Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Membuat Jakevo STRP 2021

Pandemi Corona memang masih belum usai hingga sekarang. Oleh sebab itu pemerintah memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali.

Seperti kita ketahui bersama PPKM ini diberlakukan mulai tanggal 3 hingga nanti 20 Juli 2021 mendatang. Peraturan ini diharapkan bisa membantu untuk memutus penyebaran COVID-19.

Teman-teman yang berprofesi sebagai pekerja sektor esensial dan kritikal bisa berlega hati karena kalian masih tetap diperbolehkan untuk tidak melakukan work from home (WFH) selama pemberlakuan PPKM Darurat asalkan memiliki STRP.

Tak hanya pekerja sektor esensial dan Kritikal saja, perorangan dengan kebutuhan mendesak juga diperbolehkan untuk melakukan hal yang sama asal memiliki STRP.

1. Apa Itu Jakevo STRP ?

Sebelum mempraktekkan bagaimana cara Membuatnya, mari kita ketahui terlebih dahulu penjelasan tentang Jakevo STRP yang belakangan ini banyak dicari netizen.

Jakevo STRP adalah singkatan dari surat tanda registrasi pekerja. STRP wajib banget dibawa oleh pekerja di wilayah Jabodetabek yang tidak melakukan work from home selama pemberlakuan PPKM Darurat.

Alasan kenapa pemprov DKI Jakarta memberlakukan peraturan ini adalah untuk pengendalian mobilitas penduduk untuk keluar atau masuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam pemberlakuan PPKM Darurat.

Tidak semua orang boleh memiliki surat tanda registrasi pekerja ini. Karena STRP hanya berlaku untuk Pekerja Sektor Esensial dan Pekerja Sektor Kritikal

Masyarakat umum ternyata juga boleh melakukan pengurusan STRP asalkan diperlukan untuk kebutuhan mendesak, seperti ingin melakukan Kunjungan sakit, Kunjungan duka atau antar jenazah, Hamil atau bersalin dan Pendamping ibu hamil atau bersalin.


2. Syarat Pembuatan Jakevo STRP

Sudah tau kan penjelasan “Apa itu Jakevo STRP?” Sebelum membahas bagaimana cara membuatnya, mari kita ketahui dulu apa saja syarat yang diperlukan.

Syarat membuat Jakevo STRP pekerja dan perorangan dengan keperluan mendesak ternyata berbeda. Mau tau seperti apa? Silahkan langsung simak penjelasan nya dibawah ini.

2.1. Bagi Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal

Jika kalian berprofesi sebagai pekerja Sektor Esensial dan Kritikal, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi, diantaranya:

  1. KTP pemohon.
  2. Surat tugas dari perusahaan (rombongan dapat melampirkan nama, nomor KTP, foto, alamat tempat tinggal dan alamat yang dituju).
  3. Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).
  4. Foto 4X6 berwarna (rombongan wajib melampirkan dilampiran surat tugas).

2.2. Bagi Peroragan dengan Kebutuhan Mendesak

Sementara itu jika ingin mengurus STRP perorangan dengan kebutuhan mendesak, kalian harus menyiapkan beberapa persyaratan dibawah ini:

  1. KTP pemohon.
  2. Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).
  3. Foto 4X6 berwarna.
  4. Membawa surat pengantar bagi RT/RW.

3. Cara Membuat STRP Di Situs Jakevo DKI Jakarta

Sudah menyiapkan persyaratan yang diperlukan? Jika sudah kalian bisa langsung membuat STRP di situs Jakevo DKI Jakarta.

Cara membuat STRP sebenarnya gampang banget, jika kalian perlu panduan silahkan simak tutorialnya berikut ini :

  1. Pertama silahkan buka browser di smartphone atau PC kalian.
  2. Kemudian silahkan untuk mengunjungi situs
  3. Setelah situs ini terbuka, silahkan langsung tap tombol “Daftar” yang berwarna oranye.Gambar Langkah pertama - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  4. Isi setiap formulir mulai dari nama lengkap, email, password dan captcha dengan benar, lalu tap “Daftar”.Gambar Langkah kedua - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  5. Lalu silahkan buka aplikasi email untuk mengecek email dari Jakevo STRP.Gambar Langkah ketiga - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  6. Dalam email dari Jakevo ada link khusus, silahkan di klik ya.Gambar Langkah ketiga - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  7. Setelah itu silahkan login dengan email dan password kalian.Gambar Langkah keempat - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  8. Bersabarlah untuk menunggu, karena proses ini biasanya cukup lama.
  9. Silahkan isi kolom yang terlihat mulai dari NIK, No KK, Nama lengkap sesuai KTP dan lain sebagainya dengan benar, lalu tap Simpan.Gambar Langkah keenam - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  10. Kembali ke beranda Jakevo, lalu tap “Buat Permohonan Baru”.Gambar Langkah terkahir - Cara Membuat Jakevo STRP 2021
  11. Silahkan ikuti instruksi nya dengan benar hingga selesai.
  12. Selesai.

4. Cara Mengatasi Situs Jakevo STRP Error

Tidak jarang juga ada kasus dimana situs Jakevo STRP Error dan tidak dikunjungi. Nah jika sekarang situs ini sedang error kalian bisa mencoba beberapa tips dibawah ini :

  1. Gunakanlah aplikasi browser terbaik seperti Chrome, Opera dan Firefox.
  2. Cobalah untuk mengakses situs Jakevo STRP saat malam hari karena disiang hari situs ini terlalu banyak dikunjungi.
  3. Bersabarlah untuk menunggu tim melakukan perbaikan situs.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa topik bahasan menarik tentang Jakevo STRP yang belakangan ini banyak dicari oleh netizen. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.