Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Cek Infrared di HP Android

Sebelum berevolusi menjadi smartphone, HP jaman dulu dibekali dengan infrared untuk mengirim data. Meski termasuk fitur jadul, infrared masih banyak disematkan pada smartphone baru lho.

Tentu saja infrared di smartphone Android terbaru tidak bisa diandalkan untuk mengirim file karena ada bluetooth versi baru dan beberapa aplikasi transfer file via WiFi yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan infrared.

Lantas apa kegunaan dari infrared di smartphone Android baru? Infrared bisa digunakan sebagai pengganti remote TV baik tv jadul maupun Smart TV, AC dan perangkat lainnya yang menggunakan remote.

Cara Mudah Cek Infrared di Android

Tidak semua smartphone Android mendukung fitur infrared. Maka dari itu kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah ada fitur infrared dalam smartphone kalian, seperti ini caranya.

1. Menggunakan Kode Dial

Dalam smartphone Android ada kodi dial khusus yang bisa membantu kita untuk membuka fitur rahasia. Bukan hanya cek IMEI, atau mengunci jaringan 4G saja, ada juga kode dial rahasia yang bisa dimanfaatkan untuk cek infrared di Android.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Kode rahasia untuk mengecek infrared di Android yang kami gunakan adalah *#0*#, kode knj bisa digunakan pada smartphone Oppo, Asus, Samsung, Lenovo dan juga Vivo.

  1. Silahkan buka menu telepon terlebih dahulu.
  2. lalu ketikkan *#0*#Kode Dial Up untuk General Test Menu
  3. Nantinga kalian akan dialihkan ke “General Test Menu” ada banyak sekali menu-menu yang ada disini.
  4. Silahkan cari fitur bernama “IR LED”.Untuk Cek Infrared, Pilih IR LED
  5. jika terdapat fitur tersebut bisa dipastikan smartphone kalian mendukung fitur infrared, jika tidak ada berarti smartphone kalian tidak dilengkapi dengan fitur Infrared.
  6. Selesai.
Pengguna Realme, wajib tahu kode rahasia untuk HP Realme.

2. Menggunakan IR Test

Adakalanya kode dial rahasia *#0*# tidak bekerja di smartphone tertentu. Jika ini terjadi pada kalian, tenang, karena kalian bisa mengecek infrared di Android dengan bantuan aplikasi bernama IR Test.

    1. Silahkan buka Google Play, cari dan install “IR Test”, atau kalian bisa meng-install nya melalui link dibawah ini.
      IR Test
      IR Test
      Price: Free
    2. Jika sudah ter-install, kalian bisa menjalankan aplikasi nya.
    3. Setelah “IR Test” terbuka, aplikasi ini akan melakukan pengecekan secara otomatis. IR Test sedang melakukan pengecekan
    4. Tidak lama kemudian, akan muncul informasi apakah smartphone Android kalian mendukung fitur infrared atau tidak. Cek Infrared Android
    5. Selesai.
Mau kode IMEI untuk HP Oppo ? Ikuti cara cek IMEi Oppo 100% akurat.

Akhir Kata

Sangat mudah itulah kesan ketika menyimak cara cek infrared di Android yang dibahas kali ini. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.