Tips & Trik

Cara Menghapus Lokasi atau Tempat di Google Maps

Google Maps merupakan salah satu layanan Google yang digunakan sebagai peta digital. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mencari tahu lokasi yang diinginkan. Selain itu, Google Maps juga dapat digunakan sebagai navigasi untuk mengantarkan ke lokasi tujuan.

Google Maps sendiri pada awalnya bernama Google Lokal pada Maret 2004. Dan berganti nama menjadi Google Maps secara resmi pada Juni 2005.

Di aplikasi ini ada banyak sekali tempat dan lokasi yang bisa kalian cari mulai dari warung makan, tempat nongkrong, tempat wisata, toko bahkan warteg sekalipun.

Google Maps memiliki jaringan pengguna yang sangat luas dan banyak. Google memberikan akses kepada para pengguna untuk menambahkan lokasi tempat pada peta Gmaps. Jadi kalian bisa menambahkan tempat wisata, toko, tempat nongrong yang kalian sukai agar diketahui banyak orang.

Tetapi namanya lokasi pasti bisa berubah. Semisal kita menambahkan warung nongkrong di jalan WR. Supratman dan setelah beberapa tahun tempat nongkrong tersebut pindah ke jalan Slamet Riyadi. Otomatis ketika ada yang mencari tempat tersebut tidak ketemu karena memang sudah pindah.

Saya sendiri juga sudah pernah mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, saya membuat artikel cara menghapus lokasi di google maps ini. Karena apabila tidak dihapus, fake lokasi tersebut akan menyesatkan banyak orang.

Hal ini dapat dilakukan karena Google juga memberikan akses kepada penggunanya untuk menghapus lokasi di peta google maps. Penghapusan lokasi google maps ini akan secara manual diverifikasi oleh pihak Google.

Lalu bagaimana cara menghapus lokasi di peta google maps ? Berikut adalah tutorial lengkapnya.

Cara Menghapus Lokasi atau Tempat di Google Maps

  1. Pertama silahkan buka Google Maps, boleh lewat smartphone ataupun melalui websitenya.
  2. Kemudian cari fake lokasi atau tempat yang ingin kalian hapus dari peta.
    cari lokasi atau tempat di google maps
    cari lokasi atau tempat di google maps
  3. Jika sudah ketemu lokasi atau tempat, silahkan klik tempat tersebut.
  4. Lalu akan muncul pop up detail lokasi.
  5. Silahkan scroll sedikit kebawah dan kalian akan melihat menu “Sarankan Edit” atau “Suggest Edit“, silahkan klik menu tersebut.
    klik menu sarankan edit google maps
    klik menu sarankan edit google maps
  6. Kemudian akan muncul 2 opsi dan silahkan pilih “Hapus tempat ini“.
    pilih menu hapus tempat ini google maps
    pilih menu hapus tempat ini google maps
  7. Kalian akan diminta untuk mengisi informasi dan alasan kenapa tempat tersebut harus dihapus dari google maps. Silahkan isikan sesuai fakta yang kalian ketahui.
    isi alasan penghapusan lokasi dan tempat
    isi alasan penghapusan lokasi dan tempat
  8. Jika muncul sebuah poin atau saran pengeditan kalian, berarti kalian sudah berhasil melaporkan lokasi tersebut untuk dihapus.
  9. Selesai.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Google atau Gmail Permanen

Oh iya hampir lupa, saat mengisi informasi dan alasan. Kalian dianjurkan untuk memberikan foto sebagai bukti kuat bahwa tempat dan lokasi tersebut memang sudah tidak ada. Akan tetapi jika kalian tidak memiliki foto, silahkan kosongkan saja.

Secara manual pihak Google akan menghapus lokasi tersebut setelah verifikasi manual.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Saran saja, bagikan apa yang benar-benar ada jangan sampai kita merugikan orang lain apalagi sampai mengesatkan orang lain. Terima kasih dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Tags

Razqa Lathif

Baru join di surgatekno. Bisa nyalurin hobi menulis di dunia teknologi. Buat teman-teman yang mau join bisa ke https://surgatekno.com/content-writer/
Please Login to comment
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker