Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Memperbaiki YouTube “Terjadi Kesalahan”

Diskon Shopee

Video YouTube yang ingin ditonton tidak bisa diputar? Simaklah artikel “Cara Memperbaiki YouTube Terjadi Kesalahan” ini hingga selesai ya.

YouTube adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi saat ini. YouTube menduduki peringkat 2 Alexa Rank hingga artikel ini diterbitkan.

Banyak dikunjunginya YouTube bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan di YouTube ada banyak sekali video yang menarik sekali untuk ditonton.

Semua video disini bisa kamu tonton secara gratis. Bagusnya lagi, sekarang banyak provider yang menyediakan paket internet khusus mengakses YouTube.

Tidaklah sulit untuk nonton video di YouTube. Kamu bisa nonton melalui web browser atau Aplikasi YouTube yang tersedia untuk Smartphone dan PC.

Tapi terkadang ada kejadian dimana video YouTube yang ingin ditonton tidak bisa diputar.

Biasanya kejadian ini dibarengi dengan munculnya pesan error “An error occurred please try again later” atau “Terjadi kesalahan, coba lagi nanti”.

Penyebab YouTube Terjadi Kesalahan

Semua masalah di dunia ini pasti ada pemicunya, begitu juga kejadian dimana muncul pesan error “Terjadi kesalahan, coba lagi nanti” yang terjadi di YouTube.

Penasaran enggak sih apa saja penyebab utama dari munculnya pesan error ini? Jawabannya bisa kamu simak dibawah ini:

1. Kecepatan Internet Lemot

Seperti yang diketahui, perlu koneksi internet yang stabil supaya kamu bisa nonton streaming YouTube dengan lancar jaya tanpa kendala.

Jika kecepatan Internet kamu lemot, jangan berharap video bisa diputar dengan lancar. Yang ada malahan muncul pesan error seperti ini.

2. Video Sedang Diedit Ulang

YouTube memiliki fitur Editor yang memungkinkan para YouTubers untuk mengedit video yang sebelumnya sudah diunggah.

Jika pemilik video sedang mengedit kembali, kamu jadi tidak bisa menontonnya.

3. Video Sudah Dihapus

Kejadian munculnya pesan error Terjadi kesalahan, coba lagi nanti ini juga bisa dikarenakan video yang ingin ditonton sudah dihapus oleh pemiliknya.

Jadi dengan berat hati, kamu harus menerima kenyataan bahwa video yang kamu inginkan tidak bisa ditonton lagi.

4. Bugs

Error saat hendak memutar video di YouTube juga bisa dikarenakan adanya bugs atau kesalahan dalam situs YouTube.

Hal ini sangat wajar mengingat hingga saat ini YouTube masih tetap dalam masa pengembangan.


Cara Memperbaiki YouTube Terjadi Kesalahan

Jangan bersedih dan kecewa jika hal ini sudah terlanjur terjadi. Mending kamu mencoba beberapa tips cara Memperbaiki YouTube Terjadi kesalahan berikut ini:

1. Cek Jaringan Internet

Supaya video YouTube bisa kembali ditonton seperti biasanya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek jaringan internet di smartphone atau PC kamu.

Jika kamu pengguna jaringan WiFi, kamu harus memastikan bahwa PC atau smartphone sudah terhubung dengan jaringan WiFi.

Atau jika kamu menggunakan modem, jangan lupa untuk memastikan bahwa modem sudah dicolok dan diaktifkan.

2. Pilih Mode Jaringan yang Stabil

Jaringan Internet yang lemot juga bisa menjadi prahara dibalik terjadinya momen yang menyebalkan ini.

Solusinya, Kamu bisa memilih untuk menggunakan mode jaringan terkuat di tempat yang kamu tinggali.

3. Atur Resolusi Video

Jika sinyal internet di smartphone kamu lemot, kamu harus memilih resolusi video yang lebih rendah supaya bisa nonton dengan lancar tanpa buffering lagi.

Contoh: biasanya kamu nonton video YouTube dengan resolusi 720p, disaat sinyal internet lemot, kamu bisa memperkecil resolusinya menjadi 480p atau 360p.

Disarankan untuk tidak mengatur resolusi yang paling rendah (144p). Karena jika dilakukan, videonya jadi tidak akan terlihat dengan jelas.

4. Update Browser atau Aplikasi YouTube

Bisa jadi pesan “Terjadi kesalahan, coba lagi nanti” ini dikarenakan adanya bugs dalam aplikasi YouTube atau browser yang kamu gunakan.

Solusinya kamu bisa membuka aplikasi Google Play atau App Store. Silahkan cek apakah ada update aplikasi YouTube atau aplikasi browser.

Jika tersedia Update, jangan ragu-ragu lagi untuk melakukan pembaruan aplikasi. Biasanya di aplikasi YouTube baru ada tambahan fitur dan perbaikan bugs.


Akhir Kata

Penyebab dan cara atasi pesan error Terjadi kesalahan, coba lagi nanti di YouTube sudah dijabarkan sejelas-jelasnya. Cukup sekian dulu, semoga bisa membantu kamu.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.