Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Install Gcam Tanpa Root di Meizu M6

Google merilis banyak sekali aplikasi untuk HP Android. Selain aplikasi yang berkaitan dengan layanan Google, ada juga aplikasi Gcamera yang menyita banyak perhatian para pengguna Android.

Hadirnya Gcamera bisa jadi solusi untuk teman-teman yang suka fotografi menggunakan smartphone. Karena ada banyak sekali fitur tambahan yang tidak bisa kalian temukan di aplikasi kamera bawaan.

Gcam bisa diinstall di smartphone Android 7+. Meski sudah memenuhi spesifikasi, terkadang ada juga smartphone yang tidak bisa menginstal aplikasi gcam langsung melalui Google.

Contohnya seperti HP Meizu M6 yang saya gunakan ini. Meski menggunakan OS Android Nougat, saya tidak bisa menginstal gcam melalui Google Play.

Sebenarnya ada cara pintas yang bisa dijadikan solusi. Tapi rata-rata memerlukan akses root, jadi saya urung melakukannya karena di HP ini sudah terinstall aplikasi digital wallet yang tidak bisa dijalankan di smartphone yang sudah di root.

Setelah mencari solusi kesana-kemari, akhirnya ada cara meng-install Gcam tanpa root di HP Meizu M6. Selain bisa dipraktekkan di Meizu M6, tutorial ini juga bisa dipraktekkan pada HP lainnya.

Cara Install Gcam Tanpa Root di Meizu M6

Pengen tau kan gimana caranya? Untuk tau bagaimana caranya, silahkan simak kelanjutan dari artikel yang sedang kalian baca ini, tersedia juga screenshot yang bisa membantu kalian untuk mengerti penjelasan langkah-langkahnya.

1. Aktifkan Dulu Sumber Tidak Dikenal

Berhubung aplikasi Gcam yang akan diinstall tidak berasal dari Google Play. Kalian harus mengaktifkan sumber tidak dikenal terlebih dahulu. Lebih detailnya, simak penjelasan berikut ini:

  1. Langkah pertama teman-teman harus membuka menu “Pengaturan”.
  2. Jika sudah terbuka, langsung Scroll kebawah lalu silahkan tap “Fingerprint, Password & Security” ini.
  3. Selanjutnya kalian harus scroll hingga paling bawah, disitu kalian bisa mengaktifkan “Unknown Source”.
  4. Selamat kalian sudah berhasil mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal.
  5. Selesai.

2. Download Aplikasi Gcam

Setelah berhasil mengaktifkan sumber tidak dikenal, selanjutnya teman-teman harus men-download aplikasi gcam yang akan diinstall.

Aplikasi gcam ini disediakan oleh ApkMirror. Untuk tau bagaimana cara mendownloadnya, kalian bisa lihat tutorial berikut ini:

  1. Buka dahulu aplikasi browser, lalu silahkan klik link ini.
  2. Tidak lama kemudian, kalian akan melihat halaman download Gcam, scroll kebawah.
  3. Seperti yang kalian lihat, ada tombol download berwarna biru, silahkan di klik.
  4. Harap sabar, ApkMirror sedang menyiapkan link download Gcam yang kalian inginkan.
  5. Sudah muncul notifikasi download, harap bersabar untuk menunggu hingga download selesai.

 

3. Cara Install Gcam di Meizu M6

Setelah aplikasi Gcam berhasil didownload. Selanjutnya kalian bisa melakukan penginstalan, meski terdengar mudah, tidak jarang juga ada pembaca yang belum tau bagaimana cara melakukannya.

  1. Silahkan buka aplikasi file manager andalan masing-masing, kali ini saya menggunakan aplikasi file manager bawaan HP Meizu.
  2. Setelah berhasil terbuka, langsung saja tap “APK”.
  3. Seperti yang kalian lihat, File apk Gcam yang sudah didownload berada paling atas, silahkan di tap.
  4. Lanjutkan dengan cara men-tap “Continue”.
  5. Tunggulah hingga proses penginstalan selesai.
  6. Selamat kalian sudah berhasil menginstal aplikasi Gcam.

Akhir Kata

Setelah menginstal aplikasi Gcam selanjutnya kalian bisa langsung menggunakannya. Semua fitur dalam aplikasi Gcam ini bisa kalian gunakan tanpa akses root, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.