Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

8 Cara Menghemat Paket Data Internet HP Android

Tak bisa dipungkiri, paket data termasuk dalam daftar kebutuhan primer masyarakat yang hidup di era modern seperti sekarang.

Hal tersebut wajar sekali rasanya karena kebanyakan kegiatan kini banyak dilakukan secara online. Mulai dari berkomunikasi, mendapatkan informasi, hiburan hingga bertransaksi.

Apalagi disaat pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kegiatan belajar mengajar harus terpaksa dilakukan secara online guna memutus rantai penyebaran virus yang saat ini melanda seluruh dunia ini.

Karena itulah kebanyakan orang akan merasa sedih jika sampai kuota internet nya habis. Apalagi insiden habisnya kuota internet dibarengi dengan isi dompet yang ikutan habis, jadi makin sedih kan?

Tapi beruntungnya kita tengah berada di jaman yang teknologinya canggih, ada berbagai aplikasi dengan fitur tertentu yang dirancang khusus untuk membantu kita supaya bisa menghemat penggunaan paket data internet.

8 Cara Menghemat Paket Data Internet yang Paling Ampuh!

Cara menghemat paket data internet sebenarnya gampang sekali. Tapi kebanyakan para netizen belum mengetahui bagaiman cara melakukannya dengan benar.

Nah jika kalian salah satu dari mereka yang belum tau. Silahkan untuk mengikuti beberapa cara menghemat paket data internet yang akan SurgaTekno jelaskan berikut ini.

1. Pilihlah Browser yang Tepat

Tak bisa dipungkiri, browser bisa menjadi salah satu aplikasi yang doyan banget untuk menyantap kuota internet yang kalian miliki.

Oleh karena itu, kalian harus menggunakan aplikasi browser yang tepat dan dan dibekali dengan fitur penghemat data yang bekerja dengan cara mengkompres ukuran halaman web jadi berukuran lebih kecil.

Hadirnya fitur seperti ini pada aplikasi browser tidak hanya bisa mencegah kuota internet kalian habis seketika, tapi juga bisa membantu browsing jadi lebih cepat dari biasanya.

Nah, jika kalian belum menemukan aplikasi browser yang tepat. Cobalah untuk menyimak beberapa rekomendasi aplikasi browser dengan fitur penghemat data terbaik dibawah ini:

  1. Chrome
  2. Opera
  3. Opera Mini
  4. UC Mini
  5. Via Browser

Beberapa aplikasi browser yang direkomendasikan di atas dibekali dengan fitur custom UA. Supaya bisa browsing hemat paket data, kalian bisa menggunakan UA HP jadul seperti Nokia Symbian dan BlackBerry.


2. Membatasi Data Latar Belakang

Selain menggunakan browser yang tepat, kalian juga perlu memperhatikan Aplikasi yang berjalan di latar belakang, karena aplikasi ini juga bisa memakan habis paket internet yang kalian miliki.

Agar aplikasi yang berjalan di background tidak lagi menghabiskan kuota internet, kalian harus membatasi data latar belakang.

Cara membatasi data layar belakang sangat mudah sekali. Kalian tidak memerlukan aplikasi tambahan, karena fitur ini tersedia dalam menu pengaturan bawaan smartphone Android yang kalian gunakan.

Hmm, tiba-tiba muncul “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” saat membuka aplikasi? Mungkin kamu bisa coba solusi pada postingan ini.

3. Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis

Selain melakukan update sistem Android, sebuah aplikasi di Android akan mendapatkan update secara berkala. Dalam aplikasi versi baru bisa jadi ada fitur tambahan atau perbaikan bugs yang ada pada aplikasi versi lama.

Karena sangat disarankan untuk melakukan update, dalam Google Play terdapat fitur dimana aplikasi yang terinstall akan otomatis terupdate seketika HP terhubung dengan jaringan internet.

Fitur ini memang bisa memudahkan kita untuk melakukan update aplikasi. Tapi salah satu dampak negatif dari fitur ini adalah bisa menguras kuota internet. Jadi disarankan untuk mematikan fitur update aplikasi otomatis yang ada di Google Play.

