Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Cek ROM HP Xiaomi

Xiaomi dikenal sebagai salah satu pabrikan smartphone ternama yang jadi idola di Indonesia. Brand yang identik dengan warna oranye ini sudah menjajal pasar gadget tanah air sejak tahun 2014 lalu.

Setelah 7 tahun berselang, Xiaomi masih tetap mendominasi pasar gadget tanah air dengan produk-produknya. Meski sudah beredar secara resmi, tidak jarang juga orang Indonesia yang membeli HP Xiaomi dengan garansi tidak resmi.

Alasannya, HP Xiaomi dengan garansi tidak resmi harganya lebih murah. Hal ini dikarenakan HP Xiaomi semacam ini dipasok ke Indonesia secara ilegal.

HP Xiaomi ilegal tentu berbeda dengan Xiaomi original. Perbedaan ini terjadi pada ROM-nya, dimana HP Xiaomi ilegal menggunakan ROM abal-abal.

Maka dari itu, teman-teman yang ingin membeli HP Xiaomi terutama bekas atau seken, pastikan untuk mengecek ROM HP Xiaomi sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Jenis-jenis ROM HP Xiaomi

Untuk cara cek ROM Xiaomi sebenarnya sangat mudah sekali. Sebelum mencontohkan bagaimana cara melakukannya, mari kita ketahui dahulu jenis-jenis ROM HP Xiaomi.

1.1. ROM Xiaomi Original

Xiaomi membekali smartphone resminya dengan ROM Xiaomi original. ROM original HP Xiaomi ini terdiri dari dua macam yaitu ROM China dan ROM Global.

ROM Xiaomi original memiliki dua pilihan bahasa saja yaitu China dan Inggris. Biasanya ROM cina tidak dibekali dengan satupun aplikasi Google.

Apabila kalian melakukan pengecekan pada menu pengaturan, terdapat informasi kode negara “CN”.

1.2. ROM Xiaomi Global Original

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. ROM Xiaomi original memiliki dua macam, salah satunya ROM Xiaomi Global Original.

ROM Xiaomi Global Original sudah dibekali dengan aplikasi Google seperti Layanan Google, Google Play, Gmail, YouTube, Google Drive dan lain sebagainya.

ROM Xiaomi yang sudah dibekali dengan Playstore ini juga memiliki banyak sekali pilihan bahasa termasuk bahasa Indonesia.

1.3. ROM Xiaomi China Developer

Selain kedua jenis ROM Xiaomi diatas, masih ada juga ROM Xiaomi China Developer. ROM ini berstatus Beta, jadi bisa dipastikan bahwa ROM yang satu ini adalah ROM ujicoba.

Bisa dibilang ROM ujicoba ini punya karakteristik yang mirip sekali dengan ROM Xiaomi China. Selain UI nya mirip, kedua ROM ini juga sama-sama tidak dibekali dengan aplikasi Google.

ROM Xiaomi China Developer sangat cepat dalam mendapatkan update. Tidak heran rasanya, karena ROM ini masih dalam tahap pengembangan.

1.4. ROM Xiaomi Global Developer

ROM Xiaomi Global Developer tampil mirip dengan ROM Xiaomi Global. Kedua jenis ROM ini sama-sama dibekali dengan aplikasi Google lengkap, jadi kalian tidak harus meng-install gapps installer lagi.

ROM Xiaomi Global Developer juga dibekali dengan pilihan bahasa yang banyak. Seharusnya kalian tidak akan mengalami kendala bahasa karena tersedia bahasa Indonesia.

Berhubung statusnya masih beta, ROM ini seringkali mendapat update. Jadi jangan tunda-tunda mengupdate jika menerima notifikasinya.

1.5. ROM Xiaomi Ilegal

Bisa dibilang ROM Xiaomi Ilegal sangat mirip sekali dengan ROM Xiaomi original. Tidak heran jika banyak sekali orang yang tidak menyadarinya.

ROM Xiaomi Ilegal biasanya memiliki 4 titik pada kode versi MIUI. Biasamya sering tiba tiba muncul iklan pada saat di gunakan. ROM ilegal juga Tidak mendapatkan update versi MIUI.

HP Xiaomi kamu tidak bisa digunakan untuk telepon? Inilah penyebab dan cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa telepon.

2. Cara Cek ROM Xiaomi

Sudah tau kan jenis ROM Xiaomi? Jika sudah tau, mari kita lanjutkan dengan membahas bagaimana cara cek ROM Xiaomi berikut ini:

  1. Yang pertama kalian harus lakukan adalah membuka menu “Pengaturan” Terlebih dahulu.
  2. Silahkan gulir sampah ke halaman paling bawah lalu pilihlah menu “Tentang Ponsel” atau “About Phone”.
  3. Silahkan perhatikan “Versi MIUI”.
  4. Jika versi MIUI kalian terdiri dari 4 digit angka bisa dipastikan ROM yang digunakan adalah original
  5. Sementara itu jika versi MIUI lebih dari 6 digit angka, bisa dipastikan ROM tersebut adalah ilegal.
  6. Selesai.
Cari seri HP Xiaomi yang didukung kamera terbaik? Simak refrensi terbaru untuk HP Xiaomi kamera terbaik.

Akhir Kata

Mudah sekali kan caranya? Jika ROM pada HP Xiaomi yang kalian gunakan adalah ilegal. Silahkan ganti ke ROM Xiaomi original supaya terbebas dari iklan yang menganggu dan bisa mendapatkan update terbaru.

Demikianlah adalah cara cek ROM Xiaomi beserta penjelasan tentang jenis ROM yang biasanya digunakan pada HP Xiaomi sudah dibahas dengan lengkap. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel menarik lainnya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.