Bingung mencari Hand Sanitizer ? Ikuti Cara Membuat Hand Sanitizer versi WHO
Tips & Trik

Cara Buat Sendiri Hand Sanitizer di Rumah

Beberapa waktu belakangan ini masyarakat dunia diributkan dengan ditemukannya virus baru yakni COVID 19 atau yang lebih dikenal sebagai corona virus oleh kebanyakan masyarakat.

Sejak ditemukan di Wuhan, China pada bulan Desember tahun lalu, virus ini mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, kita semua kembali dihimbau untuk membiasakan hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau kalau terpaksa kita bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti sabun untuk sementara.

Belakangan diketahui, karena maraknya hal ini persediaan hand sanitizer di pasaran menipis dan juga harganya sedikit melonjak. Untuk itu WHO dan berbagai kelompok atau perseorangan lainnya, telah memberikan resep formula untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Nah, berdasarkan beberapa sumber tersebut, saya akan memberitahu cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Alat Hand Sanitizer  Made Home

Alat Membuat Hand Sanitizer
Alat Membuat Hand Sanitizer

Untuk membuat Hand Sanitizer dirumah kita membutuhkan beberapa alat, antara lain :

  1. Wadah untuk mencampur bahan – bahannya.
  2. Sendok pengaduk.
  3. Gelas ukur.
  4. Botol penyemprot untuk tempat hand sanitizer.
  5. Sarung tangan.

Bahan Hand Sanitizer Made Home

Bahan Membuat Hand Sanitizer
Bahan Membuat Hand Sanitizer

Selain alat-alat diatas, kita juga membutuhkan beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatan hand sanitizer, seperti berikut:

  • Alkohol 70% sebanyak 300 ml. Selain yang 70% kamu juga bisa menggunakan yang 80% atau 90%. Alkohol ini dapat membunuh bakteri dan kuman, tapi tidak dapat membunuh virus. Selain itu, alkohol dapat membuat kulit terasa kering.
  • Glycerin sebanyak 5 ml. Glycerin ini merupakan bahan kimia yang sering dipakai dalam pembuatan skin care. Gunanya dalam pembuatan hand sanitizer adalah agar nantinya hand sanitizer-nya tidak terasa terlalu kering di kulit.
  • Hydrogen Peroxide 3% sebanyak 15 ml. Kamu bisa mendapatkan hydrogen peroxide di toko online seharga sekitar 3.000 – 8.000 rupiah sebanyak 100 ml. Hydrogen peroxide berguna untuk membunuh mikro-organisme yang ada saat meracik hand sanitizer.

Langkah Membuat Hand Sanitizer

Langkah Membuat Hand Sanitizer di Rumah
Langkah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Nah, cara membuatnya cukup gampang. Tapi sebelum itu jangan lupa menggunakan sarung tangan, ya. Berikut adalah step by step untuk membuat hand sanitizer sendiri dirumah :

  1. Tuang semua bahan tersebut dalam sebuah wadah yang sebelumnya sudah kamu siapkan.
  2. Aduk hingga merata. Jika sudah teraduk rata, kamu bisa menuangnya ke dalam botol semprot dan siap untuk digunakan.
  3. Perlu untuk diketahui, kalau hand sanitizer ini tidak bisa membersihkan tangan lebih baik dibandingkan menggunakan sabun cuci tangan dan air.
  4. Hand sanitizer hanya membunuh bakteri – bakteri saja, bukan virus. Jadi cukup gunakanlah hand sanitizer saat sedang di luar rumah saja, dimana tidak ada sabun dan air untuk dipakai mencuci tangan.

Gimana mudah bukan ? Kita bisa memproduksinya sendiri dan tentu sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan dan WHO mengenai hand sanitizer. Selain itu, kamu juga dapat menghemat kantong dan tidak perlu bingung mencari hand sanitizer di apotik.

Karena saat ini hand sanitizer dan masker saat ini sedang langka dan ada beberapa oknum yang memanfaatkan keadaan ini dengan menaikkan harganya. Jadi lakukan terus PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) serta ikuti petunjuk dari pemerintah terkait penanganan virus COVID-19 ini.

Sumber Artikel

Tutorial pada artikel ini diambil dari 2 sumber yang terpercaya. Dan berikut akan kami sisipkan sumber tersebut :

Video dari PaprikaLiving Magazine

Dokumen dari WHO

Klik Disini untuk Download

Terima kasih dan semoga bermanfaat….

Mahardika Dewi

Saya alumi dari Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Indonesia. Saya paling suka dengan bacaan cerita dan gemar menonton film.

Tuliskan Komentar

avatar
500
  Subscribe  
Notify of
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker