Tips & Trik

Cara Menggunakan Joystick PS3 Windows 10

Pasti kalian yang suka game sudah sering kata PlayStation. Nah, game console buatan Sony ini memang dari dulu sudah digandrungi oleh para penikmat game. Hingga artikel ini dibuat, PlayStation sudah mencapai versi kelima.

Tapi saat ini, kita tidak akan membahas PS4 atau PS5, melainkan PS3. Banyak pecinta game PS yang masih memainkan PS3. Mungkin hal ini disebabkan oleh 8 fakta unik PS3 berikut ini:

  1. PS3 digunakan untuk penelitian Black Hole.
  2. PS3 tidak menggunakan pemutar Blu-Ray murahan.
  3. PS3 dapat digunakan untuk browsing di Internet.
  4. Pemutar PS3 tidak berisik.
  5. PS3 Slim berukuran lebih kecil.
  6. Library gamenya lebih banyak.
  7. Selalu diupdate oleh Sony.
  8. Efek blur yang keren.

Lalu untuk memainkan PS3 ini kalian diberikan sebuah joystick atau sekarang biasa disebut dengan nama “Gamepad“. Nah kami akan berikan tips agar kalian bisa menggunakan joystick atau gamepad ini di PC dan laptop kalian.

Tapi untuk kali ini tutorial hanya fokus ke cara menggunakan joystick atau gamepad di windows 10. Dan berikut adalah cara lengkapnya:

Cara Menggunakan Joystick PS3 Windows 10

  1. Pertama, silahkan hubungkan joystick PS3 ke PC/Laptop meggunakan kabel USB.
  2. Kemudian cek daftar perangkat di PC/Laptop dan pastikan ada PS3 Gamepad. Untuk cara cek daftar perangkat silahkan ke “Control PanelHardware and Sounds” Devices and Printers“.
    cara cek daftar perangkat di pc dan laptop
    cara cek daftar perangkat di pc dan laptop
  3. Kemudian jika PS3 Gamepad sudah ketemu, kalian harus menginstall aplikasi yang bernama SCPToolkit (Klik Disini untuk Unduh).
  4. Jika aplikasi tersebut sudah terpasang, silahkan jalankan.
  5. Sekarang kalian harus mensetting pengaturan aplikasi tersebut. Dan untuk bagian Bluetooth, silahkan sesuaikan dengan nama perangkat bluetooth yang dipakai.
  6. Kalian bisa menggunakan bluetooth dongle atau perangkat bluetooth lain yang sudah terpasang di laptop/pc.
  7. Untuk mengecek nama bluetooth silahkan kalian ke “Device Manager” dan cari “Bluetooth“. Lebih lengkapnya seperti ini: Silahkan klik Start ketik “Device Manager → kemudian buka dan cari “Bluetooth→ klik kanan dan pilih Advanced“, disitu akan tertera nama bluetooth.
    cara mencari nama bluetooth di pc atau laptop
    cara mencari nama bluetooth di pc atau laptop
  8. Jika sudah lakukan pengaturan aplikasi SCPToolkit seperti dibawah ini:
    pengaturan scptoolkit
    pengaturan scptoolkit
  9. Jika sudah diatur , klik tombol “Install” dan tunggu proses installasi selesai dan akan muncul notifikasi. Silahkan abaikan saja.
  10. Jika proses pemasanagan berhasul, silahkan kalian kembali ke daftar perangkat (langkah no 2) dan di dalam daftar pasti sudah ada “Xbox 360 Controller for Windows“.
    joystick sudah terhubung dengan pc-laptop
    joystick sudah terhubung dengan pc-laptop
  11. Jika ada berarti installasi kalian sudah berhasil.

Note : Jika kalian sudah menghubungkan perangkat bluetooth dengna Joystick PS3 maka bluetooth tidak akan bisa terhubung dengan perangkat lain selain Joystick PS3. Menggunakan bluetooth bertujuan agar joystick PS3 kalian bisa dihubungkan tanpa kabel alias (wireless bluetooth).

menghubungkan bluetooth dengan joystick ps3
menghubungkan bluetooth dengan joystick ps3

Seperti gambar diatas menunjukkan bahwa pengaturan bluetooth hilang dari menu. Jika kalian ingin mengaktifkan fitur ini kembali, kalian cukup mengulangi step ke 8 dan pilih “Uninstall” dan silahkan restart PC/Laptop.

Demikian adalah tips mengenai cara menggunakan joystick ps3 windows 10. Dan semoga tips yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dari kami dan terima kasih telah berkunjung.

Tags

surgatekno

Jadilah Content Writer disitus ini lewat link https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker