Butuh lampu pintar yang bisa dimatikan melalui smartphone ? Mungkin produk lampu pintar Bardi ini dapat menjadi pilihanmu.
Tips & Trik

Cara Mudah Untuk Translate Aksara Jawa Tanpa Aplikasi

Indonesia dikenal sebagai negara yang punya 1000 bahasa. Hampir semua suku di Indonesia, punya bahasanya masing-masing, termasuk suku Jawa.

Suku Jawa yang tinggal di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jogjakarta menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Untuk memperkenalkan bahasa Jawa kepada generasi penerus. Di Indonesia ada mata pelajaran bahasa daerah, bahasa daerah yang dipelajari disesuaikan dengan dimana sekolah tersebut berada.

Mempelajari bahasa Jawa tidak tidak hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Kalian yang ingin belajar bahasa Jawa bisa memanfaatkan situs translate Aksara Jawa.

Aksara Jawa juga dikenal dengan sebutan hanacaraka dan carakan. Aksara Jawa ini dibuat untuk menulis tulisan dalam bahasa Jawa.

Berhubung saat ini kebanyakan orang yang menulis bahasa Jawa dalam tulisan latin. Sekarang jarang sekali orang yang tau bagaimana cara menulis Aksara Jawa, jika kalian ingin mempelajari nya kalian tengah berada di artikel yang tepat.

Cara Translate Aksara Jawa

Dalam artikel ini, saya akan membahas cara translate Aksara Jawa. Kalian yang ingin belajar Aksara Jawa, bisa mengikuti tutorial yang akan dijelaskan dengan lengkap dibawah ini.

  1. Pertama-tama, teman-teman harus membuka browser yang biasa kalian gunakan untuk browsing, bisa di smartphone atapun di PC.
  2. Setelah itu, kalian harus mengunjungi situs Translator Aksara Jawa.
  3. Nantinya, kalian akan melihat tampilan dari halaman translate Aksara Jawa ini, scroll ketengah.
  4. Selanjutnya, kalian harus mengatur mode penulisan Aksara Jawa nya, jika tidak tau silahkan skip saja.
  5. Kemudian kalian harus memilih bahasa latin atau Aksara Jawa. Silahkan pilih latin jika ingin menerjemahkan bahasa latin ke Jawa, begitu juga sebaliknya.
  6. Tuliskan kata yang ingin kalian terjemahkan ke Aksara Jawa, jika sudah langsung saja klik “Translate Sekarang”.
  7. Scroll kebawah, nantinya kalian akan melihat hasil translate Aksara Jawa nya.
  8. Selesai.

Refrensi : https://www.kompiwin.com/cara-translate-aksara-jawa/


Akhir Kata

Menerjemahkan Aksara Jawa memang sangat mudah sekali. Hanya dengan bermodalkan smartphone atau laptop dengan jaringan internet, kalian pasti bisa melakukannya.

Cukup sekian artikel kali ini, jika ada yang kurang jelas, kalian bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Sekian dulu, terimakasih sudah membaca.

Adya Razan

Seorang blogger yang hobi menulis artikel seputar teknologi, games, dan otomotif

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.