Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Mengkompres File PDF

Kemajuan teknologi jaman sekarang makin berdampak positif bagi kehidupan manusia, termasuk dalam segi pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Dalam keseharian kita tentu sulit lepas dengan yang namanya gadget, entah itu smartphone ataupun laptop. Karena hampir segala sektor sudah bisa kita akses menggunakan gadget pintar, seperti urusan pekerjaan, pendidikan, informasi dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang sering menyelesaikan tugas atau pekerjaan via laptop, tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan seperti simpan-menyimpan dan transfer file dalam bentuk dokumen ataupun sejenisnya. Namun, kendala yang sering dikeluhkan oleh banyak pengguna adalah, tidak semua device memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, jika hal diatas dilakukan secara berulang, tentu akan membuat penyimpanan menjadi penuh.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengubah ukuran file menjadi lebih compact, alias mengkompres file jadi lebih kecil. Kegiatan ini tentu bisa kamu lakukan sendiri di device kamu. Sesuai dengan pembahasan kita kali ini, dibawah akan kami sediakan tutorial untuk mengkompres file PDF menggunakan beberapa metode.

Sedikit memberikan informasi, PDF merupakan kepanjangan dari Portable Document Format. Menurut sejarahnya, format ini pertama kali dibuat oleh pihak developer, Adobe pada tahun 1993. Tujuan awal dibuat format PDF ini adalah untuk memenuhi kepentingan pertukaran digital.

Dulu PDF masih dalam bentuk yang sederhana seperti format text, grafik dan citra, namun sekarang seiring penggunaan dan berkembanganya jaman, sistem kemudian melakukan update berupa 3D untuk membaca project visualisasi 3D.

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.

Cara Mengkompres File PDF (PC/Laptop, Situs Online, dan Android)

Sekarang sudah banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengkompres file PDF, dari mulai menggunakan aplikasi laptop, aplikasi yang ada di smartphone, dan metode kompres file juga sudah bisa dilakukan secara online.

Menggunakan PC dan Laptop

1. Nitro PDF

Nitro merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mengedit, membuat, dan mengkompres file PDF. Sebenarnya masih banyak fungsi lainnya yang didapat dari aplikasi Nitro ini, tetapi fokus pembahasan kita adalah cara mengkompres ukuran file PDF saja.

  1. Bagi yang belum menginstall Nitro, silahkan download aplikasi Nitro PDF terlebih dahulu.
  2. Jika sudah diinstall, silahkan buka aplikasinya.
  3. Pada halaman pertama silahkan masuk ke menu File.Klik File
  4. Selanjutnya tekan tombol Open, kemudian cari file yang ingin kamu kompres.Klik Open
  5. Setelah file terbuka, silahkan ketuk menu File.Setelah File PDF Terbuka, Klik File Lagi
  6. Berikutnya pilih Optimize PDF untuk memulai mengkompres.Klik Optimize PDF
  7. Nanti akan muncul jendela pilihan, jika kamu ingin langsung mengkompres secara otomatis, bisa centang Reduce Size.Pilih Reduced size dan Klik Optimize
  8. Jika ingin melakukan custom size, bisa centang menu Custom, nanti akan dibawa masuk ke opsi lebih advance untuk mengatur ukuran barunya, biasanya pengguna cukup mengganti ukuran di menu Settings yang kita tandai di bawah ini, ubah angka jadi lebih kecil.Jika Ingin Mengkustom Pengaturan Optimasi PDF, Pilih Custom
    Klik Settings
  9. Terakhir tekan tombol Optimize.
  10. Tunggu sampai selesai, dan tekan tombol Accept.
  11. Nanti file kompres akan muncul di tab baru, untuk menyimpannya bisa tekan tombol Save dan pilih folder yang akan disimpan.Proses Kompres Ukuran PDF dengan Nitro PDF Dimulai
  12. Selesai.

2. PDF Compressor Pro

Jika cara diatas terbilang rumit dan terlalu banyak step-stepnya, untuk metode berikutnya kamu bisa gunakan aplikasi lain yang jauh lebih simpel dan ringan. Software ini bisa didapatkan secara gratis di situs resminya.

