiri kami sudah mengecek di situs resminya.

harga license windows 10 resmi
harga license windows 10 resmi
  • Windows 10 Home = Rp. 2.599.999
  • Windows 10 Pro = Rp. 3.799.999

Akan tetapi, proses aktivasi dapat dilakukan walaupun kalian pengguna Windows 10 tidak memiliki product atau license key. Proses aktivasi dapat dilakukan dengan menggunakan aktivator.

Cara ini dilakukan secara offline alias tidak menggunakan internet. Dan untuk hasilnya sama saja, Windows 10 kalian akan teraktivasi secara permanen.

Aktivator yang dapat kalian gunakan adalah KMS Auto Lite. Salah satu aktivator yang populer untuk melakukan aktivasi license Windows dan Office.

Tapi perlu kalian ketahui, cara ini termasuk illegal. Karena kalian dinyatakan melakukan pembajakan software.

Cara Aktivasi Windows 10 secara Permanen dengan KMS Auto Lite

Kami ingatkan lagi ya kalau cara ini adalah cara yang illegal. Tetapi jika kalian tidak memiliki license key Windows 10 bisa menggunakan KMS Auto Lite ini.

Untuk penggunaannya sangat mudah sekali dan bersifat permanen sehingga kalian hanya perlu sekali untuk melakukan aktivasi. Selain itu, KMS Auto Lite ini dapat digunakan untuk mengaktivasi Windows 10 versi Home ataupun Pro.

Untuk langkah-langkahnya silahkan perhatikan dan ikuti dibawah ini:

  1. Pertama silahkan download tool KMS Auto Lite (Klik Disini untuk Unduh)
  2. Kemudian ekstrak file yang ada di dalam rar.
  3. Lalu jalankan tool sebagai Administrator.
    jalankan kms auto lite
    jalankan kms auto lite
  4. Selanjutnya klik pada “Install GVLK“. Kemudian centang kotak “Forcibly” dan klik “Windows Key“.
    proses aktivasi windows 10 kms auto lite - 1
    proses aktivasi windows 10 kms auto lite – 1
  5. Tunggu proses sampai selesai.
  6. Jika sudah selesai, sekarang lanjut ke proses aktivasi. Klik pada “Activation” kemudian klik “Activate Windows” di dalam menu Microsoft Product Activation.
    proses aktivasi windows 10 kms auto lite - 2
    proses aktivasi windows 10 kms auto lite – 2
  7. Tunggu proses aktivasi hingga selesai.
  8. Jika sudah selesai, silahkan restart laptop atau PC kalian.
  9. Sekarang saatnya kita cek apakah status Windows 10 kita sudah activated atau belum. Buka Command Prompt (Tekan Start cari Command Prompt)
  10. Kemudian ketikkan “slmgr /xpr” tekan “Enter“. Tunggu muncul notifikasi.
    cek status license windows 10
    cek status license windows 10
  11. Atau kalian bisa tengok status aktivasi di “Control Panel” –> “System and Security” –> “System
    cek status license windows 10
    cek status license windows 10
  12. Kemudian lihat di bagian Windows Activation.
  13. Selesai.

Baca Juga:

Problem Masalah yang Sering Terjadi saat Proses Aktivasi

Walaupun kalian sudah mengikuti cara diatas dengan urut dan seksama, terkadang ada saja yang menyebabkan proses aktivasi tidak berjalan dengan semestinya.

Dan saat aktivasi windows 10 dengan KMS Auto Lite terjadi error di tengah jalan. Berikut beberapa tips agar proses aktivasi tidak error dan berjalan dengan mulus :

1. Matikan Anti Virus saat Aktivasi Windows 10

Banyak dari pengguna yang sering lupa untuk mematikan anti virus saat aktivasi Windows 10. Kenapa kok harus dimatikan ? Karena saat proses aktivasi KMS Auto Lite membutuhkan akses ke Windows Script Host.
Dimana banyak anti virus yang tidak memperbolehkan aplikasi untuk melakukan hal tersebut. Jadi silahkan matikan anti virus saat proses aktifasi dan setelah selesai nyalakan kembali.

Pesan Error : CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details.

2. Matikan Windows Defender

Windows Defender adalah salah satu pembaruan yang terdapat di Windows 10. Jika kalian ingin lebih tahu soal Windows Defender silahkan baca di Apa itu Windows Defender ?.

Hal ini karena Windows Defender menganggap bahwa KMS Auto Lite adalah virus, sehingga KMS Auto Lite dihentikan secara paksa. Untuk menonaktifkan, silahkan baca cara menonaktfikan windows defender windows 10.

Pesan Error : CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software)

Kami ingatkan lagi ya kepada para pembaca bahwa cara ini termasuk cara illegal karena kita melakukan pembajakan aplikasi. Jika dari pembaca sudah bisa membeli license key Windows 10, kami sarankan untuk membeli license key yang asli dari Microsoft.

Demikian adalah tutorial mengenai cara aktivasi windows 10 secara permanen dengan KMS Auto Lite. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain ya. See you in the next tutorial…..

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker