Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

4 Cara untuk Membuka Situs yang Diblokir

Indonesia sekarang ini sudah menerapkan peraturan pemblokiran terhadap sejumlah situs-situs yang isinya mengandung hal negatif atau konten yang tidak sesuai dengan budaya masyarakat tanah air umumnya. Mulai dari konten dewasa, website yang berisi unduhan aplikasi game atau streaming film, sampai situs berita lainnya.

Alasan pemblokiran situs tersebut karena pemerintah Indonesia ingin masyarakatnya tidak terpengaruh dengan budaya negatif negara lain dan tetap menggunakan internet secara sehat. Kalau Anda tetap memaksa membukanya, maka halaman yang ingin dibuka akan teralih ke halaman Internet Sehat.

Namun, bukan berarti situs tersebut tidak bisa lagi Anda akses karena ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuka situs-situs tersebut. Penasaran? Simak artikelnya di bawah ini.

1. Menggunakan VPN

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu menggunakan VPN. VPN merupakan sistem yang fungsinya untuk menghubungkan 1 jaringan ke jaringan yang lainnya melalui IP address masing-masing.

Jika Anda menggunakannya, maka segala situs apapun bisa Anda buka secara bebas tanpa takut teralih ke halaman Internet Sehat. Cara ini bisa Anda pakai di laptop, PC, ataupun smartphone. Untuk memakainya, Anda membutuhkan aplikasi VPN tambahan yang untungnya tersedia secara gratis.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

2. Menggunakan SSH

Tidak hanya VPN, Anda juga dapat memakai SSH atau Secure Shell. Fungsi sistem tersebut adalah melindungi sebuah situs atau jaringan dari virus-virus nakal saat sedang terjadi proses pertukaran data. Dengan karakteristiknya yang mirip dengan VPN, SSH ini juga membutuhkan bantuan SSH Tunneling untuk melakukannya.

3. Menggunakan DNS

DNS atau Domain Name System yang memiliki tugas sebagai pengubah alamat IP ke bentuk alamat domain. Anda bisa memanfaatnya untuk membuka situs-situs yang terblokir secara bebas.

Anda yang menggunakan koneksi jaringan internet yang maksimal, ada baiknya kalau Anda memakai DNS 1.1.1.1. Alamat IP tersebut merupakan buatan dari Cloudfare serta APNIC yang sudah dipercaya memberikan jaringan internet super cepat hingga 14.8 ms.

4. Menggunakan Hosts System dari Windows

Berikut langkah untuk membuka website yang terblokir dari hosts system

  1. Download Notepad++ dan install
  2. Masuk ke folder C:\Windows\System32\drivers\etc
  3. Cari file hosts
  4. Right Click/ Klik kanan edit dengan/with Notepad++
  5. Cari IP Website yang anda ingin buka/unblokir (misalnya openload.co, IPnya 104.16.168.50)
  6. Masukkan IP beserta domainnya seperti dibawah ini

104.16.168.50 www.openload.co
104.16.168.50 openload.co

Lalu Save ( biasanya diminta untuk launch/open notepad++ in administrator mode klik saja yes )

Dan silahkan dicoba buka openload.co atau situs yang anda sudah tambahkan di file hosts Windows anda

Itulah beberapa cara dan tips yang paling mudah untuk membuka situs yang diblokir dan tidak bisa diakses oleh ISP Indonesia. Tapi tetaplah gunakan situs yang terblokir tersebut dengan bijak, apalagi mempertanggungjawabkannya. Jangan sampai Anda terkena masalah hukum karena menyalahgunakannya, ya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.