Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

10 Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

GPS kamu tidak bergerak walaupun kamu sudah berpindah? Atau mungkin macet? Padahal jaringan paket data atau internet masih terhubung dan lancar. Pada konten ini kita bahas tips untuk mengatasi GPS yang tidak mau jalan atau macet.

Banyak sekali teknologi yang membantu manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali GPS yang hampir disematkan di semua smartphone keluaran terbaru.

GPS adalah sebuah teknologi yang berguna untuk menunjukkan lokasi. Kamu yang bepergian jauh pasti membutuhkan GPS supaya bisa tiba di tempat tujuan tanpa tersesat.

Meskipun sudah dikembangkan dengan teknologi terbaru yang sangat canggih, tidak jarang juga ada kejadian dimana GPS error dan tidak bisa jalan.

Tentu saja kejadian ini sangat mengesalkan sekali, apalagi kejadian GPS error ini terjadi pada saat momen-momen yang sangat krusial seperti saat kita mencari sebuah alamat rumah.

Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

Kami sudah berhasil merangkumkan langkah-langkah serta cara untuk mengatasi permasalahan GPS yang tidak mau jalan atau macet seperti di bawah ini :

1. Pastikan GPS Nyala

Kejadian GPS tidak bisa jalan bisa juga dikarenakan kamu lupa mengaktifkan GPS di smartphone. Kamu juga bisa menghidupkan fitur GPS di smartphone melalui menu Pengaturan.


2. Periksa Jaringan Internet

GPS yang tidak berjalan juga bisa dikarenakan jaringan internet yang buruk. Karena, internet sangat diperlukan untuk mendeteksi tempat dimana kamu berada saat ini.

Jika jaringan Internet kamu buruk, kamu bisa mengubah mode jaringan yang awalnya 4G menjadi 3G. Karena di Indonesia, tidak jarang juga ada tempat yang belum dijangkau jaringan 4G.


3. Aktifkan Akurasi Tinggi

Mengaktifkan akurasi tinggi juga bisa dilakukan untuk mengatasi GPS yang tidak bisa berjalan seperti biasanya.

Tidak perlu aplikasi tambahan untuk mengaktifkan fitur akurasi tinggi. Karena Kamu bisa mengaktifkan fitur ini melalui menu Pengaturan.


4. Update Sistem Operasi

Tidak jarang juga masalah GPS yang macet dikarenakan adanya bugs dalam sistem operasi yang ada di smartphone kamu.

Oleh karena itu kamu harus mengecek apakah ada pembaruan sistem. Jika ada, silahkan update OS tanpa ragu-ragu lagi.


5. Update Google Maps

Selain mengupdate sistem operasi, teman-teman juga harus mengupdate aplikasi Google Maps yang biasanya kamu gunakan.

Selalu usahakan untuk mengupdate aplikasi Google Maps secara berkala. Karena pada aplikasi versi baru pasti ada peningkatan performa, tambahan fitur dan juga perbaikan bug.

Google Maps
Google Maps
Developer: Unknown
Price: Free
‎Google Maps
‎Google Maps
Developer: Google LLC
Price: Free

6. Hapus Cache Google Maps

Semakin sering digunakan akan membuat cache yang ada di Google Maps akan semakin menumpuk.

Selain berdampak pada penyimpanan smartphone, cache juga bisa membuat aplikasi Google Maps jadi error hingga terjadi momen GPS tidak bergerak ini.

Solusinya gampang banget, kamu hanya perlu menghapus cache Google Maps. Selain bisa dilakukan melalui menu Pengaturan, kamu juga bisa melakukan dengan aplikasi CCleaner.

CCleaner – Phone Cleaner
CCleaner – Phone Cleaner
Developer: Unknown
Price: Free

Alternatif untuk pengguna iOS :


7. Install Ulang Aplikasi Google Maps

Jika masih saja terulang, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi Google Maps yang sebelumnya sudah terinstall di smartphone.

Setelah itu, silahkan untuk melakukan instalasi ulang. Disarankan untuk menginstall aplikasi Google Maps melalui Google Play.


8. Restart Smartphone

Merestart smartphone juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi GPS yang macet. Hal ini dilakukan supaya sistem smartphone kembali segar dan siap bekerja sebagaimana mestinya.


9. Unroot Smartphone

Tidak sedikit juga pengguna Android yang melakukan rooting pada smartphone nya. Hal ini bertujuan supaya mereka bisa melakukan kustomisasi lebih bebas dari sebelumnya.

Tidak jarang juga ada kejadian GPS error pasca melakukan rooting. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan unroot.


10. Gunakan ROM Original

Pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan custom ROM. Hal ini dilakukan supaya tampilan Smartphone jadi tidak membosankan dan mendapatkan fitur tambahan.

Jika kamu mengalami GPS tidak jalan setelah melakukan custom ROM, silahkan untuk kembali menggunakan ROM original buatan pabrikan.

Bisa dipastikan bahwa error GPS yang terjadi dikarenakan oleh adanya bug pada custom ROM yang kamu gunakan.


Akhir Kata

Demikianlah 10 cara jitu yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi GPS tidak mau jalan. Cukup sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.