Segenap Tim SurgaTekno mengucapkan 🎄 Selamat Natal dan 🥳 Tahun Baru 2021. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.
Tips & Trik

Cara Render After Effects (Pemula Wajib Tahu)

Apakah Anda sudah suka mengedit video? Salah satu aplikasi yang sangat populer untuk melakukan editing video adalah Adobe After Effects.

Aplikasi ini sudah banyak dikenal orang secara luas dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. After Effects biasanya digunakan untuk menambahkan beberapa efek khusus seperti efek hujan, petir, ledakan, salju, dan berbagai efek khusus lainnya.

Aplikasi ini sudah banyak membantu para praktisi perfilman di dalam menghasilkan sebuah film yang sangat menarik yang menghadirkan berbagai efek khusus yang sangat bagus.

Beberapa film seperti Titanic, Spawn, Deep Rising, merupakan film-film yang sudah memanfaatkan aplikasi After Effects. Ditambah lagi dengan kesamaan tampilan antara After Effects dengan beberapa aplikasi Adobe lainnya memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakannya.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Adobe Photoshop, Premiere, dan juga Illustrator yang pastinya akan menghasilkan sebuah karya yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Ditambah lagi dengan versi terbaru dari After Effects yang memberikan lebih banyak fitur menarik untuk membuat video Anda semakin mengagumkan.

Kenapa Harus Menggunakan After Effects?

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa Anda harus menggunakan After Effects. Padahal seperti yang kita tahu bahwa ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi sama. Untuk menjawab hal tersebut, di bawah ini akan kami jelaskan kenapa Anda harus memilih After Effects dibandingkan aplikasi yang lainnya.

1. Menyediakan Dukungan Efek Melimpah

Alasan pertama mengapa Anda harus menggunakan After Effects adalah karena aplikasi ini menghadirkan dukungan efek yang melimpah. Anda bisa leluasa membuat motion grafik dan tinggal memilih efek mana yang akan Anda tambahkan. Efek-efek yang dihadirkan tersebut sudah siap dipakai.

Anda tinggal menerapkannya untuk membuat hasil motion grafik Anda lebih menarik. Efek-efek tersebut juga mudah digunakan meskipun Anda baru pertama mencoba After Effects.

2. Memperoleh Dukungan Scripting dan Keyframe

Apa itu keyframe? Keyframe merupakan kata kunci video dan animasi. Sementara itu, scripting merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk membuat pergerakan secara dinamis berdasarkan trigger dan event yang terdpat pada video atau animasi yang sedang dijalankan.

Dengan kata lain, ketika menggunakan After Effects maka Anda bukan hanya membuat video dengan menambahkan motion grafik.

Di sini Anda juga bisa memnbuat video secara dinamis karena sudah didukung oleh banyak scripting. Akan tetapi, sebelum menggunakannya maka pastikan Anda mempunyai pengetahuan seperti algoritma dan pemahaman dasar pemograman.

3. Bisa Konversi File dari vektor ke Shape

Alasan ketika kenapa kami merekomendasikan menggunakan After Effects dibandingkan aplikasi lain adalah aplikasi mampu digunakan untuk mengonversi file dari vektor ke shape.

Anda harus melakukan import file yang nanti akan dimasukkan ke dalam workshape. Sekadar informasi bahwa vektor merupakan grafik yang menggunakan titik kordinat sebagai satuan terkecil.

4. Aplikasi Editing Video untuk Profesional

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia editing video, pastinya aplikasi After Effects sudah tidak asing.

After Effects merupakan aplikasi yang digunakan oleh para kalangan profesional di dalam menghasilkan sebuah video dengan kualitas efek yang sangat bagus. Di sini Anda bisa menambahkan animasi, efek, dan lain sebagainya.

Kredibilitas yang dimiliki oleh aplikasi After Effects ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Meskipun After Effects memang cocok untuk profesional, bukan berarti pemula tidak bisa menggunakannya. Bahkan aplikasi ini juga direkomendasikan untuk pemula karena nanti mereka akan terbiasa menggunakan After Effects.

Bagaimana Cara Render After Effects ?

Sebenarnya, cara render After Effects merupakan cara yang mudah. Mungkin Anda bisa langsung melakukan render di aplikasi tersebut.

Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda menggunakan Adobe Media Encoder. Salah satu alasan mengapa Anda harus menggunkan Adobe Media Encoder karena berkaitan dengan efektivitas.

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama ketika melakukan render video. Selain itu, melalui Adobe Media Encoder maka Anda bisa lebih mudah ketika ingin berkolaborasi dengan orang lain dalam pembuatan proyek.

Sebelum kami mengajak Anda untuk membahas bagaimana cara render After Effects, Anda perlu tahu apa itu render.

Pengertian Render

Apa itu render? Render merupakan sebuah proses proses membangun kumpulan data desain yang dijadikan satu baik melalui komputer maupun perangkat yang lain.

