web site hit counter
Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Penggunaan RAM Tinggi di Windows 11

Bagaimana mengatasi penggunaan RAM Tinggi di Windows 11 ? Ternyata, begini cara serta panduan untuk permasalahn tersebut

Untuk mengatasi penggunaan RAM Tinggi di Windows 11 berikut ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi komputer ataupun laptop yang lemot parah.

Memiliki PC adalah salah satu kebutuhan untuk hidup di jaman modern seperti sekarang. Dengan ada nya PC, kita bisa mengerjakan tugas, mencari informasi ataupun mendapatkan hiburan dengan mudahnya.

Berbicara tentang PC, tentu bakal kurang pas jika tidak membahas sistem operasi nya. Sebagian besar PC di seluruh dunia pasti menggunakan sistem operasi Windows.

Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows tersedia dalam cukup banyak versi. Windows 11 adalah versi terbaru dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut.

Windows 11 Hadir dengan antarmuka yang baru. Selain tampilan yang lebih keren, sistem operasi yang satu ini juga hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan pengoptimalan performa yang lebih mantap.

Meskipun mengusung banyak sekali perubahan terkait dengan pengoptimalan performa, tidak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan bahwa laptop atau komputer terasa lemot.

PC bersistem operasi Windows 11 terasa lemot bisa dikarenakan penggunaan RAM yang sangat tinggi. Biasanya hal ini terjadi pada PC yang terlalu banyak meng-install aplikasi.

Tidak jarang juga ada kejadian dimana PC tetap lemot walaupun tidak menjalankan banyak aplikasi ataupun game.

Cara Mengatasi Penggunaan RAM yang Tinggi di Windows 11

Jika hal ini terjadi padamu, kamu tengah berada di artikel yang tepat. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa dijadikan solusi penggunaan RAM yang terlalu tinggi di Windows 11. Silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

1. Matikan Fitur Tips & Suggestions

Seperti yang diketahui, Tips & Suggestions adalah sebuah fitur bawaan windows 11 yang akan memberikan tips kepada pengguna.

Fitur yang satu ini sebenarnya sangat bermanfaat sekali. Tapi fitur ini bisa saja membebani RAM hingga akhirnya membuat PC kita jadi lemot.

Supaya RAM PC kamu tidak terbebani, kamu harus menonaktifkannya. Caranya gampang banget kok, silahkan ikuti petunjuknya dibawah ini:

    1. Silahkan buka menu “Settings” di laptop kamu.
    2. Setelah settings terbuka, kamu harus mengklik pada menu “Notifications”.Matikan Fitur Tips & Suggestions
    3. Kamu akan melihat banyak sekali aplikasi yang mengirimkan notifikasi, silahkan scrolll kemudian pilih “Additional Settings”.Matikan Fitur Tips & Suggestions
    4. Silahkan “Unceklist” pada tiga menu yang terlihat di screenshot.Matikan Fitur Tips & Suggestions
    5. Selesai.

2. Matikan Superfecth

Solusi jitu yang kedua ini juga wajib untuk kamu lakukan. Superfecth adalah memory manager yang berfungsi untuk menyimpan cache aplikasi yang paling sering digunakan ke dalam memori komputer.

Selain dikenal dengan sebutan Superfecth, fitur yang satu ini juga dikenal dengan nama Sysmain khususnya di Windows versi baru seperti Windows 10 dan juga Windows 11.

Sama seperti aplikasi lainnya, Sysmain akan menghasilkan cache yang berukuran besar. Jika hal tersebut terjadi, bisa-bisa laptop kamu akan lemot. Supaya bisa teratasi kamu harus mematikannya, caranya bisa kamu simak dibawah ini:

    1. Silahkan buka aplikasi “Services” di laptop kamu, kamu bisa mengakses lewat menu pencarian.Matikan Superfecth
    2. Silakan scroll sembari mencari “Sysmain”, jika sudah ditemukan silahkan klik.Matikan Superfecth
    3. Silahkan atur menjadi “Disable”, lanjut klik “Apply” lalu klik “Ok” untuk menyimpannya.Matikan Superfecth
    4. Selesai.

