Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Aplikasi LINE Lemot

Berkomunikasi di era modern seperti sekarang memang sangat mudah sekali. Ada banyak aplikasi yang bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi, salah satunya seperti aplikasi media sosial asal Jepang yaitu LINE.

LINE dibekali dengan banyak fitur yang sangat membantu. Teman-teman bisa chatting dan juga menelpon secara gratis. Mantapnya lagi, ada banyak stiker-stiker lucu yang bisa menambahkan keseruan saat chatting.

Tapi di dunia ini tidak ada hal yang sempurna. Begitu juga dengan LINE, meski dijejali dengan segudang fitur, ada juga sedikit masalah yang tak jarang menghampiri para pengguna LINE.

Salah satunya seperti aplikasi LINE yang lemot. Terdengar sepele memang masalahnya, tapi LINE yang lemot bisa buat para pengguna nya jadi tidak nyaman bahkan naik darah karena harus menunggu loading yang lama banget.

Ada banyak penyebab yang bisa membuat Aplikasi LINE jadi lemot. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengikuti beberapa tutorial yang akan dijelaskan berikut ini.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

1. Dengan Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background

Sistem Android memang dirancang khusus agar bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau lebih dikenal dengan sebutan multitasking.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, semakin berat pula beban yang diterima smartphone. RAM dan CPU Smartphone jadi sangat terbebani dan akhirnya aplikasi LINE akan lemot.

Cara mengatasinya sangat mudah sekali. Teman-teman tinggal men-tap tombol home, lalu silahkan tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang hingga tak tersisa.

2. Dengan Menghapus Cache

Cache adalah data yang disimpan sementara di memori telepon ketika kalian menjalankan aplikasi, semua aplikasi memiliki cache-nya tersendiri. Makin sering digunakan, makin besar juga cache yang menumpuk dalam smartphone kalian.

Oleh karena itu Cache juga bisa dituding sebagai penyebab utama kenapa aplikasi LINE jadi lemot. Untuk mengatasinya kalian bisa membuka menu “Pengaturan” ➤ “Aplikasi” ➤ “Pilih LINE” ➤ Hapus “Cache”.

3. Dengan Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

LINE yang lemot bisa juga disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terinstall dalam smartphone. Meski tidak digunakan, aplikasi useless ini bisa membebani RAM, itulah alasan mengapa aplikasi LINE jadi lemot banget.

Solusinya kalian harus melakukan seleksi aplikasi mana saja yang dirasa tidak diperlukan atau jarang dipakai. Setelah itu, silahkan Hapus aplikasinya. Lalu cobalah untuk menjalankan aplikasi LINE, silahkan rasakan perbedaannya.

4. Dengan Meng-update Aplikasi LINE

Seperti yang diketahui, hingga saat ini aplikasi LINE masih dalam tahap pengembangan. Pihak LINE juga kerapkali memberikan update aplikasi LINE terbaru secara berkala.

Biasanya, dalam update aplikasi LINE terbaru, ada penambahan fitur dan juga perbaikan bugs. Silahkan coba untuk Meng-update aplikasi LINE yang terinstall dalam smartphone kalian, bisa jadi lemotnya LINE diakibatkan oleh bugs bawaan aplikasi versi lama.

5. Dengan Menggunakan Aplikasi LINE Lite

LINE versi standar memang ukurannya lebih besar dan berat sekali loading nya. Sebagai alternatif, LINE corp menyediakan aplikasi LINE versi lite yang jauh lebih kecil dan sangat ringan banget.

LINE lite akan sangat cocok bagi kalian yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah. Kalian pasti bisa chatting dengan cepat dengan bantuan aplikasi ini.


Akhir Kata

Itu dia beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi LINE lemot. Sekian dulu, terimakasih banyak sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.