Patuhi protokol kesehatan ketika kita keluar rumah. Bersama Indonesia Bebas Covid-19.😊😊😊
Tips & Trik

Cara Menulis Aksara Bali di Komputer

Sudah hafal aksara Bali? Aksara Bali atau ada yang mengatakan aksara Jawa memiliki bunyi Hancaraka. Aksara Bali sudah diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah. Biasanya mata pelajaran ini masuk ke mulok atau muatan lokal. Selain mengucapkan, kita juga diajari bagaimana cara menulisnya.

Sekarang bukan hanya menulis maupun mengucapkannya saja, Anda juga bisa mengetik aksara Bali di komputer. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

Bagaimana cara menulis aksara Bali di komputer?

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda ikuti agar komputer Anda bisa digunakan untuk menulis aksara Bali. Ada 2 cara yang dapat Anda gunakan, dimana cara yang pertama adalah dengan menambahkan jenis font b_simbar.ttf. Dan untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan situs online menulis aksara bali.

1. Dengan Menambahkan Font Bali Sumbar

Disini kami sudah menyediakan file ttf dari b_simbar untuk menulis aksara Bali di Microsoft Word atau aplikasi lainnya. Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Cara menulis aksara Bali di komputer bisa dimulai dengan mengunduh font Bali. Anda bisa berkunjung ke situs download font atau jika sedang malas mencari ttfnya, kami sudah menyediakannya. Dan Anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:
    ⬇️ Link Download Font Aksara Bali
  2. Font yang Anda unduh tersebut berbentuk Zip. Untuk membukanya, silakan Anda ekstrak file terlebih dahulu. Jiak sudah Anda eksrak, maka akan terdapat folder yang di dalamnya terdapat file bertuliskan b_simbar.ttf. File inilah yang nanti akan diinstall di komputer.Ekstrak File Font Bali
  3. Untuk memasang atau menginstall file tersebut, Anda klik kanan pada b_simbar.ttf, lalu pilih Install. Tunggu proses instalasi selesai.Klik Kanan dan Pilih Install
  4. Untuk memastikan apakah font tersebut berhasil dipasang di komputer Anda atau belum, Anda bisa mengeceknya. Caranya dengan masuk ke menu StartControl PanelFont. Jika berhasil, maka Anda bisa melihat font yang sudah terpasang tersebut dengan nama Bali Sumbar-B.
  5. Langkah selanjutnya, silakan Anda buka Microsoft Word.
  6. Jika sudah berada di tampilan Microsoft Word, sekarang Anda pilih tab Home. Kemudian Anda cari font Bali Sumbar. Jika sudah, tinggal Anda klik font tersebut dan sekarang Anda sudah bisa mengetik di Microsoft  Word menggunakan aksara Bali.Cari Font Bali Sumbar
  7. Selamat mencoba.

Lalu bagaimana dengan gantung-gantungan? Untuk membuka gantungan, langkah-langkahnya adalah seperti di bawah ini:

Hosting Unlimited Indonesia
Mau diskon tambahan 5% ? Klik disini.
  1. Pertama klik tombol Start.
  2. Kemudian ketikkan “Character Map” ➤ kemudian jalankan.Cari Character Map
  3. Lalu pada bagian Font ➤ cari dengan nama font “Bali Sumbar“.Cari Nama Font Bali Sumbar
  4. Tinggal Anda pilih mana karakter yang akan Anda masukkan ke dalam Word.
  5. Selamat mencoba.
Mau ubah format Word ke PDF ? Ikuti cara mudah untuk convert Word ke PDF.

2. Dengan Situs Online

Pada cara yang kedua ini, kita akan memanfaatkan situs online untuk menulis aksara Bali. Anda tidak perlu download font ataupun aplikasi. Anda cukup mengakses situs ini dan sudah bisa langsung menulis aksara Bali sesuai kebutuhan.

  1. Pertama silahkan akses situs menulis aksara Bali disini.
  2. Kemudian tuliskan teks di kolom yang sudah disediakan.Ketikkan Teks yang Mau Dibuat dalam Bentuk Aksara Bali
  3. Selanjutnya tinggal Anda klik “Simpan“.Klik Simpan
  4. Secara otomatis teks akan berubah menjadi aksara Bali dalam bentuk gambar.Secara Otomatis Teks Menjadi Aksara Bali dalam Bentuk Gambar
  5. Selesai.
Mau bikin QR Code di Word ? Tutorial cara membuat QR Code di Microsoft Word.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan mengenai bagaimana cara menulis aksara Bali di komputer. Namun perlu diingat bahwa font tersebut masih belum bisa digunakan untuk menjermahkan apa yang Anda ketik secara otomatis. Perlu adanya penyusian sampai Anda font tersebut bisa menerjemahkan secara otomatis.

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.