3. Matikan Service yang tidak dibutuhkan

Di setiap laptop ataupun komputer ada banyak Service yang berjalan. Jika Service yang berjalan di latar belakang terlalu banyak, hal ini akan mengakibatkan penggunaan RAM yang besar.

Tentu saja jika dibiarkan begitu saja, PC kamu akan terasa lemot. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba untuk mematikan atau menonaktifkan Service yang tidak dibutuhkan.

Menonaktifkan Service tidak sesulit yang dibayangkan, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah yang akan saya jelaskan dengan lengkap dibawah ini:

    1. Pertama, silahkan klik “Search” lalu cari dan pilih “System Configuration”.Matikan Service yang tidak dibutuhkan
    2. Disini kamu harus mengklik “Services” yang ditandai dengan Arrow merah.Matikan Service yang tidak dibutuhkan
    3. Lalu silahkan klik “Hide All Microsoft Service”.Matikan Service yang tidak dibutuhkan
    4. Disini kamu bisa menghilangkan centang atau Unceklist pada Service yang tidak dibutuhkan, lalu lanjut klik “Apply” dan “Ok” untuk menyimpan pengaturannya.Matikan Service yang tidak dibutuhkan
    5. Silakan Restart komputer kamu.
    6. Selesai.

4. Matikan Aplikasi Start-up

Langkah keempat ini juga sangat manjur untuk mengatasi komputer yang lemot dikarenakan RAM yang sesak.

Perlu diketahui bahwa aplikasi start-up adalah sebuah aplikasi yang akan aktif secara otomatis setelah kamu menghidupkan laptop ataupun komputer.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis, tentu akan membuat Random Access Memory atau RAM akan terbebani hingga akhirnya menjadi lemot sepeda yang terjadi saat ini.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membagikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

    1. Bukalah “Settings” di laptop atau komputer kamu.
    2. Setelah terbuka, kamu bisa langsung mengklik “Apps”.Matikan Aplikasi Start-up
    3. Lalu silahkan klik “Startup” yang berada paling bawah.Matikan Aplikasi Start-up
    4. Silahkan nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan lagi untuk berjalan secara otomatis.Matikan Aplikasi Start-up
    5. Selesai.

Sekedar tips tambahan, silahkan matikan aplikasi start-up yang bertuliskan high impact. Sebab, Aplikasi tersebut bisa menjadi beban bagi RAM di laptop atau komputer kamu.


5. Upgrade RAM

Jika ke-empat cara yang sudah dijelaskan sebelumnya kurang memuaskan. Kamu bisa melakukan cara kelima yang sangatlah mujarab untuk mengatasi persoalan kamu saat ini.

Mengupgrade RAM laptop bisa dilakukan dengan mudah jika di laptop kamu tersedia slot ekstra. Namun jika tidak ada, kamu bisa melakukan penggantian RAM bawaan dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih besar.

Pastikanlah bahwa kamu sudah membeli RAM dengan kapasitas yang lebih besar ya. Jangan lupa juga untuk membeli RAM buatan pabrikan ternama yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Tidaklah sulit untuk menemukan RAM buatan pabrikan ternama, karena saat ini sudah ada beberapa pabrikan ternama yang menjual produknya di market place online yang beroperasi di Indonesia.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kamu membeli RAM dengan jenis yang sama. Karena jika sampai salah beli, bakal percuma saja akhirnya.

Jika kamu tidak paham mengutak-atik komputer atau laptop, kamu bisa menyerahkan pemasangan RAM ke teknisi laptop andalan kamu.


Akhir Kata

Seperti itulah beberapa cara jitu untuk mengatasi penggunaan RAM yang tinggi di Windows 11. Semoga sajian kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.