Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Memunculkan File Hidden Di Android

Android kini menjadi menduduki tahta teratas sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan. Sistem operasi garapan Google ini memilik dikenal memiliki banyak fitur dengan cara penggunaan yang mudah sekali.

Dalam smartphone Android ada banyak sekali hal yang tidak diketahui oleh para penggunanya. Termasuk file hidden yang tidak bisa dilihat secara langsung.

Seperti namanya file hidden ini tidak bisa dilihat dengan cara seperti saat kita melihat file seperti biasanya. Perlu trik khusus supaya kita bisa melihatnya.

File Hidden Pada HP Android

File Hidden adalah sebuah file khusus yang bisa tersimpan dalam penyimpanan internal dan external HP Android. File ini dibutuhkan oleh sistem untuk tujuan tertentu guna memaksimal kinerja smartphone Android.

Ukuran file hidden bervariasi tentunya. Berdasarkan pengalaman saya, file hidden thumbnail bisa berukuran jumbo mulai dari ratusan megabyte bahkan bergiga-giga.

Selain file hidden thumbnail foto, masih ada banyak lagi file hidden yang terdapat dalam HP Android. Seperti file data dan cache aplikasi.

Tidak semua file hidden bermanfaat bagi smartphone Android. Ada juga file hidden berupa cache yang tidak berguna dan wajib dihapus karena semakin besar ukuran filenya, bisa mengganggu kinerja smartphone.

Banyak kejadian file hidden tidak berguna ini membuat kapasitas penyimpanan smartphone jadi penuh. Selain memenuhi penyimpanan, file seperti ini juga bisa membuat smartphone jadi lemot.

Sebel banget kan? Supaya penyimpanan smartphone tidak terkuras habis. Kalian harus melakukan penghapusan file hidden secara berkala.

Cara menghapus file hidden yang tidak berguna tidak bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan smartphone Android. Sebab tidak ada satupun fitur yang memungkinkan kita untuk bisa melihat file hidden.

Mau mematikan HP Android tanpa menggunakan tombol Power? Untuk mengatasinya, silahkan ikuti panduan cara mematikan HP Android tanpa tombol Power.

Cara Menampilkan File Hidden Di Android

Seperti judulnya, dalam postingan yang sedang kalian baca ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menampilkan file hidden di Android.

Cara melihat file hidden di Android sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menginstal aplikasi tertentu, tanpa akses root sekalipun pasti kalian akan bisa melihat file hidden ini.

Penasaran apa nama aplikasinya? Atau ingin tau bagaimana cara melakukannya? Tanpa berlama-lama lagi, simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

1. Cara Menampilkan File Hidden Dengan X-Plore

X-Plore adalah aplikasi file manager legendaris yang tersedia sejak awal tahun 2000-an. File manager garapan lonely cat games ini masih dikembangkan hingga sekarang.

Selain dibekali dengan fitur komplit untuk mengurus file dalam smartphone, aplikasi X-Plore juga punya fitur khusus yang bisa memungkinkan kalian untuk melihat file hidden.

  1. Silahkan download kemudian install aplikasi X-Plore, supaya bisa mendapatkan versi terbaru, klik tombol download via Google Play dibawah ini.
    X-plore File Manager
    X-plore File Manager
    Developer: Lonely Cat Games
    Price: Free+
  2. Setelah terinstall, kalian akan dimintai persetujuan syarat pemakaian aplikasi, langsung saja “Agree / Setuju”.
  3. Nantinya, teman-teman melihat tampilan seperti ini, file hidden belum terlihat, supaya bisa terlihat tap icon “Titik Tiga” di pojok kanan atas.
  4. Muncul 4 Opsi seperti ini, silahkan pilih “Konfigurasi” yang berada paling atas.
  5. Silahkan Ceklis opsi “Tampilkan File Tersembunyi”, lalu silahkan kembali.
  6. Kalian akan melihat folder dengan awalan nama “.”, perlu teman-teman ketahui, folder ini berisikan file hidden yang ada dalam smartphone kalian.
  7. Selesai.

2. Cara Menampilkan File Hidden dengan ES File Explorer

Menampilkan file hidden di Android tidak hanya bisa kalian lakukan menggunakan X-Plore. Tapi kalian juga bisa melakukannya dengan aplikasi file manager bernama ES File Explorer.

ES File Explorer juga merupakan aplikasi file manager terbaik. Bahkan beberapa vendor smartphone lokal seperti Polytron dan Mito, menyertakan aplikasi ini sebagai file manager bawaan smartphone buatannya.

  1. Install dahulu, ES File Explorer melalui Google Play. Tap tombol dibawah ini.
    File Manager Android 2021
    File Manager Android 2021
  2. Jika sudah terinstall, langsung buka aplikasinya, setelah itu kalian melihat tampilan seperti ini.
    Tap icon “Baris Tiga” di pojok kiri atas.
  3. Setelah itu, lanjut dengan men-tap “Config”.
  4. Muncul menu-menu seperti ini, silahkan aktifkan “Show Hidden”.
  5. Silahkan kembali ke menu home, lalu cobalah untuk melihat salah satu memori smartphone.
  6. Jika muncul folder dengan awalan nama “.”, berarti kalian sudah berhasil menampilkan file hidden.
  7. Selesai.
Sedang membuka aplikasi di Android dan tiba-tiba aplikasi berhenti? Silahkan ikuti cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android.

Akhir Kata

Sudah selesai cara menampilkan file hidden di Android yang menjadi topik bahasan artikel yang sedang kalian baca ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.