Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Mengetahui Laptop Asli Atau Palsu

Mau beli aptop? Ketahui dahulu bagaimana cara mengetahui laptop asli atau palsu supaya kamu tidak tertipu dengan barang palsu.

Punya laptop sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelajar dan mahasiswa. Bahkan pekerja kantor juga wajib memiliki komputer jinjing yang ditenagai dengan baterai ini.

Laptop tampil dengan dimensi yang lebih ringkas dibandingkan dengan komputer. Kamu bisa membawa laptop ke sekolah, kampus dan kantor dengan mudahnya.

Masih belum memiliki laptop? Tidaklah sulit untuk membeli laptop, karena sekarang banyak sekali pabrikan ternama yang merilis produk berupa laptop dengan fitur-fitur terbarunya.

Setiap laptop memiliki spesifikasi nya terlebih dahulu. Maka dari itu, membeli laptop harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kamu butuh Laptop untuk mengerjakan tugas sekolah dan kantoran, kamu bisa membeli laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Tapi jika kamu membutuhkan Laptop untuk desain grafis dan main game, kamu memerlukan laptop yang berspesifikasi tinggi.

Selain memperhatikan spesifikasi, jangan lupa juga untuk memastikan asli tidaknya laptop yang akan kamu beli.

Karena sekarang ada banyak sekali laptop super copy. Yang punya wujud sama tapi kualitasnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan laptop original nya.

Cara Mengetahui Laptop Asli Atau Palsu

Bagaimana cara untuk mengetahui laptop yang digunakan itu barang asli atau palsu? Kami memiliki beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan pengecekan laptop, antara lain:

1. Perhatikan Harga Laptop

Sejak dahulu masyarakat Indonesia beranggapan bahwa harga nggak bisa bohong, Hal ini juga berlaku untuk laptop.

Sebelum hendak membeli laptop, kamu bisa browsing ke beberapa situs jual beli untuk mengecek berapa harga pasaran tipe laptop yang akan dibeli.

Laptop original harganya pasti tidak jauh berbeda dengan harga laptop yang kamu cek di toko online yang sebelumnya kamu kunjungi.

Jika kamu ditawari Laptop dengan harga yang jauh lebih murah, bisa dipastikan bahwa laptop tersebut adalah versi imitasi.

Kalaupun original, bisa jadi laptop tersebut pernah mengalami kerusakan sebelumnya.


2. Cek Segel Laptop

Setiap laptop pasti memiliki segel dibagian bodynya. Fungsi segel adalah memastikan bahwa laptop tersebut belum pernah dibuka sebelumnya.

Hadirnya segel di laptop sangatlah penting sekali. Terutama ketika kamu ingin melakukan klaim garansi ke servis center.

Selain memastikan bahwa segelnya masih ada, kamu juga harus memastikan bahwa segel yang ada di laptop yang akan dibeli adalah segel original dari pabrikannya.

Perlu diketahui, segel laptop original biasanya terpasang sangat rapi dan memiliki kualitas yang bagus seperti hologram atau segel merek laptop itu sendiri.

Segel laptop imitasi terpasang secara asal-asalan. Kualitas segelnya jauh lebih buruk dibandingkan dengan segel original.

Mau tahu perbedaan tipe harddisk GPT dan MBR? Silahkan cari tahu selengkapnya disini.

3. Cek Body Laptop

Selanjutnya kamu bisa mengecek dengan seksama pada bagian body dari laptop yang ingin dibeli.

Laptop original body-nya pasti akan sangat mulus tanpa baret sedikitpun karena sebelum dipasarkan pabrikan melakukan quality control yang sangat ketat.

Sementara itu, laptop imitasi biasanya memiliki body dengan build quality yang lebih buruk dibandingkan dengan laptop original. Tidak jarang juga ada goresan atau cat yang tidak rata pada body laptop kw.


4. Pastikan Spesifikasi Laptop

Biasanya kamu akan diberi brosur yang menginformasikan mengenai harga, spesifikasi dan juga kelebihan dari laptop yang akan dibeli.

Sebelum membeli, silahkan pastikan kebenaran spesifikasi tersebut secara langsung. Laptop original, spesifikasi nya pasti sesuai dengan yang terlihat di brosur atau dus nya.

Jika spesifikasinya tidak sesuai, sudah bisa dipastikan bahwa laptop yang kamu lihat adalah laptop imitasi yang akan sangat merugikan sekali jika dibeli.


5. Cek Kartu Garansi

Mengecek kartu garansi juga wajib banget untuk dilakukan supaya kamu bisa mengetahui asli tidaknya laptop yang akan kamu beli.

Garansi laptop original berkisar antara 1 hingga 2 tahun. Jika garansi hanya berlaku dalam hitungan bulan saja, tidak menutup kemungkinan bahwa laptop tersebut adalah imitasi.

Suka main game? Berikut kami berikan rekomendasi keyboard gaming terbaik saat ini.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memastikan keaslian dari laptop yang akan kamu beli. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.