Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis

Pandemi COVID19 memang mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Hal-hal penting seperti belajar mengajar dan rapat mau tidak mau harus dilakukan secara virtual.

Tidaklah sulit untuk rapat secara virtual. Karena kini ada banyak sekali aplikasi rapat online yang bisa kita andalkan, salah satunya adalah Google Meet.

Mengenal Google Meet

Google Meet adalah sebuah layanan video conference gratis yang banyak diandalkan belakangan ini. Selain bisa diakses melalui aplikasi nya, layanan Google Meet juga bisa kalian gunakan melalui browser.

Banyak diandalkannya Google Meet bukan tanpa alasan. Layanan video conference dari Google ini banyak digunakan karena sudah terbukti aman dan mudah banget cara pakainya.

Google Meet juga bisa membantu kita untuk meeting online dengan batas maksimal 100 peserta dengan durasi maksimal 60 menit secara gratis.

Google Meet juga punya beberapa fitur lain yang bisa semakin memudahkan kalian saat rapat online. Fitur yang dimaksud adalah Background virtual, Chatting saat meeting, Presentasi, caption dan Whiteboard Dengan Google Jamboard.

Jika kalian ingin rapat dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan dengan durasi yang lebih lama, kalian harus mengaktifkan paket premium dari Google Meet dengan harga mulai dari $8.

Meskipun cara pakainya gampang banget. Masih ada juga netizen yang belum tau bagaimana cara menggunakan Google Meet secara gratis baik itu melalui browser atau melalui aplikasi resminya.


Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis

Seperti judul nya, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Google Meet secara Gratis. Kalian yang belum berpengalaman bisa menyimak langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Melalui Browser

Apakah kalian ingin rapat online menggunakan Google Meet menggunakan laptop ? Jika demikian kalian bisa menggunakan layanan ini melalui browser.

Supaya meeting berjalan lancar, pastikanlah kalian sudah meng-install aplikasi browser terbaik seperti Opera, Chrome atau Edge. Untuk langkah-langkahnya, kalian bisa simak penjelasannya berikut ini :

  1. Buka browser di laptop kalian, pastikan kalian sudah login ke akun Google masing-masing di browser yang kalian gunakan untuk meeting ya.
  2. Kunjungilah situs meet.google.com, lalu silahkan klik “New Meeting” jika kalian ingin membuat rapat.Langkah Pertama - Cara Menggunakan Google Meet Gratis
  3. Tapi jika kalian memiliki kode undangan rapat dari rekan kerja, kalian bisa langsung memasukkan kodenya di kolom disebelah kanan tombol “New Meeting”.
  4. Setelah tombol meeting diklik, kalian akan disuguhi dengan 3 opsi seperti ini, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin rapat sekarang, kalian bisa pilih “Start an instan meeting”.Langkah Kedua - Cara Menggunakan Google Meet Gratis
  5. Muncul permintaan akses mikrofon dan kamera, silahkan “izinkan”.Langkah ketiga - Cara Menggunakan Google Meet Gratis
  6. Setelah itu akan muncul permintaan akses notifikasi, silahkan “izinkan”.Langkah Keempat - Cara Menggunakan Google Meet Gratis
  7. Rapat sudah siap, kalian tinggal mengundang rekan kerja untuk bergabung.Langkah Terakhir - Cara Menggunakan Google Meet Gratis
  8. Selesai.

    2. Melalui Aplikasi Google Meet

    Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Google merilis aplikasi Google Meet yang diperuntukkan untuk smartphone Android dan juga iOS.

    Hadirnya aplikasi Google Meet ini tentu sangat membantu. Karena saat tak berada di depan PC, kalian masih bisa rapat online dengan smartphone.

    Cara menggunakan Google Meet secara gratis melalui aplikasi nya juga gampang banget. Jika kalian belum berpengalaman, simak langkah-langkah dibawah ini :

    1. Silahkan instal aplikasi Google Meet terlebih dahulu melalui tombol dibawah ini:
      Untuk Android :
      Google Meet
      Google Meet
      Developer: Google LLC
      Price: Free
      Untuk iOS :
      ‎Google Meet
      ‎Google Meet
      Developer: Google LLC
      Price: Free
    2. Setelah terinstal, langsung saja buka aplikasinya ya.
    3. Jika kalian di smartphone kalian ada banyak akun Google, kalian harus memilih salah satu diantaranya.Langkah Pertama - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    4. Setelah itu, teman-teman akan melihat “persetujuan penggunaan” aplikasi Google Meet, pilihlah “Continue”.Langkah Kedua  - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    5. Muncul permintaan akses kamera, silahkan “Izinkan”.Langkah Ketiga - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    6. Lalu akan muncul permintaan akses mikrofon, silahkan “izinkan”.Langkah Keempat - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    7. Apabila kalian ingin membuat rapat silahkan pilih “New Meeting” atau jika ingin bergabung dengan rapat, pilihlah “Join with a code”.Langkah Kelima - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    8. Apabila kalian memilih “New Meeting”, nantinya kalian akan melihat 3 opsi seperti ini. Jika ingin segera rapat, pilihlah “Start an Instan meeting”.Langkah Keenam  - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    9. Tunggulah beberapa saat, Google Meet sedang menyiapkan rapat online untuk kalian.
    10. Setelah itu, kalian tinggal mengundang teman untuk rapat bersama melalui link khusus atau kode undangan.Langkah Terakhir  - Cara Menggunakan Google Meet Secara Gratis
    11. Selesai.

    Tutorial diatas adalah cara menggunakan Google Meet secara gratis di smartphone Android. Bisa jadi ada sedikit perbedaan langkah-langkah apabila kalian rapat online dengan aplikasi Google Meet iOS.


    Akhir Kata

    Demikianlah cara menggunakan Google Meet secara gratis yang dibahas tuntas dalam artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua. Terimakasih sudah membaca!

    Adya Razan

    Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
    Subscribe
    Notify of
    guest
    0 Comments
    Inline Feedbacks
    View all comments
    Back to top button

    Alasan untuk Mematikan Adblock

    Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.