Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Di Android

Setiap smartphone Android pasti memiliki banyak sekali aplikasi. Memang aplikasi sangat diperlukan untuk memaksimalkan kinerja smartphone.

Aplikasi untuk smartphone Android bermacam-macam. Ada aplikasi browser, music player, video player, chatting dan masih banyak lagi lainnya.

Semakin sering digunakan, pasti akan terjadi error entah itu dikarenakan data yang menumpuk atau Bugs bawaan dari aplikasinya.

Dari sekian banyak kejadian error pada aplikasi, munculnya notifikasi “Unfortunately app has stopped” atau “Sayangnya aplikasi telah berhenti” adalah salah satu error yang sering terjadi.

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti

Munculnya notifikasi tersebut memang sangat mengganggu. Biasanya munculnya notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” ini dibarengi dengan tertutupnya aplikasi secara otomatis hingga akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Apabila hal kurang mengenakkan ini terjadi pada kalian. Tenang, kalian bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasinya seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Background

Seperti yang diketahui, semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background akan membuat memori RAM penuh.

Karena memori RAM penuh inilah smartphone akan memberhentikan aplikasi secara otomatis hingga munculnya notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti”.

Jadi cara mengatasi aplikasi berhenti pertama yang harus kalian lakukan adalah menutup berapa aplikasi yang tidak diperlukan.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Bisa juga, munculnya “Sayangnya aplikasi telah berhenti” ini disebabkan oleh cache dan data yang ada dalam aplikasi nya.

Supaya notifikasi menjengkelkan ini bisa hilang. Disarankan untuk menghapus cache aplikasi bisa dengan cara manual melalui menu pengaturan atau dengan bantuan aplikasi cache cleaner.

Apabila masih tetap muncul setelah menghapus cache, kalian bisa mempertimbangkan untuk menghapus data aplikasi yang error ini.

Tapi jika ingin menghapus data aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, disarankan untuk melakukan backup ke Google Drive terlebih dahulu supaya chatting kalian tidak terhapus.

3. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Errornya aplikasi juga bisa disebabkan oleh Bugs (🐞) bawaan. Oleh karena itu sang developer aplikasi biasanya akan memberikan update.

Jika notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” ini muncul, silahkan buka Google Play lalu periksa apakah ada update aplikasi versi terbaru.

Jika ada, silahkan update lalu cobalah untuk membuka aplikasinya. Apabila tidak berefek dan tetap terjadi, silahkan lakukan tips selanjutnya.

4. Melakukan Instal Ulang Aplikasi

Kalian bisa menghapus aplikasi lama terlebih dahulu. Setelah itu silahkan untuk melakukan instal ulang aplikasi nya.

Jangan mendownload aplikasi dari situs yang tidak terpecaya. Karena bisa jadi aplikasi yang didownload versi lama, tidak menutup kemungkinan juga aplikasi mengandung Malware yang bisa membahayakan smartphone.

Disarankan untuk meng-instal aplikasi melalui Google Play supaya mendapatkan versi terbaru dan dijamin aman.

5. Lakukan Update Sistem Operasi

Tidak jarang juga munculnya notifikasi menjengkelkan ini dikarenakan adanya Bugs (🐞) dalam sistem operasi smartphone.

Yang harus kalian lakukan adalah memeriksa menu update dalam smartphone kalian. Jika ada update, segera lakukan update.

Sebelum melakukan update sistem operasi, disarankan untuk memastikan baterai smartphone mencukupi. Setidaknya baterai smartphone harus tersisa 80% saat melakukan update.

Jangan lupa juga untuk menyediakan kuota internet yang mencukupi. Karena biasanya file update sistem operasi Android lumayan besar bahkan bisa bergiga-giga.

6. Lakukan Factory Reset (Tidak Disarankan)

Jika semua cara mengatasi aplikasi berhenti sebelumnya tidak mempan. Kalian bisa melakukan factory reset pada smartphone.

Melakukan factory reset bisa membuat kondisi smartphone kalian menjadi seperti baru. Tapi kami tidak menyarankan kalian untuk melakukan factory reset.

Jika kalian tetap memaksa untuk melakukan factory reset, jangan lupa untuk memback up data penting dalam smartphone. Karena factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan di smartphone.

7. Gunakan Aplikasi Pengganti

Aplikasi untuk android ada banyak banget. Jadi nggak usah kecewa jika aplikasi yang kalian tidak kompatibel dan mengakibatkan munculnya notifikasi menjengkelkan ini.

Solusi terbaik yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi pengganti yang memiliki fitur yang sama. Cara ini dijamin work 100%!


Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi aplikasi berhenti yang bisa kalian praktekkan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua, terimakasih sudah membaca, baca juga artikel menarik lainnya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.