  1. Jika sudah di download, silahkan buka aplikasinya.Buka Aplikasi PDF Compressor Pro
  2. Siapkan file yang ingin kamu kompres.
  3. Drag file tersebut ke dalam aplikasinya.Drag File PDF ke PDF Compressor Pro
  4. Kamu bisa mengubah ukuran DPI menjadi lebih kecil dan menggeser Compress Quality ke arah kiri.Atur Compress Quality
  5. Terakhir tekan Start.Klik Start untuk Mulai Proses Kompres File PDF
  6. Bila proses sudah selesai, file hasil kompres akan muncul di dalam folder yang sama dengan file aslinya.
  7. Selesai.

2. Menggunakan Situs Online

Sekarang jaman sudah makin canggih, jika kamu gak ingin repot-repot install atau unduh aplikasi seperti diatas dan ingin pakai cara yang lebih praktis, masih ada satu metode lagi untuk mengkompres file PDF. Caranya yaitu menggunakan website online khusus.

  1. Silahkan buka website Duplichecker.com
  2. Pada laman pembuka, silahkan kamu klik kotak Unggah.Klik Unggah
  3. Silahkan cari file yang ingin kamu kompres.
  4. Tunggu proses unggah sampai selesai.
  5. Selanjutnya tekan tombol Kompres PDF.Klik Tombol Compress PDF
  6. Selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Android

Kebiasaan orang memang berbeda-beda, ada yang lebih sering menggunakan laptop ada juga yang suka melakukan kegiatan apapun menggunakan HP atau android. Termasuk dalam mengkompres file PDF ternyata juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi android, silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk mencobanya.

1. Kompres File PDF

Ada beberapa software android yang bisa digunakan untuk mengkompres suatu file PDF. Salah satu aplikasi tersebut bernama Kompres File PDF, kamu bisa mendapatkan atau menginstall aplikasi ini lewat Playstore.

  1. Buka aplikasinya.
  2. Ketuk kotak Open PDF berwarna orange.Klik Open PDF
  3. Pilih file yang ingin kamu kompres, dan tekan Select.
  4. Kamu bisa ubah level kompres dengan menekan icon anak panah dibawah ini :Atur Level Kompres dan Tap Compress
  5. Selanjutnya tekan Compress.
  6. Tunggu dan simpan filenya.
  7. Selesai.

2. iLovePDF

Selanjutnya aplikasi yang bisa kamu gunakan bernama iLovePDF. Disini pilihan menunya jauh lebih banyak, bahkan kamu bisa melakukan kegiatan selain mengkompres file, seperti menggabungkan file pdf, memisahkan file, memasukan foto, merotasi file pdf dan masih banyak lainnya.

  1. Buka aplikasinya.
  2. Ketuk bagian Kompres PDF.Pilih Kompres PDF
  3. Pilih media pembuka file.Pilih Media yang Digunakan untuk Menyimpan PDF
  4. Pencet Icon + untuk menambahkan file PDF.Cari File PDF di Smartphone
  5. Centang file yang ingin dikompres, lalu pencet tombol berikutnya.Centang File dan Tap Berikutnya
  6. Silahkan pilih salah satu jenis kompres dan tap tombol Kompres.Atur Level Kompres dan Tap Kompres
  7. Tunggu beberapa saat sampai selesai.

Akhir Kata

Jadi bagaimana, setelah membaca pembahasan kita di atas, sekarang kamu sudah bisa melakukan pengkompresan file PDF melalui beberapa pilihan metode.

Yang pertama kita sudah sediakan metode aplikasi laptop, lalu metode yang lebih simpel bisa melalui via website online, dan yang terakhir menggunakan metode aplikasi di android.

Semua tergantung kamu ingin pilih yang mana, kalau menurut admin, jauh lebih singkat dan simpel kalau pakai metode kompres via website online. Semoga bermanfaat.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.