Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

7 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android

Menyebalkan sekali memang saat melihat notifikasi memori internal penuh di smartphone kesayangan. Apalagi HP jadi lebih mudah panas dan lemot banget saat notifikasi ini muncul.

Memori internal wajib sekali untuk diperhatikan kapasitas nya. Supaya tidak ada kejadian HP mudah panas dan lemot, setidaknya kalian harus menyisakan 30% sisa dari kapasitas penyimpanan memori internal.

Memori internal bertugas untuk menyimpan data-data dalam smartphone. Biasanya memori bawaan HP ini menyimpan banyak data penting dari aplikasi dan game.

Tidak jarang juga ada kejadian dimana memori internal penuh padahal aplikasi sedikit. Hal ini disebabkan karena memori internal juga banyak diisi dengan file-file cache dan thumbnail foto.

Jika dibiarkan begitu saja, file sampah tersebut akan semakin menumpuk. Smartphone kalian pasti akan makin lemot dan tidak nyaman lagi untuk digunakan.

Saat hal ini terjadi, jangan terburu-buru untuk mengganti HP baru. Karena ternyata ada cara membersihkan memori internal hingga ke akar-akarnya yang bisa membuat HP kalian kembali cepat seperti baru.

Cara Membersihkan Memori Internal

Mau tau kan bagaimana cara untuk membersihkan memori internal dari cache dan file sampah lainnya? Simak lalu praktekkan beberapa langkah yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Mengosongkan Recycle Bin

Recycle bin adalah sebuah folder penyimpanan sementara yang ada di HP Android. Folder ini menyimpan foto dan video yang sudah dihapus selama 30 hari, lewat 30 hari file yang tersimpan akan terhapus secara otomatis.

Fitur recycle Bin tersedia di app Google Photo, fitur ini juga tersedia di aplikasi galeri bawaan smartphone seperti yang ada di HP Meizu, Oppo, Xiaomi dan sebagainya.

Fitur ini memang sangat membantu jika kalian menghapus foto penting secara tidak sengaja. Tapi jika kalian tidak mengosongkan folder ini, akan semakin banyak file yang tersimpan dan bisa membuat penyimpanan memori internal jadi sesak.

Oleh karena itu disarankan untuk mengecek Recycle Bin secara berkala. Jika tidak ada file penting yang terhapus, kosongkan hingga tak ada satupun yang tersisa.

  1. Pertama, kalian harus membuat menu “Galeri” bawaan HP.
  2. Setelah aplikasi galeri terbuka, kalian harus mengetik “Titik Tiga” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Muncul menu-menu seperti ini, silahakn untuk memilih menu “Recycle Bin”.
  4. Akan terlihat foto dan video yang tersimpan di Recycle Bin, silahkan tap “Clear”.
  5. Langah Terakhir Tap “Clear“.
  6. Selesai.

2. Menghapus Cache

Cache juga bisa menjadi penyebab kenapa memori internal kalian penuh. Jadi kalian harus menghapus semua cache agar Memori Internal kembali lega seperti semula.

Tidaklah sulit untik menghapus cache, karena kini ada banyak sekali aplikasi cachel cleaner yang bisa membantu kalian.

Butuh rekomendasi aplikasi cache cleaner terbaik sekaligus tutorial bagaimana cara menggunakannya? Ikuti tutorialnya dibawah ini:

  1. Silahkan install aplikasi CCleaner melalui tombol dibawah ini. Setelah terinstall, langsung buka aplikasinya.
  2. Kalian akan melihat tampilan seperti ini, langsung saja tap “Get Started”.
  3. Langsung saja untuk men-tap “Continue With Ads”.
  4. Sampai disini, kalian harus men-tap “Start Here”.
  5. Selanjutnya kalian harus memilih “Give Us Access”.
  6. Nantinya kalian akan melihat permintaan akses penyimpanan, langsung saja “Allow”.
  7. Selanjutnya kalian akan melihat tampilan “App with Usage” seperti ini, silahkan pilih “Ccleaner” lalu “aktifkan”.
  8. Lalu kalian akan kembali ke menu ini, selanjutnya silahkan tap “Scan For Junk”.
  9. Harap bersabar untuk menunggu, Ccleaner sedang memindai cache dalam HP kalian.
  10. Jika pemindaian selesai, langsung saja tap “See Results”.
  11. Silahkan ceklist seperti yang terlihat di screenshot, saran saya jangan ceklis “App Data” ya. Setelah di ceklist langsung saja tap “Finish Cleaning”.
  12. Cache dalam HP kalian sudah berhasil dibersihkan.
  13. Selesai
Mau tampilkan file Hidden di Android? Ikuti tutorial cara memunculkan file Hidden di Android.

