Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Tips & Trik

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto? Saat ini smartphone telah dilengkapi dengan kamera yang kualitasnya mempuni.

Sensor kamera hp saat ini pun juga semakin lama semakin besar. Hal ini berpengaruh terhadap ukuran file gambar atau foto tersebut. Semakin besar sensor kamera yang dimilikinya, maka foto yang dihasilkan memiliki ukuran yang lebih besar.

Di sisi lain, ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan Anda untuk memperkecil ukuran foto seperti ketika melamar kerja secara online.

Bahkan ukuran foto yang diminta tidak lebih dari 200 KB sementara Anda memiliki file foto sebesar 8 MB. Solusinya Anda harus memperkecil ukurannya.

Langkah-langkah Mengecilkan Ukuran Foto Hingga Menjadi 200 KB

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 KB. Cara yang kami berikan tidak sulit. Meskipun Anda pertama kali melakukannya, kami yakin Anda sudah bisa langsung sekali coba.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Menggunakan Aplikasi

1. Menggunakan Aplikasi QReduce Lite

Cara mengecilkan ukuran foto yang pertama kami jelaskan adalah dengan menggunakan smartphone. Di smartphone, khususnya yang menggunakan sistem operasi Android ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto.

Anda tinggal mencari mana aplikasi yang akan Anda gunakan tersebut di Play Store. Anda tinggal mengetikkan “aplikasi kompres foto” atau “compress image” dan semua aplikasi yang Anda butuhkan langsung muncul.

Anda hanya perlu memilih salah satu dari sekian banyak aplikasi tersebut. Namun perlu Anda ingat bahwa sebelum menginstal aplikasi untuk memperkecil  ukuran foto, Anda harus mengecek rating dari aplikasi tersebut.

Pastikan aplikasi yang akan Anda gunakan memilih rating yang bagus. Selain itu, Anda juga perlu melihat kolom komentar yang berkaitan dengan ulasan aplikasi tersebut.

Dari sini Anda bisa menentukan apakah aplikasi comrpess image yang akan Anda unduh sudah memiliki kualitas yang Anda inginkan atau malah sebaliknya.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda pilih adalah QReduce Lite. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi kompres foto terbaik yang bisa Anda gunakan. Sesuai dengan namanya, QReduce Lite merupakan aplikasi yang ringan. Jadi, ketika Anda menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir kinerja smartphone Anda akan terganggu.

Bagaimana Cara Menggunakan QReduce Lite?

Perlu Anda tahu bahwa alasan lain mengapa kami rekomendasikan aplikasi ini adalah karena QReduce Lite sudah mendapatkan rating sebanyak 4,5 di Play Store.

Bukan hanya rating, komentar-komentar yang mengulas aplikasi ini pun menunjukkan bahwa QReduce Lite adalah aplikasi yang memang Anda butuhkan.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkah mulai dari proses mendownload sampai dengan proses kompres foto.

  1. Langkah pertama, silakan buka aplikasi Play Store yang ada di HP Anda.
    Buka Google Play - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Buka Google Play
  2. Langkah kedua, setelah berada di tampilan Play Store sekarang klik pada kolom Pencarian.
  3. Langkah ketiga, silakan Anda tinggal menulis nama aplikasi yang Anda inginkan, atau dalam hal ini Anda tinggal mengetik Qreduce Lite. Tunggu beberapa saat sampai nanti Anda melihat ikon aplikasi ini muncul. Kemudian Anda tinggal menginstallnya.
  4. Langkah keempat, setelah proses instalasi selesai maka sekarang Anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Buka aplikasi QReduce Lite di smartphone Anda.
  5. Langkah kelima, setelah berada di tampilan QReduce Lite, Anda klik “Pilih Foto”.
  6. Selanjutnya, Anda akan dibawa menuju halaman selanjuntya. Di sini Anda akan diminta untuk mengatur ukuran foto yang ingin Anda hasilkan. Karena Anda ingin mengganti ukurannya menjadi 200 KB, maka tinggal Anda ganti sesuai ukuran yang Anda inginkan.
  7. Jika sudah, klik “Mulai”.
  8. Tunggu sampai proses kompres selesai. Tidak memerlukan waktu lama sampai aplikasi ini selesai menjalankan tugasnya.
    Mengecilkan Ukuran Foto Menjad 200Kb dengan QReduce Lite - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Mengecilkan Ukuran Foto Menjad 200Kb dengan QReduce Lite
  9. Selesai.

Sebagai tambahan, QReduce Lite sudah mendukung beberapa format gambar yang sudah umum digunakan. Beberapa format gambar tersebut antara lain: JPEG, JPG, dan juga PNG. Jadi, Anda bisa menggunakan QReduce Lite untuk memperkecil ukuran foto sesuai yang Anda inginkan.

2. Menggunakan Aplikasi Photo Compress & Resize

Cara kedua juga masih menggunakan aplikasi ini. Namun aplikasi yang akan kami gunakan tentu saja berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi yang Anda gunakan sekarang adalah Photo Compress & Resize. Aplikasi ini juga menjadi salah satu yang terbaik di Play Store. Jumlah pengunduhnya pun juga lumayan banyak yaitu mencapai lebih dari 5.000.000 pengunduh dari seluruh dunia.

Mengapa Anda harus menggunakan Photo Compress & Resize? Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah ukuran file yang terbilang kecil. Anda hanya perlu menyiapkan ruang penyimpanan sekitar 3,6 MB agar Anda bisa menginstal aplikasi ini. Selain itu, untuk rating yang dimilikinya mencapai 4,6. Ini menunjukkan kualitas yang dimiliki oleh Photo Compress & Resize.

Kelebihan yang lainnya adalah Anda bisa menggunakannya secara gratis. Tidak sampai di situ, fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini pun juga lumayan banyak. Dengan begitu, Anda bisa dengan leluasa memperkecil ukuran foto Anda sesuai yang Anda butuhkan.

Bagaimana Cara Menggunakan Photo Compress & Resize?

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Photo Compress & Resize.

  1. Langkah pertama, silakan buka aplikasi Play Store yang ada di HP Anda.
    Buka Google Play - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Buka Google Play
  2. Langkah kedua, setelah berada di tampilan Play Store sekarang klik pada kolom Pencarian.
  3. Langkah ketiga, silakan Anda tinggal menulis nama aplikasi yang Anda inginkan, atau dalam hal ini Anda tinggal mengetik Photo Compress & Resize. Tunggu beberapa saat sampai nanti Anda melihat ikon aplikasi ini muncul. Kemudian Anda tinggal menginstallnya.
    Install Aplikasi Kompres dan Ubah Ukuran - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Install Aplikasi Kompres dan Ubah Ukuran
  4. Langkah keempat, setelah proses instalasi selesai maka sekarang Anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Buka aplikasi Photo Compress & Resize di smartphone Anda.
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi yang mengharuskan Anda untuk memberi izin kepada aplikasi tersebut agar dapat Anda gunakan. Langkahnya sangat sederhana. Anda cukup mengklik Izinkan dan otomatis aplikasi Photo Compress & Resize sudah bisa Anda akses.
    Beri Akses ke Aplikasi Kompres dan Ubah Ukuran - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Beri Akses ke Aplikasi Kompres dan Ubah Ukuran
  6. Setelah itu, Anda tinggal memilih mana foto yang ukurannya ingin Anda perkecil.
  7. Jika sudah, Anda tinggal klik Start Compress. Aplikasi tersebut akan mulai menjalankan tugasnya yaitu memperkecil ukuran foto sesuai yang Anda inginkan.
  8. Sekarang hasilnya bisa Anda lihat. Anda akan menemukan bahwa ukurannya sangat jauh berbeda dengan ukuran aslinya.

Sebagai tambahan, ketika Anda menggunakan aplikasi Photo Compress & Resize, Anda harus tahu bahwa semakin besar kualitas atau ukuran foto yang ingin Anda kompress, maka semakin kecil ukuran foto yang Anda kecilkan.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Tanpa Aplikasi

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengecilkan foto menjadi ukuran 200 KB menggunakan aplikasi, maka cara yang kami jelaskan selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin mengecilkan ukuran foto namun tanpa menggunakan aplikasi. Di sini Anda bisa mengunjungi website yang memang menawarkan layanan untuk memperkecil ukuran foto.

Website tesebut menawarkan kompress gambar secara cepat dan mudah. Untuk mengaksesnya, Anda tidak perlu melakukan registrasi atau mendaftar apa pun. Untuk selengkapnya, silakan Anda simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan compressjpeg.com

Salah satu website yang bisa Anda kunjungi adalah compressjpeg.com. Website yang satu ini menjadi salah satu yang banyak digunakan. Salah satu keunggulannya adalah Anda bisa langsung memperkecil foto-foto dalam waktu bersamaan. Untuk sekali kompress foto, Anda bisa memperkecil file foto maksimal 20 gambar jpg maupun jpeg. Prosesnya pun terbilang mudah dan pasti tidak akan kesulitan mengecilkan foto melalui website ini.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan Anda browser. Anda bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome atau browser yang lainnya.
  2. Kemudian, pada kolom alamat browser atau Address Bar.
  3. Sekarang, seharusnya Anda sudah masuk ke tampilan utama website compressjpeg.com
    Buka Situs Compress JPEG - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Buka Situs Compress JPEG
  4. Coba perhatikan pada tulisan Upload Files. Anda bisa mengklik Upload File lalu cari mana foto-foto yang akan Anda upload.
    Upload Foto yang Akan Diperkecil Ukurannya - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Upload Foto yang Akan Diperkecil Ukurannya
  5. Setelah Anda tentukan, maka foto-foto Anda akan otomatis terupload di website tersebut seperti gambar di bawah ini. Foto-foto tersebut ukurannya akan otomatis diperkecil.
  6. Jika semua foto sudah berhasil dikompress, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengunduh foto tersebut. Anda tinggal klik Download All jika ingin mengunduh semua foto tersebut. Anda juga bisa mengklik Download pada foto yang ingin Anda download.
    Klik Download pada Foto yang Sudah Selesai Diperkecil - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Klik Download pada Foto yang Sudah Selesai Diperkecil
  7. Sekarang foto Anda ukurannya sudah otomatis lebih kecil.

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui iloveimg.com

Selain website compressjpeg.com, ternyata ada website lain yang juga tidak kalah populer yang akan membantu mengecilkan ukuran foto Anda. Website tersebut bernama iloveimg.com. Website yang satu ini juga menawarkan fitur yang sama yaitu mengubah ukuran foto menjadi lebih mudah. Bahkan, iloveimg.com bukan hanya website sekadar untuk mengecilkan ukuran foto.

Melalui website ini Anda busa memotong gambar. edit foto, konversi ke format JPG, dan lain sebagainya. Untuk mengaksesnya Anda juga bisa tidak harus registrasi atau memiliki akun terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk memperkecil ukuran foto dengan iloveimg.com adalah sebagai berikut:

  1. Seperti biasa, karena ini merupakan website maka Anda harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu. Anda bisa memilih aplikasi browser mana saja yang Anda inginkan.
  2. Setelah itu, silakan ketik pada Address Bar iloveimg.com
  3. Sekarang seharusnya Anda sudah berada di tampilan website iloveimg.com seperti yang kami tunjukkan pada gambar di bawah ini :
    Buka Situs iloveimg - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Buka Situs iloveimg
  4. Seperti yang Anda lihat bahwa website tersebut memiliki banyak fitur. Namun karena kali ini yang Anda lakukan hanya memperkecil ukuran foto maka yang harus Anda lakukan adalah memilih Compress Image. Letaknya ada di sebelah kiri atas. Tinggal Anda klik.
  5. Kemudian Anda pilih Select Image. Anda tinggal menentukan mana saja foto yang akan Anda perkecil ukurannya. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu Anda tinggal men-drop foto-foto yang ingin Anda perkecil pada bagian Select Image.
    Upload Foto pada iloveimg - Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB
    Upload Foto pada iloveimg
  6. Setelah Anda selesai menentukan mana saja foto yang akan Anda kompress, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
    Klik Compress IMAGES
  7. Tinggal Anda klik Compress Image dan iloveimg.com akan otomatis menjalankan tugasnya untuk mempercil ukuran foto yang sudah Anda tentukan.
  8. Ketika prosesnya sudah selesia, foto hasil kompress tersebut akan otomatis meminta untuk didownload. Anda tinggal mendowloadnya dan kemudian mencari hasil downloadnya.
  9. Jika ternyata belum muncul, langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengklik Download Compress IMAGES.
    Klik Download compressed IMAGES
    Klik Download compressed IMAGES
  10. Sekarang foto-foto Anda sudah berhasil diperkecil ukurannya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint

Selain cara-cara yang sudah kami sebutkan di atas, sebenarnya masih ada cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan Paint.

Sekadar informasi bahwa Paint merupakan salah satu aplikasi default Windows atau aplikasi bawaan sistem operasi Windows. Semua versi sistem operasi Windows yang Anda gunakan, seperti 7, 8, maupun 10 sudah tersedia aplikasi ini.

Paint ternyata juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto. Caranya pun terbilang mudah dan kami yakin Anda bisa menggunakannya. Langkah-langkah menggunakan Paint untuk memperkecil foto adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silakan ketik nama Paint pada pencarian di Start Menu. Jika sudah menemukannya, Anda klik pada ikon Paint tersebut sehingga nanti Anda akan dibawa masuk ke tampilan aplikasi Paint.
    Buka Paint
    Buka Paint
  • Langkah kedua, ketika Anda sudah berada di tampilan Paint, silakan Anda mencari gambar yang akan Anda kecilkan. Caranya klik menu pada pojok kanan atas, lalu Anda pilih Untuk cara yang paling mudah, bisa dengan menggunakan tombol kombinasi Ctrl + O.
  • Langkah ketiga, sekarang Anda akan diminta untuk menentukan mana foto atau gambar yang ingin Anda kecilkan. Setelah Anda menentukan gambar tersebut, silakan klik open sampai gambar Anda muncul di aplikasi Paint.
  • Langkah keempat, silakan cari Resize dan klik pada menu tersebut. Menu inilah yang nanti akan membantu memperkecil ukuran foto.
  • Kemudian, Anda akan masuk ke tampilan Resize and Skew. Anda perhatikan di bagian Resize dan tinggal Anda berapa nilai pada Horizontal dan Vertikal-nya. Anda bisa memilih apakah akan memperkecil di bagian Percentage atau Pixel. Jika sudah, klik OK.
  • Sekarang, foto yang sudah Anda pilih tadi ukurannya sudah berubah lebih kecil. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik menu di pojok kiri atas lalu pilih Save. Anda juga bisa langsung menekan Ctrl + S.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait langkah-langkah memperkecil ukuran foto menjadi 200 KB baik menggunakan aplikasi atau tidak. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.