Selain menonaktifkan, kalian juga bisa mempertimbangkan untuk mengaktifkan opsi untuk melakukan update aplikasi otomatis jika HP terhubung dengan Wi-Fi.

Dengan demikian, Google Play hanya akan melakukan update aplikasi ketika smartphone menggunakan jaringan WiFi, tidak pada jaringan seluler.


4. Meminimalisir Penggunaan Aplikasi / Game Boros Kuota

Selain ketiga cara sebelumnya, kalian juga bisa meminimalisir atau mengurangi penggunaan aplikasi yang dirasa sangat boros kuota. Aplikasi yang dimaksud bisa berupa aplikasi streaming, media sosial atau platform video.

Untuk mengetahui aplikasi atau game mana yang boros kuota, kalian bisa membuka menu Pengaturan ➤ Penggunaan Data, setelah itu kalian akan mengetahui aplikasi mana saja yang mengkonsumsi banyak data.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama beberapa tahun menggunakan Android. Aplikasi seperti YouTube, Instagram serta aplikasi platform video seperti TikTok dan Snack Video bisa memakan paket data yang banyak.

Selain aplikasi seperti yang disebutkan tadi, tidak jarang juga game online menjadi biang keladi cepat habisnya kuota internet yang kalian miliki.


5. Hapus Aplikasi Boros Kuota

Saat melihat aplikasi boros kuota, kalian harus memastikan apakah aplikasi tersebut masih kalian butuhkan atau sudah tidak lagi diperlukan.

Jika dirasa sudah tidak lagi diperlukan, silahkan untuk menghapus aplikasi nya. Dengan melakukan penghapusan, kalian bisa lebih hemat data internet sekaligus lebih hemat penyimpanan internal smartphone.

Oh iya, menghapus aplikasi boros kuota yang sudah tidak diperlukan lagi juga bisa membantu daya tahan baterai lebih tahan lama.

Mau beli paket internet Telkomsel dengan harga yang murah? Kamu bisa coba beberapa kode dial up paket data murah Telkomsel.

6. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis adalah sebuah fitur yang berguna untuk melakukan proses sinkronisasi data antara aplikasi Android dengan server dari berbagai akun yang ada dalam HP Android kalian secara otomatis.

Berhubung sinkronisasi menggunakan data internet, tidak jarang juga fitur ini menjadi salah satu penyebab kenapa kuota internet kalian cepat banget habis.

Jadi solusi yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Caranya gampang banget, kalian bisa melakukan lewat menu Pengaturan.

Hmm, tiba-tiba muncul “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” saat membuka aplikasi? Mungkin kamu bisa coba solusi pada postingan ini.

7. Matikan Data Saat Tidak Dipakai

Ketujuh, kalian harus memastikan data saat smartphone Android tidak lagi digunakan. Karena ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di latar belakang yang mengonsumsi kuota internet.

Lupa tidak mematikan data saat HP tidak digunakan juga bisa membuat konsumsi daya baterai jadi boros. Karena itu jangan sampai kalian lupa mematikan data ya!


8. Sering-seringlah Menggunakan WiFi

Cara terakhir ini memang sangat ampuh. Karena dengan lebih sering menggunakan jaringan WiFi, kuota internet yang kalian miliki akan jadi lebih hemat dan dijamin kalian tidak akan sering isi kuota!

Tidaklah sulit untuk menemukan jaringan WiFi disekitar. Di tempat-tempat ramai seperti warkop, cafe, alun-alun dan tempat ramai lainnya ada banyak jaringan WiFi yang bisa kalian gunakan secara gratis sepuasnya.

Meski setiap hari menggunakan WiFi disarankan untuk tidak lupa mengisi Kuota internet untuk berjaga-jaga jika harus online di tempat yang tidak terjangkau jaringan WiFi.

Ingin mematikan update sistem Android? Kami sudah pernah membahasnya di tutorial cara menghilangkan pembaruan Android.

Akhir Kata

Demikian adalah cara menghemat paket data internet sudah selesai dijabarkan dengan lengkap.

Selanjutnya kalian bisa praktekkan pada smartphone masing-masing, lalu jangan lupa untuk menceritakan pengalaman kalian setelah mempraktekkannya di kolom komentar.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.