3. Menghapus File Sampah WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chatting terpopuler saat ini. Aplikasi yang bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi ini juga dikenal sebagai salah satu penyebab mengapa memori internal kalian jadi sesak.

Oleh karena itu kalian harus menghapus file sampah yang tidak berguna secara rutin. Cara menghapusnya beda dengan cara menghapus cache yang sudah dibahas sebelumnya. Lebih detailnya kalian bisa menyimak tutorial berikut ini:

  1. Silahkan download dan install aplikasi X-Plore terlebih dahulu melalui tautan dibawah ini, setelah itu langsung install ya.
    X-plore File Manager
    X-plore File Manager
    Developer: Lonely Cat Games
    Price: Free+
  2. Bukalah X-Plore, lalu tap Icon “Titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Muncul menu-menu seperti ini lalu pilihlah “Konfigurasi”.
  4. Silahkan ceklis “Tampilkan File Tersembunyi” lalu kembali ke menu utama.
  5. Silahkan buka “Memori Internal” lalu pilihlah folder “WhatsApp”.
  6. Kalian akan melihat banyak sekali folder, silahkan ceklist folder bernama “.Shared”, “.Thumbs” dan “.Trash”.
  7. Tap dan tahan selama beberapa detik hingga muncul menu seperti ini, lalu silahkan pilih “Hapus”.
  8. Kalian akan melihat tampilan seperti ini, jangan ceklist “Gunakan Keranjang Sampah”, langsung saja untuk tap “OK”.
  9. File sampah WhatsApp berhasil dihapus, silahkan cek Memori Internal kalian, pasti lebih banyak dibanding sebelumnya.
  10. Selesai.

4. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara membersihkan memori internal yang keempat gampang banget. Tapi Sebelumnya, kalian harus menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang banget kalian gunakan.

Setelah menyortir aplikasi yang tidak berguna, kalian bisa menghapus aplikasi tersebut melalui menu pengaturan. Dengan demikian kalian bisa menghemat memori internal lebih banyak lagi.


5. Memindahkan File ke Memori Eksternal

Suka mengoleksi banyak file seperti file musik, video dan foto? Jika demikian disarankan untuk menggunakan memori eksternal tambahan untuk menyimpan file-file yang kalian inginkan.

Tapi membeli kartu memori perlu ketelitian. Karena saat ini marak beredar kartu memori palsu yang kapasitasnya tidak sesuai dan mudah sekali rusak.

Saran saya, belilah kartu memori di toko gadget kepercayaan. Jika ingin jaminan 100% original, belilah kartu memori di market place official.

Kabar baiknya beberapa brand terkenal seperti Sandisk, V-Gen dan Lexar memiliki lapak official di Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Muncul pesan “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” saat menjalankan aplikasi di Android? Ikuti panduan cara mengatasi aplikasi berhenti di Android.

6. Memindahkan File Penting ke Penyimpanan Cloud

Jika masih kurang banyak, kalian juga bisa memanfaatkan layanan Cloud. Saat ini ada banyak sekali layanan penyimpanan online gratis yang bisa membantu kalian untuk menyimpan lebih banyak data secara online.

Contohnya seperti Google Drive, One Drive dan DropBox. Penyedia layanan Cloud yang saya sebutkan tadi memberikan layanan penyimpanan online gratis dengan kapal penyimpanan antara 5-8 GB, sangat mencukupi untuk menyimpan file penting kalian.

Memindahkan file dari HP ke Cloud gampang banget. Tidak jauh berbeda dengan meng-upload foto dan video ke media sosial, jadi kalian pasti bisa melakukannya dengan mudah.


7. Format Memori Internal

Langkah terakhir bisa kalian pilih jika memori internal tetap penuh meski sudah melakukan beberapa tutorial sebelumnya. Tapi perlu diingat, harap pastikan data penting di-backup terlebih dahulu ya.

Jika sudah memindahkan data penting, barulah kalian bisa memformat memori internal. Caranya gampang banget, kalian tidak memerlukan aplikasi tambahan.

  1. Pertama-tama, teman-teman harus membuka menu “Pengaturan”.
  2. Setelah itu lanjut dengan memilih menu “Storage and Backup” yang berada paling bawah.
  3. Selanjutnya pilihlah menu “Factory Data Reset”.
  4. Kemudian pilihlah menu “Format Internal Storage”.
  5. Langsung saja tap “Ok” lalu biarkan smartphone mengerjakan tugasnya.
  6. Selesai.
Mau hemat penggunaan paket data? Begini tips menghemat paket data di Android.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk membersihkan memori internal. Selanjutnya kalian bisa mempraktekkannya secara langsung. Terima kasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.