Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

7 Cara Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Banyak orang melakukan backup data menggunakan harddisk eksternal untuk cadangan penyimpanan data. Harddisk eksternal lebih dipilih ketimbang penyimpanan data dalam cloud.

Harddisk lebih efektif karena data bisa diakses kapan saja tanpa memerlukan koneksi internet.

Namun, terkadang ada kejadian tidak terduga dimana harddisk eksternal tidak terbaca. Jangan khawatir karena solusinya dapat diatasi sendiri. Seperti ulasan berikut ini 7 cara dapat diterapkan saat data harddisk eksternal sulit diakses atau tidak dapat dibaca.

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Kamu tidah perlu khawatir apabila mendadak harddisk eksternal tidak terbaca. Cukup terapkan cara-cara berikut ini, efektif membuka data harddisk saat bermasalah.

1. Mengganti Kabel

Kabel USB Harddisk
Kabel USB Harddisk

Tidak terkecuali PC jenis Windows atau Mac, apabila harddisk eksternal tidak terbaca, mungkin masalahnya ada pada kabel. Periksa kabel sambungan USB, apakah rusak. Cobalah mengganti kabel penghubung tersebut agar data dapat dibaca PC.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

2.Format Harddisk

Selain itu, harddisk yang tidak bisa terbaca oleh File Explorer Windows dapat diakali dengan membuat partisi baru. Berikut aalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat membuat partisi baru

  • Pertama silahkan klik menu “Start” dan pilih “Disk Management“, tekan tombol Enter.
  • Pilih menu “Create and Format Hard Disk Partitions“.
  • Kemudian scroll dan perhatikan apakah harddisk eksternal ada di daftar. Jika ada, pastikan harddisk dalam keadaan online dan sudah berhasil diformat.
  • Sementara, apabila harddisk dalam keadaan offline, silahkan klik kanan pada nama disk dan pilih menu online. Harddisk yang belum terformat atau muncul tulisan “Unallocated” bisa klik kanan. Kemudian pilih menu “New Simple Volume“, ikuti wizard yang ada guna membuat partisi baru.
  • Namun, melakukan langkah satu ini harus berhati-hati karena berpotensi menghapus data yang tersimpan dalam harddisk.

Catatan : Tapi hati-hati karena langkah ini bisa menghapus data yang ada di harddisk, jadi pastikan tidak ada data penting di dalamnya.

3. Mengupdate Driver

Pada sistem Windows terkadang bermasalah pada driver yang dampaknya harddisk eksternal sulit terbaca Apalagi jika sudah dibuka melalui My Computer ataupun File Explorer. Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan mengupdate driver pada komputer atau laptop untuk harddisk external.

Berikut adalah cara mengupdate driver harddisk external ketika tidak terbaca :

  • Pertama-tama silahkan klik menu Start. Ketikkan “Device Manager“, baru tekan Enter.
  • Kamu bisa klik tanda + menu Disk Drives dan Universal Serial Bus agar memunculkan  harddisk eksternal pada menu.
  • Selanjutnya cari harddisk eksternal dengan klik kanan, pilih opsi “Properties“.
  • Pada menu pop-up, pilih tab Driver, selanjutnya bagian bawah klik opsi Update Driver. Biar lebih simple lagi, bisa melakukan pengecekan langsung di situs manufaktur resmi harddisk.

4. Aktifkan Harddisk di BIOS

Terkadang harddisk eksternal saat disambungkan ke PC tidak aktif di BIOS. Artinya, sistem operasi pada perangkat kamu tidak dapat mendeteksi sambungan harddisk. Jadi, harddisk tidak terlihat di Windows.

Lakukan cara mudah dengan merestart komputer, lalu tekan tombol BIOS. Setiap merek komputer menggunakan cara berbeda untuk masuk ke BIOS, jadi harap disesuaikan. Umumnya, kamu bisa memilih tombol panah yang ada di keyboard. Pilih opsi “Integrated Peripherals” dan tekan enter.

Kamu bisa memilih opsi yang tertera pada layar dengan menggunakan tombol keyboard. Pilih “USB Controller“, apabila tidak aktif maka ubah menjadi “Enabled“. Jangan lupa simpan pengaturan dan keluar dari BIOS. Lakukan restart komputer, dan lanjutkan dengan mengecek harddisk apakah telah terbaca atau tidak.

5. Mengganti Letter Harddisk

Melakukan Change Letter pada Harddisk Eksternal yang Tidak Terbaca
Melakukan Change Letter pada Harddisk Eksternal yang Tidak Terbaca

Apabila status harddisk sudah online dan telah dilakukan format dengan “Disk Management“, namun tetap tidak menunjukkan huruf khusus disamping nama. Lakukan klik kanan pada harddisk dan pilih menu “Change Drive Letter and Paths” guna menambahkan huruf. Pemilihan huruf tidak sembarangan, sebaiknya memilih huruf standar yang digunakan pada removable drives. Misalnya G, H atau J.

6. Bersihkan Harddisk

Tanpa diduga harddisk kamu mengalami masalah lebih spesifik. Salah satunya harddisk eksternal yang telah diformat dengan Disk Management dan masih tidak bisa terbaca. Langkah mengatasinya dengan “membersihkan” drive harddisk supaya kembali ke kondisi awal.

Bongkar Harddisk
Bongkar Harddisk

Adapun cara membersihkannya tergolong mudah, cukup klik menu Start dan ketikan “diskpart“, tekan Enter. Saat prompt muncul, kamu dapat mengetik “list disk” dan menekan Enter. Gunanya untuk melihat apakah harddisk sudah terhubung dengan sistem.

Apabila melihat drive pada daftar, lihat ukuran dan namanya. Misalnya “Disk 2“, maka jalankan command dengan “select disk 2“. Selanjutnya, ketik “clean” pada pencarian dan tekan menu enter. Cara yang keenam ini akan menghapus seluruh data yang ada di harddisk.

7. Menggunakan USB Port Lain

Colokkan Harddisk Eksternal ke Port USB Lain
Colokkan Harddisk Eksternal ke Port USB Lain

Cara terakhir dengan mencoba hubungkan dengan USB port lain yang ada pada PC. Bisa jadi masalahnya berasal dari port tersebut. Apabila sebelumnya terhubung dengan USB 2.0, maka coba pindahkan ke port USB 3.0.

Sepert itulah 7 cara praktis yang dapat diterapkan dirumah saat harddisk tidak terbaca. Semoga berhasil!

Rosalina Pertiwi Gultom

Penulis freelancer yang sudah aktif jadi writer sejak 2016. Sudah sering menulis beberapa blog dan website.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.