web site hit counter
Tips & Trik

Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer

Muncul tanda silang merah di File Explorer ? Berikut cara mengatasi tanda silang merah pada folder dan files di File Explorer secara lengkap.

Apakah sistem penyimpanan pada jendela File Explorer laptopmu sedang mengalami masalah, seperti muncul tanda merah silang yang tidak terduga?

Tanda ini akan selalu tampil saat kita membuka file management jendela File Explorer, posisinya bisa berupa notifikasi Status, atau icon warna merah di bagian samping foldernya.

Meskipun keberadaan tanda silang merah berikut tidak berimbas terhadap penyimpanan filenya, akan tetapi munculnya status tersebut kadang mengganggu pandangan dan suka menimbulkan miss persepsi.

Bagi yang tidak terbiasa, mereka mungkin saja melihat gambar silang tersebut dengan arti notifikasi serangan virus, atau folder/file tidak terdeteksi. Namun faktanya tidak demikian….cara mengatasi tanda silang merah pada folder dan files di File Explorer akan kami jelaskan detail dibawah ini.

Jadi permasalahannya bukan karena ada file berbahaya atau sejenis virus yang menyerang komputermu.

Melainkan ini hanya bagian dari efek sinkronisasi akun yang error. Lebih lengkapnya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer

7 Icon Silang - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer

Gambar silang warna merah di File Explorer tentu sangat asing bagi kita. Karena jarang sekali jendela ini mengisyaratkan apapun apalagi icon merah silang yang selalu muncul di samping file maupun folder.

Tenang saja, itu semua bukan sebuah perkara serius. Ini hanya pesan peringatan dari aktivitas sinkronisasi akun dengna OneDrive yang bermasalah.

Sehingga cara mengatasi tanda silang merah pada folder dan file tersebut, kita cukup matikan saja akses ke layanan drive, setelah itu restart komputer untuk memulai konfigurasi baru.

  1. Silahkan klik pada icon tray di taskbar sisi kanan bawah layar.1 Pencet Tombol Tray - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  2. Pilih saja pada bagian menu OneDrive.2 Ketuk OneDrive - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  3. Setelah itu pilih saja icon dengan logo Gear diatas.3 Klik Pengaturan - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  4. Klik lagi tombol Settings.4 Pencet Tombol Settings - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  5. Setelah terbuka jendela OneDrive, kamu bisa klik menu tab Account.5 Klik Tombol Account - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  6. Dibagian bawah informasi akun, pencet tombol Unlink this PC.6 Unlink This PC - Cara Mengatasi Tanda Silang Merah pada Folder dan Files di File Explorer
  7. Konfirmasi Unlink Account.
  8. Terakhir tinggal kamu restart saja komputernya.

Akhir Kata

Seperti itulah penjelasan mengenai cara mengatasi tanda silang merah pada folder dan file untuk jendela File Explorer. Jadi bukan suatu tanda yang berbahaya, itu hanya sekedar notifikasi untuk upgrade ke penyimpanan cloud OneDrive masing-masing. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.