Mau dapat tambahan uang dari nonton video? Segera instal Snack Video melalui link ini.
Tips & Trik

Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

Diskon Shopee

Supaya data di laptop atau komputer kamu aman, kamu bisa melakukan Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang yang akan dibahas kali ini.

Di zaman modern seperti saat ini, Memiliki PC adalah salah satu keharusan. Dengan memiliki PC kita bisa mengerjakan tugas baik itu kantoran atau sekolah dengan mudahnya.

Saat mengerjakan tugas tidak jangan lupa untuk rehat sejenak. Hal ini dilakukan supaya kita bisa merasa lebih segar dan kembali siap untuk menggeber diri guna menyelesaikan tugas.

Ketika beristirahat, kamu bisa meninggalkan Laptop atau komputer lalu mencari udara segar sejenak. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengunci keyboard dan mouse.

Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal yang tidak-tidak yang bisa membuat tugas kamu jadi hancur berantakan.

Coba bayangkan jika ada anak kecil yang memainkan PC kamu saat kamu beristirahat, tugas bisa hancur berantakan jika keyboardnya dipencet secara sembarangan.

Bahkan, Kondisi bisa lebih parah lagi jika sampai ada hewan peliharaan seperti kucing yang menginjak-injak keyboard seperti yang saya alami beberapa waktu lalu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya keyboard dan mouse di Laptop dan komputer bisa terkunci dan tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

Selain bisa dilakukan dengan fitur bawaan Windows, ada juga aplikasi buatan pihak ketiga yang bisa diandalkan. Silahkan simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

1. Dengan Windows Lock

Ada banyak sekali fitur yang tersedia dalam Windows OS. Hampir semua fitur di OS buatan Microsoft ini sangatlah bermanfaat, salah satunya seperti fitur Windows Lock.

Windows Lock adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunci layar laptop. Jika fitur ini diaktifkan, hanyalah mereka yang mengetahui password saja yang bisa mengakses PC kamu.

Saat layar terkunci, keyboard dan mouse tidak bisa digunakan secara sembarangan. Dengan demikian, data yang kamu sudah diketik akan terjaga keamanannya.

Fitur yang berkaitan dengan keamanan ini adalah fitur bawaan Windows. Jadi kamu nggak perlu lagi meng-install aplikasi supaya bisa menikmati fitur ini.

Untuk mengaktifkan Windows Lock, kamu bisa menirukan beberapa langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini:

  1. Bukalah menu “Settings” di laptop atau komputer kamu.
  2. Setelah itu, pilihlah menu “Accounts” seperti yang saya tandai.
  3. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  4. Lalu klik pada menu “Sign-in Options” yang berada di sebelah kiri.
  5. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  6. Kamu bisa memilih tipe pengaman sesuai keinginan, kali ini saya akan menggunakan “Password”.
  7. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  8. Lanjutkan dengan mengklik “Add”.
  9. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  10. Silahkan atur password sesuai dengan keinginan, disarankan untuk menggunakan huruf dan angka supaya password yang dibuat kuat.
  11. Setelah berhasil memasukkan password dengan benar, lanjutkan dengan mengklik “Next”.
  12. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  13. Selesai.

Setelah fitur Windows Lock diaktifkan, kamu akan diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan PC.

Disarankan untuk membuat password yang kuat dan mudah diingat. Karena bakal merepotkan sekali jika kamu sampai lupa password.


2. Dengan KeyFreeze

Jika ingin lebih mudah dan ringkas, kamu bisa menggunakan aplikasi KeyFreeze. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Freeze adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci keyboard dan mouse atau touchpad.

Berbeda dengan Windows Lock yang mengharuskan kamu untuk membuat password. KeyFreeze tidak memerlukan password, kamu hanya perlu menjalankan aplikasinya saja untuk melakukan penguncian.

Berikut ini saya akan menjelaskan seperti apa cara menggunakan KeyFreeze, silahkan disimak dengan baik-baik:

  1. Download dahulu aplikasi KeyFreeze melalui tautan dibawah ini:
  2. Download KeyFreeze

  3. Setelah didownload, silahkan langsung install jalankan aplikasinya.
  4. Setelah aplikasi KeyFreeze dijalankan, Kamu akan diminta untuk menunggu selama 5 detik, lalu keyboard dan mouse akan terkunci secara otomatis.
  5. Cara Mengunci Keyboard dan Mouse Agar Tidak Digunakan Sembarang Orang

  6. Lebih mudah dan ringkas Dibandingkan cara yang pertama kan?
  7. Selesai.

Untuk mengaktifkan atau membuka kunci keyboard, kamu hanya perlu menekan tombol “Ctrl + Alt + Delete + Esc” secara bersamaan.


Akhir Kata

Demikianlah dua cara jitu yang bisa dilakukan untuk Mengunci Keyboard dan Mouse di laptop dan juga komputer. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu.

Dimas

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.