Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Penyebab Dan Cara Atasi HP Xiaomi Tidak Bisa Telpon

Meski kini kebanyakan orang memanfaatkan internet untuk berkomunikasi. Masih ada juga beberapa orang yang lebih suka berkomunikasi lewat telepon.

Karena nelpon bisa dilakukan dengan siapapun, entah itu menggunakan smartphone terbaru ataupun HP jadul. Selain itu tarif nelpon konvensional sekarang murah banget.

Mantapnya lagi, kini ada banyak sekali paket khusus nelpon yang dibanderol dengan harga murah. Hanya dengan bermodalkan 1000 rupiah saja, kalian bisa nelpon sepuas-puasnya sesama operator.

Tapi kadang-kadang kita selalu gagal untuk menelpon. Padahal pulsa sangat mencukupi dan kuota nelpon masih banyak, kira-kira apa ya penyebabnya?

Penyebab dan Cara Atasi HP Xiaomi Tidak Bisa Telpon

Jika HP yang tidak bisa digunakan untuk menelpon itu bermerk Xiaomi. Nggak usah datangi tukang servis, mending kalian langsung mempraktekkan cara atasi HP Xiaomi Tidak Bisa Telpon yang akan SurgaTekno jelaskan dibawah ini.

1. HP Xiaomi Terkunci dalam Mode 4G Only

Penyabab HP Xiaomi tidak bisa nelpon ada banyak sekali. Salah satu yang sering menjadi biang kerok masalah ini adalah HP Xiaomi yang kalian gunakan terkunci dalam mode 4G Only.

Bagi HP Xiaomi yang sudah mendukung VoLTE mungkin ini tidak berefek. Tapi, jika HP Xiaomi yang kalian miliki belum mendukung VoLTE, kalian tidak akan bisa menelpon dan mengirim SMS.

Cara mengatasi nya gampang banget, kalian hanya perlu mengubah mode jaringannya. Silahkan ikuti petunjuk yang akan saya jabarkan berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka menu “Pengaturan” pada HP Xiaomi yang kalian gunakan.
  2. Silahkan scroll hingga sampai menu paling bawah, lalu pilihlah menu “Tentang Ponsel”.
  3. Carilah menu “Penyimpanan Internal”, lalu silahkan tap berulang-ulang.
  4. Nantinya kalian akan melihat deretan menu-menu seperti:
    • Informasi telepon1
    • Informasi telepon2
    • Info baterai
    • Statistik penggunaan
    • Wi-Fi information
  5. Selanjutnya kalian harus memilih diantara menu “Informasi Telepon1” atau “Informasi Telepon2” tergantung pada SIM mana yang akan kalian gunakan untuk menelpon.
  6. Carilah menu “Setel jenis jaringan yang disukai” lalu atur ke “LTE/GSM auto PRL”, bisa juga TD-SCDMA atau GSM/ WCDMA and LTE.
  7. Silahkan coba HP Xiaomi kalian untuk menelpon, dijamin pasti bisa!
  8. Selesai.

2. Nomor Tujuan Terblokir

HP Xiaomi tidak bisa telpon juga bisa disebabkan karena nomor seluler yang akan kalian telpon masuk ke dalam daftar hitam nomor yang diblokir.

Supaya bisa kalian telpon, silahkan buka menu blacklist lalu hapuslah nomor tujuan dari daftar berisikan nomor terblokir tersebut. Silahkan ikuti petunjuk dibawah ini jika belum tau caranya.

  1. Sama seperti cara yang pertama, kalian harus membuka aplikasi “Pengaturan” terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil masuk ke menu pengaturan, lanjut dengan men-tap menu “Aplikasi”.
  3. Kalian akan melihat daftar aplikasi yang terinstall pada HP Xiaomi, silahkan cari dan pilih aplikasi “Telepon”.
  4. Langkah terakhir, Silahkan matikan opsi blacklist.
  5. Selesai.
Mau HP Xiaomi yang baterainya bisa dilepas? Simak rekomendasi pada postingan HP Xiaomi baterai removable ini.

3. Panggilan Dibatasi Oleh FDN

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali fitur yang disematkan pada HP Xiaomi. Salah satunya adalah fitur Fix Dialing Number yang berguna untuk membatasi panggilan ke nomor tertentu yang dimasukkan dalam daftar FDN.

Bisa jadi, nomor yang akan kalian telepon masuk kedalam daftar FDN. Untuk mengetahui sekaligus mengatasinya, ikutilah Tutorial berikut ini.

  1. Silahkan buka menu “Pengaturan”.
  2. Lalu kalian harus mengetuk menu “Aplikasi sistem”.
  3. Langkah ketiga, teman-teman harus memilih menu “Pengaturan Panggilan”.
  4. Lanjut dengan memilih menu “Setelan Lanjutan”.
  5. setelah itu, teman-teman harus mengetuk “Nomor Panggilan Tetap”.
  6. Silahkan nonaktifkan fitur Fix Dialing Number.
  7. Selesai.

4. Tidak Menggunakan ROM Original dari Xiaomi

Jika ketiga solusi diatas tidak berhasil, bisa jadi ROM yang teman-teman gunakan adalah ROM distributor. Seperti yang diketahui, ROM distributor terkenal banyak sekali bugsnya.

Silahkan pastikan terlebih dahulu apakah ROM yang kalian gunakan adalah ROM distributor atau original. Jika ROM distributor, silahkan lakukan flashing untuk mengganti dengan ROM Original dari Xiaomi yang minim Bugs.

Cara melakukan flashing dengan ROM Original Xiaomi tidaklah sulit. Jika kalian butuh panduan, silahkan cari video tutorialnya di YouTube.

Tertarik pakai HP dengan layar lengkung? Mungkin HP Xiaomi layar lengkung terbaru ini dapat menjadi pilihamu

Akhir Kata

Demikianlah cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa telpon yang sudah dibahas dengan lengkap dalam artikel ini. Terimakasih banyak sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.