Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

4 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di iPhone

Memang ada banyak sekali aplikasi iOS yang bisa diinstall pada iPhone. Tapi dari sekian banyak aplikasi yang ada, salah satu aplikasi yang wajib terinstall pada iPhone kamu adalah WhatsApp.

Mendengar namanya, pasti kalian sudah tau dengan aplikasi yang memiliki icon berwarna hijau ini. Dengan aplikasi chatting nomor satu di dunia ini, kalian bisa terhubung bersama teman, keluarga hingga rekan bisnis dengan cepat tak terbentur jarak dan waktu.

Hingga saat ini WhatsApp masih dalam pengembangan, fitur-fitur baru banyak disematkan pada aplikasi WhatsApp, baik untuk smartphone Android maupun iPhone yang menggunakan iOS.

Buatan manusia memang tidak ada yang sempurna, begitu juga WhatsApp. Meski dikembangkan sebaik mungkin, ada masanya juga WhatsApp pada iOS bisa tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Error pada WhatsApp bermacam-macam kejadiannya. Yang paling sering terjadi adalah aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka pada iPhone. Meski bukan kerusakan fatal, error pada wa iOS ini kadang bisa bikin kita sebagai pengguna menjadi panik.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Saat hal ini terjadi, teman-teman tidak perlu panik. Yang perlu kalian lakukan adalah mempraktekkan tutorial mengatasu WhatsApp yang tidak bisa dibuka di ponsel iPhone berikut ini, simaklah dengan seksama agar bisa melakukannya dengan sempurna.

1. Menghapus Cache Aplikasi WhatsApp di iPhone

Cache adalah file sampah yang ada di iPhone. Jika lama tidak dihapus, sampah-sampah ini akan makin menumpuk dan kadang juga bisa membuat aplikasi jadi error salah satunya seperti WhatsApp.

Cache dalam aplikasi WhatsApp termasuk sangat besar ketimbang cache pada aplikasi IOS lainnya. Yang perlu kalian lakukan adalah dengan menghapus cache dalam aplikasi WhatsApp seperti berikut ini:

  1. Bukalah menu pengaturan atau general pada iPhone kalian.
  2. Kemudian bukalah menu aplikasi terinstall.
  3. Cari aplikasi WhatsApp, biasanya WhatsApp muncul di daftar yang paling bawah.
    Clear Cache Aplikasi WhatsApp di iPhone
    Clear Cache Aplikasi WhatsApp di iPhone
  4. Setelah ditemukan, silahkan pilih “Hapus Cache“.
  5. Selesai.

Setelah menghapus Cache WhatsApp pada iPhone kalian, selanjutnya kalian harus melakukan restart. Setelah itu baru cobalah untuk membuka aplikasi WhatsApp seperti biasanya.

2. Menghapus Data Aplikasi WhatsApp di iPhone

Jika cara sebelumnya tidak ampuh, teman-teman bisa mencoba cara yang kedua. Tapi ada resiko yang harus diketahui terlebih dahulu. Dengan menghapus data WhatsApp chat dalam aplikasi ini akan terhapus.

Tapi masih lebih baik ketimbang aplikasi WhatsApp pada iPhone kalian tetap tidak bis dibuka. Untuk menghapus data WhatsApp di iPhone, kalian bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama bukalah menu “Setting/General“.
  2. Cari dan pilih menu “Aplikasi Ter-install
    Hapus Data WhatsApp di iPhone
    Hapus Data WhatsApp di iPhone
  3. Silahkan cari aplikasi WhatsApp biasanya ada paling bawah.
  4. Langkah terakhir silahkan tap “Hapus Data
  5. Selesai.

Setelah data WhatsApp terhapus, kalian harus me-restart iPhone kalian guna menormalkan aplikasi WhatsApp. Setelah itu aktifkan kembali lalu cobalah untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Mau bikin stiker WhatsApp sendiri ? Ikuti panduan cara membuat stiker WhatsApp sendiri.

3. Mengupdate Aplikasi WhatsApp di iPhone

WhatsApp yang tidak bisa dibuka bisa diakibatkan oleh bugs dalam aplikasinya. Jika ada WhatsApp versi baru di App store disarankan untuk melakukan update, seperti berikut ini caranya:

  1. Pertama, silahkan hidupkan data lalu bukalah App Store.
  2. Cari aplikasi WhatsApp lalu tap “Update“.
    Update Aplikasi WhatsApp
    Update Aplikasi WhatsApp
  3. Harap sabar menunggu hingga proses update selesai.
  4. Selesai.

Setelah update WhatsApp selesai, bukalah aplikasi WhatsApp pada iPhone kalian. Tapi supaya makin mantap, disarankan untuk melakukan restart terlebih dahulu.

4. Dengan Meng-install Ulang Aplikasi Whatsapp

Bukan hanya biasa diatasi dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp. Jurus ini sangat manjur untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka lagi, seperti ini langkah-langkah nya:

  1. Pertama silahkan uninstall WhatsApp pada iPhone kalian dengan cara membuka menu “Settings -> Aplikasi Terinstall“.
  2. Sebelum uninstall, harap hapus data dan cache terlebih dahulu, barulah kalian bisa melakukan uninstall.
  3. Silahkan restart iPhone kalian.
    Install Ulang Aplikasi WhatsApp di iPhone Ketika Tidak Bisa Dibuka
    Install Ulang Aplikasi WhatsApp di iPhone Ketika Tidak Bisa Dibuka
  4. Setelah iPhone kembali aktif bukalah App Store
  5. Lalu download dan install aplikasi WhatsApp.
  6. Selesai.
WhatsApp menghadirkan fitur Dark Mode. Dan inilah tutorial cara mengaktifkan dark mode pada aplikasi WhatsApp.

Akhir Kata

Demikian adalah tutorial mengenai cara untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka di iPhone. Jadi teman-teman tidak perlu panik yang berlebihan saat WhatsApp tidak bisa dibuka. Kamu tinggal ikuti tutorial di atas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.