Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Tips & Trik

Cara Bikin Buku Huruf Putus-Putus Untuk Anak PAUD / TK di Word

Kali ini kami akan membagikan informasi yang sangat menarik yaitu bagaimana cara membuat buku huruf putus-putus untuk anak PAUD dan TK dengan menggunakan Microsoft Word.

Berbicara tentang Word, aplikasi ini termasuk ke dalam salah satu paket aplikasi yang akan Anda dapatkan ketika menginstal Microsoft Office. Microsoft Word sering dinamakan sebagai aplikasi pengolah kata.

Maksudnya, Anda bisa menulis, menghapus, mengcopy, dan melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pengolahan kata di dalam Microsoft Word.

Microsoft Word selalu menghadirkan versi terbaru dan yang paling baru adalah Microsoft Office 2019. Meskipun sudah banyak bermunculan aplikasi lain dengan fungsi yang sama, akan tetapi posisi Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata terbaik tidak bisa tergantikan.

Kelebihan Microsoft Word

Bagi Anda belum tahu kenapa Microsoft Word masih menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik, maka di bawah ini kami akan memberikan beberapa alasannya yang sekaligus menjadi kelebihan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
  • Microsoft Word sudah dilengkapi dengan tools dasar untuk dekstop publishing.
  • Word menawarkan tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami.
  • Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Office yang lain. Misalnya, ketika Anda memiliki spreadsheet di Excel, maka Anda bisa langsung menempel spreadsheet tersebut ke tabel Microsoft Word. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan Word dengan aplikasi Microsoft yang lain seperti Power Point, OneNote, dan lain sebagainya.
  • Kelebihan selanjutnya adalah berkaitan dengan kompabilitas. Meskipun sekarang Anda menggunakan aplikasi Word versi terbaru, Anda masih bisa membuka file dari Word versi lama dan begitu pula sebaliknya.
  • Microsoft Word dilengkapi dengan banyak fitur. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, fitur pada Ms. Word tentunya lebih kompleks.

Dengan semua kelebihan yang dimiliki aplikasi buatan Microsoft ini memang sangat banyak membantu pekerjaan manusia. Semua pekerjaan yang dulu dikerjakan dalam waktu yang lama serta cukup rumit sekarang sudah bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.

Si kecil sedang belajar mewarnai ? Coba install aplikasi belajar mewarnai gambar untuk Android ini.

Cara Membuat Buku Huruf Putus-Putus di Word

Tahukah Anda bahwa Word juga bisa digunakan untuk membuat huruf putus-putus? Adapun cara membuat buku huruf putus-putus dengan menggunakan Microsoft Word akan kami jelaskan selengkapnya seperti di bawah ini.

Namun sebelum itu, Anda harus tahu bahwa kami akan memberikan contoh penulisan huruf arab dan huruf latin putus-putus.

Dengan kata lain, pastikan keyboard pada PC atau laptop Anda sudah terpasang Arabic Keyboard.

  1. Pertama, silakan Anda atur keyboard Arabic di komputer maupun laptop yang Anda gunakan. Caranya sangat mudah. Silakan masuk ke Control Panel dan pilih Region and Language.Masuk ke Control Panel dan pilih Region and Language
  2. Kedua, ketika Anda sudah berada di tampilan Region and Language, pilih Keyboard and Languages.Pilih Keyboard and Languages
  3. Ketiga, pilih Change Keyboard – Add – Pilih Arabic (Saudi Arabia) – Arabic (101), Arabic (102), lalu klik OK. Sekarang Anda cek di pojok kanan bawah bagian pilihan keyboard. Seharusnya keyboard Arabic sudah muncul dengan kode AR (Arabic), EN (English), dan IN (Indonesia).Add Arabic
  4. Silakan pasang font KFGQPC Alphabet Dotted (Arabic Putus-Putus) dan juga font trace-font-for kids (Latin Putus-Putus). Jika belum punya, silakan download dan ekstrak filenya (Belum punya ? Klik disini untuk Download).Download Font
  5. Buka font KFGQPC dan klik Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. Lakukan hal yang sama ke font trace-font-for kids.Install Font
  6. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi Microsoft Word. Sekarang Anda harus mengecek apakah font yang sudah Anda install tersebut sudah terpasang atau terinstal di Ms. Word Anda atau belum.
  7. Untuk mengujinya, silakan buat tabel dengan cara masuk ke Insert – Table dan tentukan tipe atau jenis tabel yang Anda inginkan.Buat Tabel untuk Tempat Huruf Putus-Putus
  8. Sekarang, cek font Anda di Word dengan masuk ke Home atau Beranda – Font dan cari font yang sudah Anda install. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan KFGQPC Alphabet Dotted atau font trace-font-for kids. Jangan lupa setelah itu menyesuaikan ukuran font sesuai dengan keinginan Anda.Mulai Menulis Huruf Putus-Putus
  9. Sekarang seharusnya Anda sudah berhasil menulis huruf putus-putus di Word.Huruf Putus-Putus untuk Belajar Anak PAUD dan TK Selesai Dibuat
  10. Selamat mencoba.
Mau belajar mengemudi ? Coba gunakan aplikasi terbaik belajar mengemudi Android ini.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang bagaimana cara menulis huruf putus-putus di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.