Tips & Trik

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Pernah Terhubung (Windows 11)

Sudah pernah terhubung dengan WiFi orang lain ? Ingin tahu passwordnya ? Beginilah cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung di Windows 11.

Tidak bisa dipungkiri bahwa akses internet di jaman yang serba canggih dan digital ini memang sangat dibutuhkan.

Untuk menghubungkan koneksi jaringan, mereka bisa memakai fasilitas entah dari data provider, atau jaringan seperti WiFi.

Akan tetapi banyak yang menggunakan preferensi WiFi sebagai akses sambungan internet utama mereka, karena dinilai lebih cepat dan stabil.

Agar dapat tersambung dengan WiFi, biasanya kita perlu masuk menggunakan password. Hampir mayoritas jaringan WiFi sengaja diatur dengan kata sandi, tujuannya untuk menghindari client overload, mencegah limit FUP, dan menstabilkan jaringan.

Berkaitan dengan kata sandi, kami punya tips cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung di Windows 11.

Keuntungan cara seperti ini, kita bisa dengan mudah mengetahui kunci masuk sebuah koneksi internet, tanpa perlu mencari tahu pemilik.

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Pernah Terhubung (Windows 11)

Cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung, sangat berguna apabila kamu ingin menyambungkan perangkat lain, namun lupa dengan kata sandi WiFi yang terpasang di komputer dan laptop saat ini.

Windows telah menyediakan akses untuk melihat info kata sandi tersebut, lewat sistem riwayat yang disimpan otomatis. Langsung saja ikuti dua cara berikut.

Cara 1 : Network Properties

Metode paling mudah untuk mengetahui password dari koneksi WiFi yang sudah pernah kita sambungkan sebelumnya yaitu lewat jendela Network Properties.

Cara ini akan berhasil apabila perangkat sudah pernah login, dan posisinya saat ini masih terkoneksi dengan sambungan WiFi.

Maka nanti sistem pada Windows akan memberikan opsi izin akses, untuk membantu pengguna mengetahui kombinasi password dari koneksi WiFi target.

Yang kamu lakukan sangat mudah, tinggal ikuti saja penjelasan dibawah ini.

  1. Pastikan kamu saat ini sedang tersambung ke koneksi WiFi target.
  2. Buka jendela Settings Windows 11, caranya bisa langsung klik Windows + I.
  3. Setelah itu tap pada menu Network & Internet.
  4. Scroll kebawah dan klik pada More network adapter options.
  5. Disana akan tampil aktivitas koneksi perangkat.
  6. Klik kanan pada Wifi dan pilih Status.
  7. Saat jendela status terbuka, klik pada kotak Wireless Properties.
  8. Lanjut tap bagian Security.
  9. Disini bakal tampil informasi tentang wifi yang sedang kamu pasangkan. Dan untuk mengetahui password, centang tombol Show Characters.
  10. Maka password tersebut bakal tampil di bagian Network security key.
  11. Silahkan gunakan password, untuk menyambungkan ke perangkat lain.

Cara 2 : Menggunakan Command Prompt

Sebagian orang menggunakan Command Prompt ini untuk menyusun perintah script, menyelesaikan masalah, menjalankan tugas otomatis, atau lain sebagainya.

Karena potensi dari jendela Command Prompt berikut sangat besar, sehingga kita bisa menggunakannya untuk melihat informasi koneksi WiFi yang sudah terpasang maupun sedang terpasang.

Keterangan yang terlampir pada command prompt sangat lengkap, termasuk melihat kunci password dari koneksi target.

Tetapi sebelum melihat detail dari program Command Prompt, user harus memasukkan script khusus agar aplikasi ini dapat memproses permintaan menjadi bentuk informasi.

Lakukan cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung di Windows 11, lewat bantuan CMD dibawah.

  1. Pertama ketuk tombol Start.
  2. Setelah itu ketikkan di kolom pencarian start dengan kata kunci Command Prompt.
  3. Jika hasil pencarian tampil, jalankan program Command Prompt tersebut dengan cara Run as administrator.
  4. Kemudian setelah jendela CMD ini terbuka, ketikkan script pertama yaitu netsh wlan show profile kemudian ketuk tombol Enter.
  5. Dengan demikian akan muncul daftar SSID atau daftar WiFi yang sudah pernah tersambung sebelumnya di perangkat kalian. Tinggal kamu pilih saja nama WiFi yang ingin kita ketahui informasi passwordnya. Perhatikan namanya dan catatan karena nanti kita akan masukkan ke dalam script.
  6. Lanjut kita ketikkan saja script untuk melihat detail suatu WiFi, dengan netsh wlan show profile “nama WiFi” key=clear. Ganti nama WiFitersebut dengan nama koneksi si target. Misalnya netsh wlan show profile redmi key=clear dan Enter. (penulisan nama WiFitanpa tanda petik dua)
  7. Untuk melihat passwordnya, cek pada bagian baris Key Content.
  8. Selesai.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung di perangkat Windows 11.

Satu yang perlu diingat sebelum mengikuti tutorial diatas yaitu, password hanya akan muncul kalau perangkat sudah pernah tersambung ke koneksi WiFi sebelumnya.

Jadi sistem Windows akan merekam jejak akses input password, dan menyimpannya apabila kamu ingin melihat kembali. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button