Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

2 Cara Mengatasi FUP Indosat [APN Baru dan Psiphone Pro]

Orang yang hidup di era modern seperti sekarang pasti tidak bisa lepas dari internet. Maka dari itu tidak heran apabila kuota data internet menjadi kebutuhan primer bagi generasi milenial.

Karena kebutuhan pasar yang besar, tidak heran apabila hampir semua operator seluler di Indonesia banyak merilis paket-paket internet yang dilepas dengan harga terjangkau. Salah satunya Seperti Indosat yang baru-baru ini menawarkan paket Indosat Unlimited.

Paket Indosat Unlimited banyak diminati masyarakat karena harganya yang murah. Untuk menikmati paket unlimited ini teman-teman hanya perlu merogoh kocek mulai dari 5000-an saja.

Khusus paket unlimited, Indosat Ooredoo menerapakan batas pemakaian wajar harian dan bulanan yang berlaku untuk akses Unlimited Apps. Setelah batas pemakaian wajar atau FUP tercapai, kalian masih bisa mengakses internet tapi loadingnya lemot banget.

Loading lama saat mengakses internet memang bikin emosi banget. Kalian tidak bisa melihat timeline medsos dengan lancar, streaming lag dan hal kurang mengenakkan lagi lainnya.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

2 Cara Mengatasi FUP Indosat Unlimited

Jika hal kurang mengenakkan ini sedang terjadi pada kalian. Jangan emosi, lakukanlah beberapa cara jitu mengatasi FUP Indosat Unlimited yang akan kita jelaskan berikut ini :

1. Membuat APN Baru

Cara mengatasi FUP Indosat yang pertama adalah dengan membuat APN Baru. Cara yang pertama ini sangat mudah sekali, teman-teman tidak harus meng-install aplikasi tertentu karena fitur ini ada dalam menu pengaturan dalam smartphone Android kalian.

  1. Bukalah menu pengaturan yang ada dalam smartphone, lalu pilihlah menu “SIM & Networks”. SIM & Networks
  2. Kalian akan melihat menu-menu seperti ini, scroll kebawah. Scroll kebawah
  3. Lalu silahkan pilih menu “APNs” yang ditandai ini. Pilih APNs
  4. Jika kalian menggunakan 2 kartu SIM, Silahkan pilih SIM Indosat. Pilih Indosat
  5. Sampai disini, teman-teman harus memilih “Add APN”. Add APN
  6. Silahkan Namai APN baru dengan nama “Indosat Unlimited”, isikan “indosat4g” pada kolom APN, atau kalian bisa melihat screenshot di bawah ini : Isi Seperti ini
  7. Kemudian Scroll kebawah, silahkan pilih “IPV4/IPV6” pada menu “APN Protocol”. Jika sudah, silahkan tap “Save”. Ikuti instruksi dengan benar
  8. Langkah terakhir, silahkan pilih atau aktifkan APN Indosat Unlimited yang sudah dibuat tadi.
  9. Selesai.

Selain menggunakan APN indosat4G, kalian juga bisa mencoba beberapa APN anti FUP Indosat lainnya jika APN indosat4g berefek. Ada beberapa APN yang bisa kalian jadikan alternatif, seperti:

  • im3unlimited
  • indosatgprs
  • 363.net
  • indosatunlimited
Mau cek nomor IM3 kamu? Ikuti tutorial selengkapnya di cara cek nomor IM3 terbaru.

2. Psiphon Pro

Psiphon Pro adalah sebuah aplikasi VPN yang banyak diandalkan oleh pengguna Android. Selain bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir, Psiphon Pro juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi FUP indosat.

Cara mengatasi FUP Indosat dengan menggunakan aplikasi Psiphon Pro, sedikit lebih rumit ketimbang cara sebelumnya, jadi perhatian penjelasan berikut ini dengan seksama ya.

  1. Unduh dan install Psiphon Pro terlebih dahulu melalui Google Play, silahkan klik tautan di bawah ini :
    Psiphon Pro
    Psiphon Pro
    Developer: Psiphon Inc.
    Price: Free+
  2. Setelah Psiphon Pro berhasil diinstall, silahkan buka, lalu teman-teman akan melihat tampilan seperti ini. Silahkan tap “Options”. Tap Options
  3. Setelah mengklik “Options”, kalian akan melihat 3 menu seperti ini, silahkan pilih “Proxy Settings”. Proxy Settings
  4. Silahkan ceklist pada menu “Connect Through a HTTP Proxy” lalu pilih menu “Custom HTTP Header”. Custom HTTP Header
  5. Selanjutnya kalian akan melihat “Proxy Settings”, centanglah “Add Custom HTTP Header” setelah itu isikan beberapa pengaturan seperti ini:
    • Header 1
    • Header Name : netData
    • Value : m.youtube.com
    • Header 2
    • Header Name : connnection
    • Value : line.me
    • Header 3
    • Header Name : Kepp-Alive
    • Value : m.indosatooredoo.com
  6. Jika penjelasan sebelumnya kurang jelas, teman-teman bisa melihat screenshot berikut ini. Jika sudah benar, silahkan kembali ke beranda aplikasi Psiphon Pro. Isi dengan benar
  7. Langsung saja, klik “Start”. Start
  8. Akan muncul permintaan untuk mengaktifkan VPN seperti ini, silahkan klik “Okay”. Klik Okay
  9. Muncul notifikasi bahwa Psiphon Pro akan membuat jaringan, silahkan tap “OK”. Tap ok
  10. Jika Psiphon Pro sudah terhubung, kalian akan dialihkan ke browser lalu terlihat tampilan seperti ini : Tanda Psiphon Pro terhubung
  11. Silahkan rasakan perbedaan kecepatannya.
  12. Selesai.

Akhir Kata

Itu dia beberapa solusi yang bisa diandalkan untuk mengatasi FUP Indosat. Dengan mempraktekkan tutorial di atas, pasti kecepatan internet kalian akan kembali cepat seperti sebelumnya.

Dari semua penjelasan tentang cara mengatasi FUP Indosat di atas, adakah yang sulit untuk dimengerti? Jika ada, silahkan tuliskan pertanyaan dikolom komentar ya.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.