Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Matikan HP Tanpa Tombol Power

Barang elektronik seperti smartphone memiliki usia pakainya tersendiri. Oleh karena itu seiring bertambahnya usia pakai, performa smartphone akan mulai menurun atau bahkan bisa mengalami kerusakan.

Kerusakan pada smartphone bermacam-macam, bisa kerusakan ringan, bisa juga terjadi kerusakan parah hingga akhirnya membuat smartphone tidak bisa digunakan lagi.

Salah satu bagian dalam smartphone yang rawan rusak adalah tombol power. Selain berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan smartphone, tombol ini juga berfungsi untuk membuka dan mengunci layar smartphone.

Karena sering digunakan, tombol power lebih rentan rusak dibandingkan dengan tombol Volume Up dan Down yang lebih jarang digunakan.

Mungkin juga bisa karena usia pakai yang sudah sangat lama, rusaknya tombol power juga bisa diakibatkan oleh faktor lainnya seperti pemakaian yang terlalu kasar, tombol power pernah terbentur benda keras atau cover tombol power hilang.

Saat tombol power rusak, tentu smartphone tidak akan nyaman untuk digunakan. Kalian akan mengalami kesulitan untuk mematikan dan menghidupkan lagi smartphone kesayangan.

Jika kejadian rusaknya tombol power terjadi pada HP dengan baterai removable, kalian hanya perlu membuka baterai untuk mematikan HP.

Tapi jika HP terjadi pada HP dengan baterai non-removable, sulit sekali rasanya untuk menonaktifkan atau menghidupkan HP tanpa tombol power kecuali menunggu sampai baterainya habis.

Cara Mematikan HP Tanpa Tombol Power

Jika belum ada dana untuk memperbaiki tombol power HP yang rusak, kalian bisa mencoba beberapa tutorial cara mematikan HP tanpa tombol power yang akan saya jelaskan dibawah ini.

1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Dalam HP Android ada banyak sekali fitur yang jarang digunakan oleh para penggunanya. Fitur yang dibutuhkan untuk mematikan HP tanpa tombol power bernama “Jadwal aktif dan non-aktif”.

Fitur ini bisa kalian temukan dalam menu pengaturan. Masih belum pernah menggunakan fitur ini? Silahkan simak caranya berikut ini:

  1. Silahkan buka menu “Pengaturan” dalam smartphone Android yang kalian miliki.
  2. Lalu silahkan scroll dan cari menu bernama “Jadwal aktif dan non-aktif”, jika sudah ketemu silahkan tap.
  3. Setelah itu kalian akan melihat menu seperti ini silahkan ceklist lalu atur “Nyalakan” terlebih dahulu.
  4. Atur jam berapa kalian akan menghidupkan kembali smartphone. Jika sudah silahkan tap “Selesai”.
  5. Selanjutnya kalian harus mengatur jam berapa HP akan dimatikan secara otomatis, jika sudah selesai langsung saja tap “Selesai”.
  6. Silahkan kembali ke home, lalu tunggulah, HP akan mati dan hidup secara otomatis seperti yang kalian inginkan.
  7. Selesai.
Catatan: Bisa terjadi perbedaan langkah-langkah, karena tidak semua smartphone menu nya sama persis.

2. Menggunakan Benda Tambahan

Jika tombol power HP kalian tidak berfungsi dikarenakan cover tombol power nya yang hilang. Teman-teman bisa memanfaatkan beberapa benda yang bisa membantu.

Benda yang dimaksud bisa berupa kartu ATM, Kartu SIM, Lidi, Tusuk gigi atau benda lain yang bisa membantu kalian untuk menjangkau karet tombol power.

Cara ini sangat efektif dengan catatan hanya cover tombolnya saja yang hilang. Jika tidak work, sudah bisa dipastikan tombol power kalian mengalami kerusakan dan harus diserahkan kepada tukang servis HP langganan.


Cara Mematikan Layar HP Tanpa Tombol Power

Seperti yang diketahui, tombol power juga berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan layar HP android. Jika tombolnya rusak, kalian harus sedikit bersabar untuk menunggu layar HP mati sendiri.

Tapi jika tidak ingin ribet, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi yang kalian butuhkan bernama Power Button To Volume Button, kalian bisa mendownloadnya melalui Google Play.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali. Apabila kalian memerlukan panduan, silahkan ikuti petunjuknya berikut ini.

  1. Silahkan install terlebih dahulu aplikasi Power Button To Volume melalui Google Play atau kalian bisa mengklik tombol dibawah ini untuk meng-install nya.
    Power Button to Volume Button
    Power Button to Volume Button
    Developer: TeliApp
    Price: Free
  2. Setelah itu, kalian akan melihat tampilan dari aplikasi ini, silahkan “Enable” terlebih dahulu.
  3. Setelah Aplikasi ini berhasil di Enable, Ceklis kedua menu “Boot” dan “Screen Off”.
  4. Akan muncul ijin administrator aplikasi, langsung saja “Allow“.
  5. Silahkan restart HP kalian, setelah itu kalian bisa mematikan dan menghidupkan layar HP menggunakan tombol volume.
  6. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah cara mematikan HP tanpa tombol yang bikin kalian mampir ke SurgaTekno. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa membantu kalian semua.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.