web site hit counter
Tips & Trik

Cara Mengisi PDF Secara Online Tanpa Install Aplikasi

Ingin mengedit dokumen PDF ? Beginilah cara mengisi PDF secara online tanpa ribet harus menginstall aplikasi tambahan.

Kini PDF menjadi format dokumen yang sangat populer digunakan, terutama dalam urusan transfer maupun kirim data.

Tugas utama dari format ini adalah untuk membuat atau menyimpan dokumen yang tersusun atas teks, huruf, gambar, link tautan, gambar, dan masih banyak lainnya.

Kemudian PDF dikenal memiliki tingkat fleksibel yang sangat baik. Ketika proses pertukaran dokumen dilakukan, sangat memungkinkan dokumen DPF tersebut bisa dilihat maupun dicetak dalam berbagai jenis sistem operasi komputer.

Tetapi sayangnya, jika kita menginginkan untuk edit bagian konten dokumen dalam PDF, pengguna harus memiliki software Adobe agar bisa kita atur sesuai format revisi yang diminta.

Apabila tidak, komputer hanya bisa bertindak sebagai aplikasi reader saja, dan tidak memungkinkan lagi untuk diedit. Untuk mengatasi itu, kami akan memberikan satu tips mudah cara mengisi PDF secara online, tanpa perlu repot memasang aplikasi Adobe di komputer masing-masing.

Tinggal kamu unggah saja file tersebut, kemudian jendela situs akan menampilkan tampilan editing lengkap beserta menu-menu pendukung dalam urusan format dokumen.

Cara Mengisi PDF Secara Online Tanpa Ribet Harus Install Aplikasi

Kita akui bahwa file dengan format PDF cukup sering bersinggungan di dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam segi pemberkasan dokumen komputer.

Tetapi mengapa PDF cenderung lebih populer dan banyak orang mengandalkan format ini di segala kebutuhan penyimpanan dokumen?

Satu yang paling utama dari keunggulan PDF ialah, tipe format file satu ini dinilai sangat aman. Itu termasuk bagian dari fasilitas utamanya, yaitu tampilan read-only, sehingga pengguna yang memiliki data dokumen tersebut, hanya cukup melihat tanpa bisa mengedit, kecuali dengan aplikasi khusus.

Selanjutnya tampilan di setiap versi sistem operasi sangat konsisten. Maupun kamu buka di Windows, Macintosh, atau yang lainnya, tampilannya akan tetap sama.

Lalu kelebihan berikutnya adalah PDF ini sangat memungkinakan para pengguna melakukan kompresi berkas dokumen yang berukuran besar, menjadi lebih minimalis. Walaupun terkadang tidak begitu signifikan, tetapi efektif untuk menyisihkan sebagian partisi.

Dibalik keunggulannya tersebut, satu yang masih kurang optimal dari PDF adalah sistem editing. Kalau bukan lewat aplikasi Adobe, PDF tidak bisa kita custom dan tetap ada di mode read only.

Semoga artikel cara mengisi PDF secara online dibawah ini, dapat membantumu untuk urusan editing PDF, lewat metode praktis dan efisien. Selengkapnya cek penjelasan disini.

Cara 1 : PDFEscape

Ketika kamu menerima sebuah laporan dokumen berbentuk PDF, kemudian ditugaskan untuk mengisi sebagian keterangan didalamnya, coba gunakan PDF Escape satu ini.

Tanpa perlu install aplikasi Adobe, kita cukup mempersiapkan berkas PDF tersebut, dan koneksi internet. Lalu jendela browser akan membantu dalam proses editing dokumen mudah serta cepat.

  1. Siapkan file PDF.
  2. Kemudian buka browser di perangkat masing-masing.
  3. Setelah itu masuk ke laman : www.pdfescape.com
  4. Setelah ada di dalam tampilan situs, kamu bisa pilih pada tombol Free Online, pada sesi kiri PDFescape Online PDF Editor.1 Pencet Free Online - Cara Mengisi PDF Secara Online
  5. Lalu ketuk pada bagian Upload PDF to PDFescape, karena disini kita ingin menambahkan konten di dokumen tersebut.2 Upload PDF to Online - Cara Mengisi PDF Secara Online
  6. Drop file PDF-mu, atau klik tombol Choose File untuk menampilkan jendela File Explorer.
  7. Terakhir kalau file sudah ready, ketuk tombol Upload.
  8. Pencet tombol Text di sisi kiri atas.3 Klik Teks - Cara Mengisi PDF Secara Online
  9. Kemudian tinggal letakkan kursor di bagian dokumen yang ingin ditambahkan.
  10. Apabila pengisian sudah selesai, terakhir tinggal simpan dengan menekan tombol Save & Download PDF.
  11. Selesai.

Cara 2 : iLovePDF

Kalau metode cara mengisi PDF secara online pertama menurutmu kurang memuaskan, masih ada platform tools lain bernama iLovePDF yang termasuk browser editor PDF online.

  1. Silahkan kamu kunjungi laman : www.ilovepdf.com/edit-pdf
  2. Kalau sudah klik Select PDF File dan temukan filenya dalam folder. Atau bisa langsung drag and drop file tersebut di atas situs.4 Select PDF File - Cara Mengisi PDF Secara Online
  3. Tunggu beberapa saat sampai terupload.
  4. Nantinya akan tampil jendela editor, untuk menambahkan teks, pencet icon A.5 Klik Icon Teks - Cara Mengisi PDF Secara Online6 Ketikkan Teks - Cara Mengisi PDF Secara Online
  5. Lalu gunakan tools Pan yang berbentuk seperti tangan, untuk menggeser tulisan di posisi yang sesuai.7 Gunakan Fitur Pan - Cara Mengisi PDF Secara Online
  6. Rapikan dokumen dengan alat-alat tersedia.
  7. Kalau sudah klik tombol Edit PDF.8 Edit PDF - Cara Mengisi PDF Secara Online
  8. Tunggu dan pencet Download PDF.9 Download PDF - Cara Mengisi PDF Secara Online
  9. Selesai.

Akhir Kata

Mengisi PDF secara online sering digunakan banyak orang, karena cara ini dinilai lebih praktis dan mudah digunakan dibanding install aplikasi Adobe di komputer masing-masing. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo

Seseorang anak muda lulusan dari Ilmu Komunikasi yang menyukai seputar IT dan dunia otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.