Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Kaum milenial memang tidak bisa lepas dari smartphone. Kemana-mana mereka pasti membawa smartphone, karena smartphone memiliki banyak sekali fungsi yang sangat diperlukan di era modern seperti sekarang.

Seperti yang diketahui, sekarang kita sedang berada di musim penghujan. Teman-teman sering membawa smartphone harus waspada, karena HP sangat rentan terhadap air.

Tidak hanya saat musim penghujan saja, kalian yang sering mengunjungi tempat seperti kolam renang atau sungai harus esktra waspada, karena bisa terjadi kerusakan parah apabila HP kalian jatuh ke dalam air.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Tapi jika HP kesayangan kalian sudah terlanjur tercebur ke air, janganlah panik. Karena panik tidak bisa menyelesaikan masalah yang tengah kalian hadapi.

Untuk mengatasi HP kalian yang kemasukan air, kalian harus melakukan beberapa langkah-langkah seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Segera Matikan HP

Pertolongan pertama pada HP yang kemasukan air adalah segera ambil lalu matikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korsleting yang bisa mengakibatkan kerusakan HP jadi makin parah lagi.

Apakah HP kalian yang terkena air sudah dimatikan? Jangan langsung hidupkan, silahkan lanjutkan dengan melakukan penanganan kedua.

2. Buka Casing HP

Sesudah mematikan smartphone, selanjutnya kalian harus membuka casing HP. Hal ini dilakukan agar air segera hilang.

Supaya air segera hilang dari smartphone, kalian bisa membongkar semua bagian smartphone yang rawan rusak seperti speaker, baterai, kamera, LCD dan lain sebagainya.

Tapi jika kalian tidak memiliki keahlian untuk membongkar HP. Bongkar saja casing belakang dan baterainya. Jika kalian tetap memaksa melakukan pembongkaran tanpa keahlian, bisa-bisa laptop kalian jadi makin rusak.

3. Lepaskan Baterai, Kartu SIM dan Kartu Memori

Saat melakukan pembongkaran pada HP / smartphone yang terkena air. Jangan lupa juga untuk melepaskan beberapa part penting seperti Baterai.

Baterai memang wajib sekali untuk dilepas saat HP kemasukan air. Karena bagian ini bisa saja korsleting. Selain baterai, lepas juga kartu SIM dan juga kartu memori.

4. Keringkan Dengan Lap

Setelah melepas case beserta beberapa part penting HP, kalian bisa mengeringkan bagian yang terkena air menggunakan lap atau kain yang bisa menyerap air.

Direkomendasikan untuk menggunakan kanebo atau serat karbon yang sudah terbukti bisa menyerap air dengan cepat.

5. Gunakanlah Vacuum Cleaner

Terkadang, ada air yang memasuki bagian dalam smartphone yang tidak terjangkau oleh lap. Jika kalian memiliki Vacuum Cleaner, jangan ragu untuk menggunakan tools yang satu ini.

Vacuum Cleaner terbukti ampuh untuk mengeluarkan air dari dalam smartphone. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan kalian sudah melepas baterai, kartu SIM dan Kartu Memori ya.

Speaker HP rusak karena kemasukan air? Ikuti tutorial cara memperbaikinya disini.

6. Rendam HP ke dalam Beras

Tidak punya Vacuum Cleaner? Tenang, kalian bisa mengeluarkan air dari dalam smartphone menggunakan cara konvensional yang terbukti ampuh.

Caranya gampang banget, kalian hanya perlu menyediakan beras secukupnya. Masukkan beras tersebut ke dalam toples atau kotak, jangan lupa untuk merendam atau mengubur HP kedalam toples / kotak yang berisi beras tersebut.

Selanjutnya kalian hanya perlu membiarkan smartphone selama 6-7 jam. Dengan demikian, air dalam hp akan terserap dan HP kalian bisa digunakan lagi seperti biasanya.

7. Rakit Kembali, Lalu Hidupkan

Setelah dirasa kering, silahkan rakit kembali bagian smartphone atau HP yang sebelumnya kalian lepas. Harap pasang kembali dengan benar, jangan terburu-buru tapi lakukanlah secara perlahan dan teliti.

Apabila sudah terpasang dengan benar, selanjutnya kalian bisa menghidupkan kembali smartphone.

8. Perhatikan Smartphone

Setelah smartphone sudah diaktifkan kembali. Selanjutnya kalian bisa menggunakannya seperti biasanya. Kalian bisa menggunakannya untuk browsing, memutar musik dan video, main game dan lain sebagainya.

Sembari menggunakan smartphone, perhatian apakah ada keanehan. Jika ada keanehan atau error lanjutkan untuk melakukan tips kesembilan.

9. Bawa ke Tukang Servis Kepercayaan

Jika smartphone kalian tidak bisa dihidupkan kembali atau ada error. Jangan tunda-tunda lagi untuk melakukan perbaikan.

Jika kalian menunda-nunda, tidak menutup kemungkinan kerusakan akan parah. Dan biaya perbaikan bisa semakin membengkak.


Akhir Kata

Sekian dulu artikel tentang cara mengatasi hp kemasukan air kali ini. Jika ada tambahan, jangan sungkan-sungkan untuk meramaikan kolom komentar dengan tips dari kalian. Terimakasih sudah membaca, Semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.