web site hit counter
Tips & Trik

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Panduan cara menghidupkan komputer dengan benar agar tidak mudah rusak. Mulai dari pengecekan kabel hingga siap digunakan secara lengkap.

Perhatikan selalu kondisi perangkat komputer ataupun laptop. Rutin lakukan perawatan agar perangkat dapat beroperasi optimal.

Ada banyak cara dalam merawat sebuah perangkat, dari perlakuan yang kompleks hingga tindakan-tindakan detail kecil termasuk juga kedalam bentuk maintenance PC.

Walaupun kamu tidak sempat melakukan perawatan dalam tanda kutip proper, bisa dimulai dari langkah terkecil seperti mengikuti tips cara menghidupkan komputer dengan benar, supaya tidak mudah rusak.

Trik menghidupkan komputer meski terlihat sangat sederhana, tetapi ada tata cara tersendiri agar kesehatan komponen-komponen perangkat tetap awet.

Penjelasan tersebut sudah kami rangkumkan dibawah ini, silahkan cek tutorialnya sampai akhir.

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Ikuti prosedur menghidupkan komputer dengan benar dibawah ini, karena proses menyalakan PC membutuhkan tahapan-tahapan yang benar, agar komponen khususnya perangkat keras tidak cepat rusak.

Pastikan semua kabel koneksi komputer sudah tersambung dengan baik dan benar. Cek kabel yang sudah getas, hindari penggunaan kabel power yang usang karena sangat berpotensi membahayakan user karena mengalirkan aliran listrik.

Jika sudah kita mulai langkah yang pertama.

Langkah 1 : Pastikan Kabel sambungan Komputer

2 Sambungkan Power Cable - Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Langkah paling awal sebelum menyalakan sebuah perangkat komputer adalah, periksa semua kabel yang tersambung dengan baik dan benar.

Tidak seperti laptop, komputer terdiri dari rangkaian perangkat keras yang saling mendukung operasional sistem.

Beberapa diantara kabel yang harus kamu cek adalah, pertama kabel power yang tersambung ke CPU. Setelah itu sambungan kabel power monitor, sambungan power ke printer, spekaer, atau lainnya.

Kemudian koneksi ke komputer ada seperti kabel VGA / HDMI monitor, kabel USB mouse, kabel USB, keyboard, jack audio, dan lain sebagainya.

Perhatikan kondisi kabel yang sudah berumur, biasanya ditandai dengan lapisan luar yang mulai getas. Lebih baik ganti dengan yang baru karena sambungan akan kurang sempurna, bahkan beresiko tersengat tegangan listrik.

Langkah 2 : Menyalakan Monitor

1 Sambungkan Koneksi VGA - Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Lanjut kalau semua sambungan sudah terpasang dengan baik, nyalakan monitor komputer dengan cara menekan tombol power.

Setiap merk atau jenis monitor mempunyai model dan tipe yang berbeda-beda, kamu bisa menemukan tombol power dari bagian sisi depan panel bodi, belakang monitor, atau di area bawah dek monitor tersebut.

Untuk tipe monitor terbaru kebanyakan juga telah mengubah jenis sambungan kabel, menjadi HDMI. Kalau monitor kelas mid low atau keluaran lawas masih pakai model VGA.

Jangan lupa cek lagi kabel-kabelnya, terutama kabel power harus tersambung dengan baik. Apabila tidak monitor tidak akan menyala karena alat tidak mendapatkan arus daya. Kencangkan kembali port kabel dari monitor ke komputer.

Kalau kurang kencang, gambar visual pada sistem akan terlihat kurang jelas.

Langkah 3 : Nyalakan Komputer dengna Tombol Power

3 Nyalakan PC - Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Mulai kita hidupkan komputernya, dengan mengetuk tombol power yang ada di casing CPU. Letak tombol ini cenderung terespose, karena didesain agar kita bisa lebih mudah menemukannya.

Model tombol power juga beragam tergantung casing yang kamu gunakan, ada berbentuk bulat, kotak, segitiga, bahkan ada juga yang pakai akses warna RGB, detail tombol clean look, dan lain sebagainya.

Nyalakan dengan cara klik sekali sampai perangkat kemudian merespon dan mulai menghidupkan sistem operasi komputer.

Kalau komputer tidak menyala, perhatikan kabelnya, biasanya port koneksi daya listrik untuk power kurang terpasang sempurna.

Langkah 4 : Tunggu Proses Booting

Jangan lakukan apapun ketika proses booting berlangsung. Kamu cukup tunggu saja sampai komputer benar-benar menyala.

Lama tidaknya booting ditentukan dengan kapasitas atau kemampuan perangkat. Semakin tinggi spec komputer, seperti ukuran RAM dan internal SSD jumbo, maka semakin cepat juga booting berlangsung.

Begitu sebaliknya, kalau kondisi spec komputer tergolong minimalis, bahkan komponen-komponennya sudah usang proses booting bisa lebih lama dan cukup memakan banyak waktu.

Langkah 5 : Komputer Siap Digunakan

4 Booting Komputer - Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Terakhir kalau tampilan layar sudah masuk ke dalam desktop, artinya komputer siap kamu gunakan. Silahkan operasikan program dan jalankan semua tugas sesuai kebutuhan masing-masing.


Akhir Kata

Meski terlihat simpel, proses menghidupkan komputer juga harus sesuai langkah-langkah urutannya.

Setelah melihat urutan cara diatas, bagaimana mudah bukan cara menyalakan komputer? Lakukan secara berulang, agar perangkat tidak mudah cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.