Bagi seseorang yang selesai melakukan editing video baik melalui After Effects maupun aplikasi sejenis pasti akan melakukan renderring. Rendering merupakan tahap akhir ketika video sudah benar-benar selesai diedit. Setelah berhasil melakukan render, maka video tersebut baru bisa ditampilkan dan diputar di media player.

Pengertian Adobe Media Encoder

Apa itu Adobe Media Encoder? Adobe Media Encoder merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan rendering video yang dipadukan dengan After Effects di Creative Cloud.

Aplikasi digunakan untuk memungkinkan Anda menyerahkan proses rendering ke aplikasi yang lainnya. Dengan begitu, Anda masih tetap bisa menjalankan aplikasi After Effects sementara komposisinya ditampilkan di background.

Adobe Media Encoder atau AME digunakan untuk memperkecil ukuran file video maupun audio. Pada saat Anda melakukan render menggunakan Adobe Media Encoder di After Effects, maka Anda masih bisa mengerjakan proyek yang lainnya dibandingkan harus menunggu sampai proses rendering selesai dilakukan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir proses render tersebut akan membuat kinerja komputer maupun laptop Anda bermasalah.

Namun perlu diingat bahwa sebelum Anda menggunakan After Effects maupun menggunakan rendering dengan Adobe Media Encoder, pastikan bahwa perangkat Anda memiliki spesifikasi yang mempuni sehingga ketika menjalankan aplikasi ini tidak akan mengalami kendala.

Cara Render After Effects CC dengan Adobe Media Encoder

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan render After Effects CC dengan mudah.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik Composition – lalu pilih Add to Render Queue.
    Composition lalu pilih Add to Render Queue - Cara Render After Effect
    Composition lalu pilih Add to Render Queue
  2. Kemudian Anda klik Output Moduler. Kemudian Anda akan dibawa ke tampilan Output Module Settings.
    Output Module Settings - Cara Render After Effect
    Output Module Settings
  3. Di bagian inilah yang akan menentukan ukuran dari hasil output yang Anda buat. Sekedar informasi bahwa pada After Effects CC, format H.264 sudah dihilangkan. Maka dari itu, pada kolom Format, Anda klik Quick Time.
    Kolom Format pilih QuickTime - Cara Render After Effect
    Kolom Format pilih QuickTime
  4. Kemudian klik Format Options.
    Pilih Format Options - Cara Render After Effect
    Pilih Format Options
  5. Sekarang Anda berada di jendela Quick Time Option.
  6. Di bagian Video Codec, pilih 264 lalu klik OK.
    Bagian Video Codec pilih H.264 - Cara Render After Effect
    Bagian Video Codec pilih H.264
  7. Sekarang Anda bisa memilih file render Anda akan diletakkan di mana. Caranya pada bagian Output To, pilih lokasi yang Anda inginkan.
    Pada Output To pilih Lokasi - Cara Render After Effect
    Pada Output To pilih Lokasi
  8. Sekarang Anda buka aplikasi Adobe Media Encoder. Sekadar informasi bahwa ketika Anda menginstal After Effects CC, biasanya Anda juga akan menginstal Adobe Media Encoder. Bisa dikatakan bahwa aplikasi sepaket dengan After Effects CC.
  9. Setelah berada di tampilan Adobe Media Encoder, klik File lalu Add After Effects Composition.
    Pilih File lalu Add After Effects Composition - Cara Render After Effect
    Pilih File lalu Add After Effects Composition
  10. Sekarang Anda pilih file After Effects dan tunggu beberapa saat. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama. Jika berhasil, maka tampilannya seperti di bawah ini :
    Letakkan file Composition - Cara Render After Effect
    Letakkan file Composition
  11. Sekadar tambahan bahwa untuk Compositionnya, pastikan Anda memilih yang sama dengan komposisi akhir Anda. Jika sudah sama, maka klik OK.
  12. Setelah Anda selesai mengklik OK, sekarang perhatikan di bagian kanan layar komputer. Yang harus Anda lakukan yaitu memilih Broadcast – H.264. Anda akan diberikan banyak format yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  13. Setelah Anda selesai menentukan resolusinya, silakan klik Enter. Maka proses Render pun akan dimulai.
  14. Anda tinggal menunggu sampai proses render tersebut selesai.
    Proses render After Effect selesai - Cara Render After Effect
    Proses render After Effect selesai
  15. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Demikian adalah tutorial mengenai bagaimana cara render video di after effects. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk membagikan tutorial tersebut ke media sosial Anda. Sekian dan terima kasih…

Razqa Lathif

Founder dari SurgaTekno.com Menyukai dunia teknologi : coding dan fixing hardware dan software.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Alasan untuk Mematikan Adblock

Selamat datang di SurgaTekno - Informasi Terbaru Teknologi, Movie, Gadget dan Games. Untuk dapat mengakses konten kami, silahkan terlebih dahulu mematikan plugin Adblock. Karena di beberapa fitur tidak dapat digunakan ketika anda menggunakan Adblock.