web site hit counter
Tips & Trik

Cara Menampilkan Kalender Hijriah di Google Calendar

Ingin Google Calender Anda dilengkapi tanggal Hijriah ? Begini cara menampilkan kalender Hijriah di Google Calender secara lengkap.

Di Indonesia kita kenal ada dua jenis perhitungan kalender yang sering masyarakat gunakan. Pertama yaitu untuk kalender masehi dan satunya lagi perhitungan kalender Islam atau yang sering disebut dengan Hijriah.

Tetapi negara menetapkan kalender Masehi sebagai kalender nasional, sehingga kita lebih sering melihat referensi tanggalan dunia, dibanding dengan kalender Hijriah.

Namun berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, kita dapat melihat informasi kalender Hijriah tersebut lewat perangkat ponsel.

Pembahasan ini telah kami rangkuman dalam ulasan cara menampilkan kalender Hijriah di Google Calendar dibawah ini.

Cukup berbekal aplikasi Google Calendar, kita bisa melihat alternatif perhitungan kalender yang jadi pilihan kedua masyarakat seluruh dunia.

Cara Menampilkan Kalender Hijriah di Google Calendar

Google sendiri telah memfasilitasi kalender umum, lengkap beserta hitungan alternatifnya. Termasuk salah satu diantaranya yaitu tersedia perhitungan Hijriah.

Seperti apa mengubah atau menampilkan kalender Hijriah di HP Android ? Coba ikuti langkah-langkahnya disini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Google Calendar terlebih dahulu.
    Google Calendar
    Google Calendar
    Developer: Google LLC
    Price: Free
  2. Kalau sudah terinstall, silahkan kamu buka saja aplikasinya.
  3. Tampilan awal, kamu hanya perlu menekan tombol Mengerti.
  4. Selanjutnya jika tampil notifikasi izinkan, maka tap saja Izinkan akses.
  5. Disini kita ubah tampilannya menjadi kalender konvensional dengan perhitungan per bulan, caranya klik Icon Titik Tiga di pojok kiri atas.1 Icon Strip Tiga - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  6. Lalu klik saja pada bagian Bulan.2 Pencet Bulan - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  7. Karena kita juga ingin mengubah menjadi perhitungan Hijriyah, maka klik strip tiga lagi dan scroll kebawah lalu ketuk pada bagian Setelan.3 Setelan - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  8. Didalam menu Setelan, klik pada bagian Umum.4 Umum - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  9. Kemudian pilih saja pada Kalender Alternatif.5 Kalender Alternatif - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  10. Disana kamu akan disediakan banyak perhitungan kalender, dan pilih saja Kalender Hijriyah – Saudi.6 Kalender Hijriah - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  11. Kalau sudah kembali ke tampilan aplikasi Google Calendar.7 Berubah Hijriyah - Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calender
  12. Dan selesai, sekarang kamu bisa mendapatkan kalender dengan perhitungan Hijriyah.

Akhir Kata

Sekarang kamu bisa melihat dua referensi kalender di dalam HP, yang pertama yaitu kalender masehi dan satunya lagi kalender Hijriah.

Sekian penjelasan tentang cara menampilkan kalender Hijriah di aplikasi Google Calendar, dimana kamu cukup mengganti settingan mode pada menu setelan software. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.