Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Tips & Trik

Cara Membobol WiFi dengan Laptop

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Saat ini mayoritas  penduduk di Indonesia sudah bisa mengakses internet.

Mereka menggunakan internet untuk berbagai macam kebutuhan seperti mengerjakan tugas, chatting, memesan makanan, streaming, dan masih banyak yang lainnya.

Berbagai aktivitas memang bisa kita dapatkan di internet. Salah satunya adalah informasi mengenai cara membobol WiFi. Tidak sedikit pengguna internet yang berusaha untuk menemukan cara bagaimana mengakses WiFi orang lain tanpa diketahui oleh orang tersebut.

Dengan begitu, kita bisa tersambung ke internet kapan saja sepuasnya sementara pemilik WiFi tidak mengetahuinya.

Kelebihan dan Kekurangan dari Membobol WiFi

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membobol WiFi, penting untuk mengetahui seperti apa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya tersebut? Berikut ini adalah jawabannya.

Kelebihan Membobol WiFi

  • Dapat mengakses internet gratis: kelebihan pertama adalah Anda bisa mengakses internet kapan saja sepuasnya. Anda bisa tersambung ke internet secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Tentu saja hal ini akan menekan pengeluaran Anda karena Anda tidak perlu menyiapkan dana untuk membeli kuota internet
  • Bisa mengunduh dan menggunggah apa saja: ketika Anda sudah tersambung ke internet, maka Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang Anda inginkan. Bahkan Anda bisa melakukan aktivitas seperti download dan upload file kapan saja asalkan Anda tersambung dengan jaringan internet

Kekurangan Membobol WiFi

Lalu sebenarnya apa yang menjadi kekurangan membobol  WiFi? Sebenarnya kekurangan yang kami jelaskan lebih mengarah kepada dampak negatif yang Anda dapatkan ketika membobol WiFi seseorang. Dampak negatif terbesar tentu saja Anda akan mendapatkan dosa. Hal ini karena Anda mengambil hak orang lain dengan sadar.


Bagaimana Cara Membobol WiFi dengan Laptop?

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin membobol WiFi menggunakan laptop.

Tenang saja karena cara yang kami bagikan merupakan cara yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan meskipun Anda baru pertama kali mencobanya asalkan Anda mengikuti setiap langkah-langkahnya dengan mempraktikkannya dengan benar.

1. Cara Membobol WiFi menggunakan CMD

Cara pertama yang akan kami bagikan adalah dengan menggunakan CMD. CMD merupakan singkatan dari Command Prompt yang merupakan aplikasi atau program bawaan Windows yang bisa Anda lakukan untuk melakukan berbagai perintah.

Untuk menjalankan perintah pada CMD, Anda harus mengetiknya secara manual. Aplikasi bawaan Windows ini berbasis Text User Interface (TUI). Itu artinya, semua tampilannya berupa teks dan tidak ada gambar sama sekali.

CMD merupakan salah satu media yang bisa Anda gunakan untuk membobol WiFi. Melalui CMD inilah Anda bisa mengetahui password WiFi yang pernah terhubung ke komputer atau laptop Anda. lalu bagaimana caranya? Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap kepada Anda.

  1. Pertama, silakan Anda masuk ke CMD. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke CMD. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengetik nama CMD pada Start Menu. Anda hanya perlu mengetik CMD dan kemudian tekan Enter.
    Ketikkan Perintah netsh wlan show profiles - Cara Membobol WiFi dengan Laptop
    Ketikkan Perintah netsh wlan show profiles
  2. Kedua, setelah Anda berada di dalam tampilan CMD, maka Anda harus mengetikkan perintah netsh wlan show profiles. Kemudian Anda tekan Tunggu beberapa saat karena sistem CMD akan mulai menjalankan perintah yang sudah Anda ketik.
  3. Sekarang Anda bisa melihat apa saja nama atau SSID WiFi yang pernah tersambung ke laptop Anda.
    Tampil Semua Wi-Fi yang Terdeteksi - Cara Membobol WiFi dengan Laptop
    Tampil Semua Wi-Fi yang Terdeteksi
  4. Kemudian, Anda tinggal menentukan kira-kira mana WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya? Setelah Anda menentukan SSID WiFi tersebut, maka Anda harus mengetik perintah netsh wlan show profiles (Nama WiFi) key=clear. Misalnya kita ambil contoh SSID yang akan kita ketahui passwordnya adalah ANDRI seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, tekan Enter.
    Ketikan perintah untuk membobol Wi-Fi - Cara Membobol WiFi dengan Laptop
    Ketikan perintah untuk membobol Wi-Fi
  5. Jika berhasil, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah dengan melihat pada bagian Key Content. Di situ sudah tertera password WiFi tersebut.
    Profil Wi-Fi dan password sudah tampil - Cara Membobol WiFi dengan Laptop.j
    Profil Wi-Fi dan password sudah tampil
  6. Selamat mencoba.

