Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Tips & Trik

Cara Install Microsoft Office 2016 (+Link Download)

Bagaimana cara install Microsoft Office 2016? Berbicara tentang Ms. Office, pikiran kita pasti tertuju pada Microsoft.

Perusahaan ini memang sangat mementingkan inovasi sehingga Microsoft selalu berbenah diri dan selalu mengeluarkan hal-hal baru. Salah satunya adalah dengan terus mengupdate versi dari Microsoft Office.

Sekadar informasi bahwa Microsoft Office merupakan aplikasi perkantoran yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Jumlah orang yang menggunakan Microsoft Office sangat banyak dan tersebar di berbagai penjuru dunia, baik yang menggunakan Microsoft Office versi lama maupun versi baru.

Pada 22 September 2015, Microsoft memperkenalkan versi terbaru dari Ms. Office yang mereka beri nama Microsoft Office 2016.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Tentu saja aplikasi ini menawarkan banyak fitur dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu Microsoft Office 2013. Ketika pertama kali diperkenalkan, software ini langsung mendapatkan banyak tanggapan positif.

Keunggulan Microsoft Office 2016

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan dari Microsoft Office 2016 dibandingkan versi sebelumnya?

Salah satu yang menjadi keunggulannya adalah Microsoft Office 2016 sudah menyediakan layanan Skype in App integration.

Fitur tersebut membuat pengguna bisa melakukan screen share, chatting, talk, video talk secara online langsung dari dokumen yang dikerjakan.

Selain itu, Microsoft Office 2016 juga sudah dilengkapi dengan fitur berupa One Drive for Bussiness. Dengan adanya fitur tersebut, maka Anda bisa merasakan seperti apa pengalaman baru dalam bekerja.

Ada juga fitur bernama built in intelligence. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Ada juga fitur bernama tell me. Fitur ini membantu Anda dalam menemukan fitur atau menu pada office.

Itulah beberapa fitur yang sekaligus menjadi keunggulan dari Microsoft Office 2016 dibandingkan versi sebelumnya. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.


Cara Install Microsoft Office 2016

Setelah mengetahui beberapa fitur yang dimiliki oleh Microsoft Office 2016, tentu membuat Anda tertarik dan ingin menggunakan fitur tersebut.

Akan tetapi, ada hal sebelumnya yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus menginstall Microsoft Office 2016 baru Anda bisa menggunakan fitur-fiturnya.

Di bawah ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara install Microsoft Office 2016 dengan benar. Jadi, silakan simak penjelasan kami di bawah ini.

  1. Pertama, silakan Anda mendownload aplikasi Microsoft Office 2016 terlebih dahulu. Ada banyak website yang menyediakan link untuk mengunduh aplikasi tersebut.
    ⬇️ Link Download Office 2016 versi 32-bit | ⬇️ Link Download Office 2016 versi 64-bit
  2. Jika Anda berhasil mengunduh, maka tinggal tunggu proses unduhan selesai. Ini akan memakan waktu yang cukup lama karena file yang Anda unduh berukuran besar. Jadi, pastikan Anda berada di tempat dengan koneksi internet yang stabil dan cepat.
  3. Setelah unduhan selesai, silakan buka file unduhan Anda tersebut. Jika Anda mendapati bahwa software yang Anda unduh berbentuk RAR, maka silakan mengekstraknya terlebih dahulu.Ekstrak File Unduhan Office 2016
  4. Jika berbentuk ISO, maka silakan melakukan mount menggunakan aplikasi seperti Power ISO.
  5. Setelah proses mount selesai, maka Anda tinggal mencari file AUTORUN.exe. Klik dua kali file tersebut atau bisa juga dengan mengklik kanan lalu pilih Run as administrator.Jalankan Autorun
  6. Kemudian akan muncul tampilan baru bertuliskan Office.
  7. Bahasanya masih bukan menggunakan bahasa Inggris jadi Anda harus mengubahnya ke bahasa Inggris dengan mengklik tulisan Eng seperti pada gambar di bawah ini:Klik ENG
  8. Langkah selanjunya, silakan hilangkan centang pada tulisan Activate Office after installation (auto) dan Install Update.Uncheck 2 Opsi
  9. Selanjutnya klik Start Installation.Klik Start Installation
  10. Klik Install Now dan biarkan proses instalasi Microsoft Office 2016 berlangsung.Klik Install Now
  11. Tunggu beberapa saat sampai proses intallasi seleasi karena memerlukan waktu yang cukup lama tergantung spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan.Tunggu Proses Instal Office 2016
  12. Setelah proses intalasi selesai, sekarang Anda bisa membuka aplikasi Microsoft Office 2016.
  13. Anda bisa mencarinya di Start Menu dan ketikkan Microsoft dan pilih mana aplikasi Microsoft yang akan Anda gunakan, apakah Word, Excel, atau Power Point. Anda juga bisa menekukannya di Dekstop karena biasanya ikon Microsoft Word, Excel, dan lain-lain sudah muncul di sana.Microsoft Office Sudah Tersedia di Menu Start
  14. Selamat mencoba.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara install Microsoft Office 2016. Seperti yang Anda lihat bahwa proses intalasinya tidak sulit asalkan Anda mengikuti dan paham setiap langkah instalasinya. Sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office 2016 sesuai dengan keinginan Anda.


Minimum Requirement Office 2016

Selain memahami langkah-langkah tersebut, sebenarnya ada hal lain yang tidak kalah penting yang juga harus Anda pahami.

Yang harus Anda pahami adalah memahami spesifikasi minimal perangkat yang bisa diinstall Ms. Office 2016.

Memahami informasi ini sangat penting agar Anda bisa menyesuaikan apakah PC atau laptop yang Anda miliki sekarang bisa diinstall Office 2016 atau tidak. Adapun spesifikasi minimalnya yaitu:

  • Sistem operasi : Windows 7 atau yang lebih baru
  • CPU: 1 GHz
  • RAM: 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit
  • Harddisk: 3 GB
  • Display: 1024 x 768

Spesifikasi di atas merupakan spesifikasi minimal. Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki perangkat dengan spesifikasi di atasnya. Tujuannya agar selama proses intalasi tidak lemot, terlebih lagi ketika Anda menggunakan Office 2016, komputer Anda mampu menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Semoga bermanfaat.


Kesimpulan

Semoga informasi di atas bermanfaat. Kesimpulannya, cara install Microsoft Office 2016 tidak sulit. Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Selain fitur-fitur yang kolaboratif, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang membantu meningkatkan produktivitas penggunanya.

Salah satunya adalah fitur Tell Me. Dengan fitur ini, Anda cukup menyebutkan ingin masuk ke menu yang mana.

Dibandingkan harus mengetiknya dan mungkin saja pada waktu itu Anda belum tahu letak menu atau pengaturan yang ingin Anda cari. Dengan adanya Tell Me, cukup ucapkan menu dan aplikasi Ms. Office akan menjalankan perintah sesuai keinginan Anda.

Dengan semua kelebihan yang ada pada Ms. Office, tidak heran jika aplikasi ini masih mengungguli para pesaingnya seperti WPS Office, LibreOffice, OnlyOffice, Polaris Office, dan aplikasi lain dengan fungsi yang sama.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.