Patuhi protokol kesehatan saat keluar rumah dengan membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Bersama Indonesia bebas COVID-19.
Tips & Trik

Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik dan Solusi Ketika Lupa Kodenya

Bagaimana cara melihat kode registrasi dapodik? Kode registrasi dapodik adalah ‘kunci’ yang digunakan untuk memuat data sekolah. Kode ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kode ini diperuntukkan bagi sekolah yang memang sudah terdaftar di PDSP-K serta mempunyai NPSN.

Kode registrasi bersifat unik. Artinya, antara sekolah yang satu dengan sekolah lain pastinya memiliki kode registrasi yang berbeda. Beberapa manfaat adanya kode registrasi dapodik adalah sebagai berikut:

  • Kode registrasi digunakan ketika Anda ingin mendownload data prefill dapodik atau rapor.
  • Kode registrasi digunakan ketika Anda ingin melakukan instalasi dapodik atau registrasi baik secara online maupun offline.
  • Kode registrasi dapodik juga digunakan ketika Anda hendak melakukan sinkronisasi.
  • Kode registrasi dapodik digunakan untuk melihat data individu sekolah.

Apa Saja Syarat Untuk Memperoleh Kode Registrasi Dapodik?

Lalu kira-kira apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan kode registrasi dapodik? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, silakan Anda simak informasi yang akan kami bagikan di bawah ini:

  • Sekolah yang bersangkutan harus sudah mempunyai NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
  • Operator sekolah nantinya akan melakukan registrasi atau mendaftar ke alamat http://sdm.data.kemendikbud.go.id dan nantinya harus melampirkan SK penugasan operator sekolah. File yang dilampirkan tersebut harus dalam format PDF.

Apakah Kode Registrasi Bisa Berubah dan Bisa Diubah?

Pertanyaan seperti ini pun terkadang muncul. Perlu Anda tahu bahwa secara default, kode registrasi sekolah tidak berubah.

Akan tetapi, jika Anda ingin mengubah kode tersebut dengan alasan yang berkaitan dengan keamanan, maka kode tersebut bisa diubah asalkan memahami prosedurnya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Jika ingin mengubah kode registrasi, bisa dilakukan langsung di Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten terkait.

Selain itu, diharapkan agar hati-hati pada saat mereset kode registrasi karena ketika Anda memasukkan kode registrasi lama maka sudah pasti kode yang Anda masukkan akan langsung ditolak ketika nanti proses sinkronisasi.

Bagaimana Cara Melihat Kode Registrasi Dapodik?

Setelah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan dapodik, informasi selanjutnya yang akan kami bagikan adalah bagaimana cara melaihat kode registrasi dapodik.

Kode Registrasi Dapodik
Kode Registrasi Dapodik

Untuk itu, silakan Anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami bagikan di bawah ini.

  1. Pertama, silakan buka browser. Anda bisa menggunakan Mozilla, Google Chrome, maupun browser lainnya.
  2. Kedua, silakan Anda ketikkan alamat http://sdm.data.kemendikbud.go.id/
  3. Ketiga, Anda akan diminta untuk memasukkan email. Pastikan alamat email yang Anda gunakan merupakan alamat email yang sebelumnya sudah didaftarkan di aplikasi dapodik lengkap dengan passwordnya.
  4. Keempat, setelah Anda klik akun Anda tersebut, sekarang pilih Profil.
  5. Kelima, klik pada Kode Registrasi yang ada di bawah foto Anda.

Sekadar tambahan informasi bahwa di situs ini nanti operator bisa mengganti password maupun melakukan update SK yaitu SK Operator. Setiap operator baru wajib memperbarui surat tugasnya setiap tahun atau setiap kali ada pergantian operator baru.

Bagaimana Jika Lupa Kode Registrasi?

Lalu bagaimana jika ternyata kita lupa kode registrasi tersebut? Anda tidak perlu panik karena sebenarnya Anda masih bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu Lupa Password. Setelah itu, Anda silakan masukkan email yang sudah terdaftar atau email yang Anda gunakan untuk login ke dapodik.

Cek Status Pendaftaran Dapodik
Cek Status Pendaftaran Dapodik

Seharusnya masalah lupa kode registrasi sekarang sudah bisa diatasi. Akan tetapi, ternyata cara tersebut masih belum berhasil sehingga Anda masih perlu melakukan tindaka lanjutan. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan solusinya.

  1. Silakan pilih menu mendaftar sebagai operator atau anggota baru.
  2. Kemudian Anda klik menu registrasi peserta dan pilih Operator sekolah.
  3. Silakan Anda sekarang melengkapi biodata yang diminta dan jangan lupa untuk memasukkan surat penugasan atau SK operator.
  4. Jika semuanya sudah lengkap, Anda bisa mengklik tombol Registrasi.
  5. Sekarang, admin akan mengecek biodata yang Anda masukkan sebelumnya termasuk berkas yang Anda lampirkan. Ingat, untuk SK dan tanda tangan yang dimasukkan harus yang asli dan bukan hasil fotocopy. Untuk waktu verifikasi atau pengecekan yang dilakukan admin biasanya memerlukan waktu 2 x 24 jam.
  6. Untuk mengetahui apakah permintaan Anda disetujui, silakan klik menu Status Pendaftaran.
  7. Masukkan email yang Anda daftarkan dan klik Cek.
  8. Jika sudah disetujui, maka Anda akan melihat status ‘Akun sudah aktif’.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Itulah pembahasan ketika Anda ingin melihat kode registrasi dan solusi ketika lupa kode registrasi. Semoga tutorial di atas dan semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.