2. Cara Membobol WiFi dengan Network and Internet

Klik Network & Internet - Cara Membobol WiFi dengan Laptop.j
Klik Network & Internet

Cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk membobol WiFi dengan laptop adalah melalui Network and Internet. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk laptop yang terinstal sistem operasi Windows. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Control Panel. Anda bisa masuk ke Start Menu – Settings lalu silakan memilih Network and Internet.
  2. Setelah itu, silakan pilih Ethernet dan buka menu Open Network and Sharing Center.
  3. Sekarang Anda akan melihat jaringan yang tersambung ke laptop Anda.
  4. Silakan mengklik pada WiFi yang tersambung – masuk ke Wireless Property dan pilih Security.
  5. Di sinilah Anda akan melihat adanya password WiFi yang berupa bintang atau dot. Silakan klik show agar password tersebut muncul dalam bentuk angka maupun huruf.

3. Cara Membobol WiFi dengan menggunakan Aplikasi Cain & Abel

Cara lain yang juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan password WiFi adalah dengan menggunakan aplikasi yang harus Anda download. Aplikasi tersebut bernama Cain & Abel.

Cain & Abel - Cara Membobol WiFi dengan Laptop.j
Cain & Abel

Aplikasi ini memang menjadi salah satu aplikasi hack WiFi yang cukup populer. Tidak sedikit orang yang menggunakannya dan membuktikan sendiri bahwa aplikasi ini mampu digunakan untuk membobol password WiFi.

Akan tetapi, untuk menggunakannya memang agak sedikit sulit. Meskipun begitu, Anda harus tetap mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini:

  1. Silakan Anda download aplikasi Cain & Abel terlebih dahulu (Klik untuk Download). Setelah berhasil Anda unduh, sekarang Anda instal aplikasi tersebut. cara instalasinya cukup mudah sehingga tidak akan menyulitkan Anda.
  2. Silakan jalankan aplikasi tersebut. Pada tampilan Cain & Abel, silakan mengklik Menu Configure.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan jendela Configuration Dialog. Selanjutnya pilih tab Sniffer.
  4. Langkah selanjutnya, Anda klik kanan lalu pilih Scan Mac Addresses. Tujuannya adalah untuk menscan alamat IP yang terhubung dengan WiFi.
  5. Jika proes scan telah selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan 1 alamat IP dan kemudian Anda harus mengklik tanda plus (+) yang berwarna biru di bagian atas.
  6. Setelah Anda mengklik tanda plus tersebut, maka Anda akan melihat tampilan dialog Mac Address Scanner. Anda harus memilih All Test lalu klik OK
  7. Kemudian, Anda pilih Tab APR yang letaknya ada di tab bawah.
  8. Sekarang seharusnya Anda sudah berada di dalam jendela APR. Klik kembali tanda plus (+) dan Anda akan melihat ada jendela baru New APR Poison Routing.
  9. Pilih IP Address pada sebelah kiri dan pilih kembali alamat IP yang letaknya ada di sebalah kanan. Kemudain klik OK.
  10. Sekarang, Anda harus mengklik tombol APR yang berwarna kuning. Sekarang proses poisoning akan berjalan. Anda tinggal menunggu sampai nanti pemilik WiFi tersebut masuk atau login ke situ http.
  11. Selanjutnya, Anda klik Tab Password di bagian bawah untuk mengetahui kata sandi atau password yang bisa Anda gunakan untuk terhubung ke jaringan internet. Tentunya proses ini bisa Anda lakukan setelah pemilik WiFi masuk atau login ke situs http.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang bagaimana cara membobol WiFi dengan laptop. Sebelum Anda mulai membobol WiFi, pastikan Anda memikirkan dampak negatif dan positif yang akan Anda peroleh terutama dampak negatifnya. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.