Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

2 Cara Mudah Mengirim APK Lewat Bluetooth

Salah satu kelebihan dari ponsel Android adalah tersedianya banyak aplikasi dengan beragam jenis kegunaan dan manfaat. Mulai dari permainan, aplikasi edit foto, dan lain-lain.

Banyaknya aplikasi ini menjadi salah satu daya tarik utama masyarakat untuk lebih memilih ponsel Android dibandingkan ponsel iOS keluaran Apple.

Tidak jarang kita merasa sangat tertarik dengan aplikasi tertentu yang terpasang pada ponsel teman atau saudara, dimana kita tidak pernah menemukan aplikasi yang serupa. Saat ingin install, ternyata WiFi mati dan tidak ada kuota, tentu membuat kesal.

Tapi jangan khawatir! Jika kemarin kita membahas cara download file APK melalui laptop. Pada kesempata ini yang akan kita bahas adalah bagaimana mengirim APK atau aplikasi untuk Android ke sesama ponsel Android dengan bantuan Bluetooth.

Eits! Bukan berarti kita kembali ke zaman dahulu yang serba ribet, Bluetooth saat ini juga sangat menunjang kegiatan sehari-hari dengan layanan mengirim dan menerima file tertentu, seperti aplikasi.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Mau tahu caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Menggunakan Bantuan App Backup & Restore

Cara pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi App Backup & Restore. Aplikasi ini dapat Anda temukan dengan mudah di Play Store.

Cara Kirim File APK menggunakan App Backup & Restore
Cara Kirim File APK menggunakan App Backup & Restore

Fungsi dari Backup & Restore sendiri adalah sebagai back up aplikasi yang ada pada ponsel pintar Anda.

Aplikasi yang tersimpan pada memori ponsel juga dapat dikirim menggunakan bantuan Bluetooth, loh! Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Backup & Restore pada ponsel Anda. Pastikan aplikasi telah terpasang sempurna sebelum digunakan, ya!
  2. Buka aplikasi yang telah terpasang, maka akan langsung ditampilkan daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel pintar Anda.
  3. Kemudian, pilih atau tandai aplikasi mana yang akan Anda kirim, lalu pilih opsi Send yang terletak pada pojok kanan atas layar.
  4. Selanjutnya, akan ada pop up pilihan pengiriman aplikasi. Anda dapat langsung memilih opsi Send by other apps, kemudian pilih Bluetooth sebagai media pengiriman aplikasi.
  5. Langkah selanjutnya sama seperti saat Anda mengirim file menggunakan bantuan Bluetooth pada umumnya. Sangat praktis, bukan?

2. Menggunakan Bantuan ES File Explorer

Selain menggunakan cara di atas, ada cara lain untuk mengirim aplikasi menggunakan Bluetooth disertai bantuan aplikasi lain sebagai medium nya. Yakni, dengan ES File Explorer File Manager.

Kirim File APK dengan ES File Explorer
Kirim File APK dengan ES File Explorer

ES File Explorer File Manager adalah aplikasi basis Android yang memiliki fungsi untuk mengelola penggunaan memori internal ponsel pintar Anda.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Unduh dan pasang aplikasi ES File Explorer File Manager pada ponsel Anda. Aplikasi ini dapat dengan mudah ditemukan pada Play Store.
  2. Setelah terpasang sempurna, buka aplikasi. Anda akan langsung dibawa pada tampilan utama ES File Explorer. Klik opsi App untuk menuju halaman berisi daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel pintar Anda.
  3. Di bagian App, para pembaca dapat memilih aplikasi yang hendak dikirim dengan tap dan tahan ikon aplikasi hingga muncul tanda centang hijau dan pilihan yang akan muncul pada bagian bawah layar.
  4. Selanjutnya, klik ikon tiga titik vertikal pada kanan bawah, lalu klik opsi Bagikan dengan ikon share pada umumnya. Kemudian, lanjutkan proses pengiriman aplikasi sama seperti saat Anda mengirim file menggunakan Bluetooth. Sangat mudah, bukan?

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu semakin mudah dan praktis dalam sekali sentuh. Apapun dapat kita lakukan dengan menggunakan gawai pintar, seperti laptop, ponsel pintar atau smartphone, PC ataupun dengan gawai pintar lainnya.

Selama gawai tersebut tersambung pada koneksi internet yang mumpuni kecepatannya, maka kita memiliki akses tak terbatas untuk melakukan apa saja, di mana saja.

Namun, perlu diingat bahwa kemajuan teknologi juga harus selaras dengan kemajuan pola pikir dan perilaku kita sebagai manusia.

Gunakan kemajuan teknologi yang ada, kemudahan dan akses tak terbatas ini dengan menyebarkan hal-hal baik dan berguna bagi sesama.

Sekian penjelasan kami tentang mengirim aplikasi menggunakan Bluetoooth. Semoga artikel kali ini dapat membantu para pembaca sekalian, ya!

Puspita Diadema

Saya lulusan Universitas Airlangga Surabaya, menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tertarik dengan bidang penulisan, teknologi, kuliner dan musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.