Tips & Trik

Begini Cara Menggunakan Android Beam untuk Mengirim File

Smartphone dengan sistem operasi Android memang memiliki banyak sekali fiturnya. Namun tak semua pengguna nya tau tentang fungsinya, salah satunya adalah fitur Android Beam yang banyak disematkan namun jarang digunakan.

Apakah itu Android Beam?

Sebelum melangkah lebih jauh lagi tentang tata cara menggunakan fitur Android Beam, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu tentang fitur Android Beam ini.

Android Beam adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk berbagi file baik berupa foto, video dan masih hanya lagi jenis file lainnya dengan mudah. Bisa dibilang fitur ini mirip dengan bluetooth dan inframerah.

Tapi tidak semua HP Android bisa menggunakan fitur Android Beam ini. Karena hanya smartphone Android yang dibekali dengan fitur near field communnication atau yang disingkat NFC saja yang bisa menggunakannya.

Saat ini untuk mendapatkan smartphone dengan fitur NFC gampang sekali. Pasalnya sudah ada banyak sekali smartphone yang dibekali dengan fitur yang sering digunakan untuk pembayaran ini.

Baca Juga: 10 HP Oppo Layar 5 Inchi Lengkap dengan Harga Terbarunya

Cara Mengirim File Menggunakan Fitur Android Beam

Mengirim file menggunakan Android Beam mudah sekali untuk dilakukan. Kamu perlu menyiapkan smartphone berfitur NFC yang akan digunakan untuk mengirim dan menerima. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak seperti berikut ini.

  1. Silahkan untuk mengaktifkan fitur NFC pada kedua smartphone yang akan digunakan untuk mengirim dan menerima. Silahkan buka menu Setting -> Koneksi -> NFC dan Pembayaran -> Aktifkan.
  2. Kemudian silahkan untuk mencari file yang akan di kirim bisa berupa gambar, video dsb.
  3. Setelah file yang ingin dikirim sudah ditemukan. Pilih bagikan -> Via Android Beam.
  4. Silakan dekatkan kedua smartphone seperti hendak mengirim file menggunakan inframerah, biasanya sensor NFC berada dibagian belakang smartphone.
  5. Tunggu hingga proses mengirim file menggunakan Android Beam selesai.
  6. Selamat kamu sudah berhasil mengirimkan file menggunakan Android Beam.
  7. Selesai

Baca Juga :

Itulah brosis tentang bagaimana cara menggunakan android beam untuk mengirim file memang gampang sekali untuk dilakukan, dijamin kamu pasti bisa setelah membaca artikel ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker