Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Mengatasi APK Tidak Terpasang / Gagal Terinstall

Jika kamu memiliki smartphone atau gadget dengan sistem operasi Android, pasti perangkat tersebut sudah dibekali dengan aplikas-aplikasi bawaan seperti: pesan (messanger), pemutar musik (music player), file manager, browser, dan aplikasi penunjang lainnya.

Tapi terkadang, aplikasi bawaan tidak dibekali dengan fitur yang komplit. Tidak heran jika para pengguna Android banyak yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi buatan pihak ketiga.

Tidaklah sulit untuk mendownload dan meng-install aplikasi buatan pihak ketiga. Karena, kamu bisa menemukan nya dengan mudah di Google Play.

Kalaupun tidak ditemukan di Google Play, kamu bisa mengunduh aplikasi yang dibutuhkan melalui situs download APK terbaik.

Cara meng-install aplikasi sebenarnya sangat mudah. Tapi, terkadang ada juga momen dimana muncul pesan error “aplikasi tidak terpasang”.

Penyebab APK Tidak Terpasang

Kasus aplikasi tidak terpasang tentu ada penyebabnya. Kamu bisa mengetahui biang keladinya dibawah ini:

  1. Storage smartphone yang kurang mencukupi.
  2. Kesalahan penyimpanan, biasanya hal ini terjadi di smartphone atau gadget yang sudah di-root atau ketika meng-install aplikasi yang sudah dimodifikasi.
  3. Adanya kerusakan atau error pada sistem HP kamu.
  4. Sistem operasi smartphone kamu terlalu jadul atau lawas.
  5. Aplikasi yang ingin diinstall tidak kompatibel dengan smartphone kamu.
  6. File APK yang diinstall rusak atau corrupt.

Cara Mengatasi APK Tidak Terpasang

Sudah tau kan penyebabnya? Sekarang SurgaTekno akan membocorkan seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mulai Ulang Smartphone Kamu

Sejak dahulu, me-restart smartphone dianggap sebagai salah satu solusi manjur untuk mengatasi smartphone yang error, termasuk untuk mengatasi aplikasi yang gagal terpasang.

Cara mulai Ulang smartphone sangat mudah, kamu hanya perlu menekan “Tombol Power” selama beberapa detik. Lalu tap “Mulai Ulang” dan tunggulah hingga smartphone aktif kembali.


2. Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Jika APK yang tidak terpasang didownload di situs tidak resmi, bisa jadi hal ini terjadi karena kamu belum mengaktifkan sumber tidak dikenal.

Untuk mengaktifkannya, kamu harus melakukan beberapa langkah seperti yang akan dicontohkan dibawah ini:

  1. Bukalah menu “Setelan” di smartphone kamu.
  2. Lalu cari dan pilih menu “Perlindungan Privasi”.langkah pertama - cara mengatasi apk tidak terpasang
  3. Selanjutnya kamu harus memilih “Perizinan Khusus”.langkah kedua - cara mengatasi apk tidak terpasang
  4. Silahkan lanjut dengan men-tap “Instal apl yang tidak diketahui”.langkah ketiga - cara mengatasi apk tidak terpasang
  5. Pilih salah satu aplikasi yang akan diberi izin, bisa aplikasi file manager atau browser dimana kamu akan membuka aplikasi yang ingin diinstal.langkah keempat - cara mengatasi apk tidak terpasang
  6. Langsung saja tap icon yang ditandai ini.langkah kelima - cara mengatasi apk tidak terpasang
  7. Silahkan “Ceklist” kemudian lanjut tap “OK”.langkah - cara mengatasi apk tidak terpasang
  8. Selesai.

3. Cek Spesifikasi Minimum yang Dibutuhkan Aplikasi

Biasanya situs download aplikasi akan menyertakan informasi tentang spesifikasi yang dibutuhkan supaya aplikasi bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Harap pastikan bahwa smartphone kamu sudah memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan. Karena jika tidak, aplikasi tidak bisa diinstall. Kalaupun bisa diinstall, pasti aplikasi tersebut tidak akan bisa dijalankan dengan baik.


4. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Penyimpanan smartphone yang tidak mencukupi juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya hal yang kurang mengenakkan ini.

Solusinya kamu bisa menghapus data yang tidak penting. Jangan lupa juga untuk menghapus aplikasi yang jarang dipakai.

Cara menghapus aplikasi mudah sekali, selain bisa dilakukan melalui “HomeScreen“. Kamu juga bisa uninstall aplikasi melalui menu pengaturan.


5. Download Ulang

Jika file APK yang tidak terpasang didownload dari situs download APK, bisa jadi file APK yang kamu download rusak atau corrupt.

Solusinya kamu bisa mengunduh kembali file APK tersebut. Usahakanlah untuk mendownload ulang file aplikasi di situs download APK Android terpercaya dan sudah sering digunakan oleh pengguna Android lainnya.

Butuh rekomendasi situs download APK terpercaya? Kami sudah membuat rangkumah list situs download APK terbaik.

6. Install Aplikasi Versi Lebih Lama

Meng-install aplikasi versi lawas bisa dijadikan solusi apabila kejadian aplikasi tidak Terinstall ini terjadi di smartphone lawas atau jadul.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi versi lawas di situs download aplikasi seperti apkpure.com, apkmirror.com, dan situs download APK lainnya.


7. Factory Reset

Jika keenam solusi diatas nggak work, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan Factory Reset.

Tapi sebelumnya harap backup data penting dalam smartphone, karena setelah itu semua data akan terhapus tidak tersisa.


Akhir Kata

Seperti itulah beberapa cara jitu untuk mengatasi aplikasi Android tidak (gagal) terinstall. Semoga langkah-langah di panduan artikel ini dapat membantu kalian untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.